27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Belajar Merintis Usaha Dari Drama Korea Itaewon Class

Belajar bisnis bisa dari mana saja, termasuk melalui serial drama Korea (drakor). Ya, salah satu drama korea berjudul Itaewon Class yang populer beberapa waktu lalu ternyata banyak memberikan inspirasi bisnis. 

Drakor ini sendiri menceritakan Park Sae-roy yang bangkit dari keterpurukannya setelah dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya meninggal dunia. Ia dikeluarkan dari sekolah bukan karena nakal, melainkan karena meninju tukang bully yang kebetulan anak pemilik perusahaan Jangga.Tukang bully itu pula yang menabrak ayahnya hingga meninggal. 

Singkat cerita, Park Sae-roy ingin membalas dendam masa mudanya namun dengan cara yang elegan. Ia membangun bisnis hingga mengalahkan Jangga. Nah, berikut beberapa pelajaran bisnis yang dapat dipetik dari sosok Park Sae-roy di Itaewon Class.. 

Punya Visi Yang Jauh Ke Depan

Park Sae-roy mendapatkan warisan yang cukup banyak setelah ayahnya meninggal dunia. Maklum, ayahnya adalah salah satu orang penting di perusahaan Jangga. 

Namun, Sae-roy tidak lantas menghambur-hamburkan uangnya begitu saja. Ia malah menggunakan uang itu untuk membeli saham perusahaan Jangga. 

Bertahun-tahun kemudian, kepemilikan saham Sae-roy di Jangga semakin banyak. Ini membawanya pada kesempatan untuk masuk dalam jajaran penting di perusahaan tersebut. 

Sae-roy juga punya visi yang jelas, yakni mendirikan perusahaan franchise warung makan yang bakal mengalahkan Jangga. Ini sudah Ia rencanakan bahkan pada saat masih dipenjara. 

Investasi Bisnis Terbesar Adalah Pengetahuan

Saat punya mimpi membangun franchise warung makan, Sae-roy sadar bahwa modal uang saja tidak cukup. Karena itu, ia menghabiskan waktunya untuk belajar dari buku-buku seputar bisnis dan bekerja apa saja guna mendapatkan pengalaman. 

Jangan buru-buru mengambil kesempatan untuk berbisnis sebelum punya bekal pengetahuan yang cukup. Investasikan waktu sebaik mungkin untuk mempelajari bidang usaha yang akan digeluti, bagaimana manajemen bisnisnya dan lain-lain. 

Pengetahuan adalah modal terbesar dalam bisnis, dan Sae-roy mengupayakan itu selama bertahun-tahun. 

Agar Sukses, Rekrut Karyawan Terbaik 

Park Sae-roy memang hanyalah pebisnis pemula saat mendirikan warung makan pertamanya. Ia tidak lulus SMA dan belajar bisnis hanya dari buku, namun Sae-roy memiliki karyawan-karyawan terbaik. 

Yang perlu dilakukan adalah memimpin talenta terbaik yang dimilikinya untuk membangun kesuksesan. Dalam bisnis memang seperti itu, kita tak perlu menjadi ahli dalam bidang usaha yang digeluti. 

Cukup cari orang yang berkompeten dan ajak mereka berkolaborasi untuk mewujudkan visi perusahaan. Cara inilah yang diterapkan oleh Jack Ma saat ia memimpin perusahaan e-commerce terbesar di China, Alibaba. 

Gagal, Coba Lagi

Kegagalan bisa menghantui siapa saja, termasuk bagi pebisnis pemula seperti Sae-roy. Namun, kegagalan yang ia alami tidak membuat patah semangat. Justru dari kegagalan itulah Sae-roy mengambil pelajaran. 

Kegagalan membawa Sae-roy pada pengalaman bisnis yang tidak didapatkannya dari buku. Karena itu, benar kata pepatah, “pengalaman adalah guru terbaik”. 

Jadi Karyawan Dulu Terus Membangun Bisnis, Kenapa Tidak?

Menjadi karyawan adalah salah satu kesempatan emas untuk belajar bisnis secara langsung. Tidak sekadar mengerjakan apa yang diminta, namun memahami seluk beluk bisnis dan bagaimana perusahaan menghasilkan keuntungan. 

Inilah yang dilakukan salah seorang tokoh dalam Itaewon Class bernama Oh Soo-ah. Setelah lulus kuliah, Soo-ah menjadi karyawan di perusahaan Jangga. 

Ia meniti karirnya dari bawah hingga masuk dalam jajaran penting di Jangga. Setelah punya momen yang tepat, Soo-ah keluar dari perusahaan dan membangun bisnisnya sendiri. 

Soo-ah jelas punya keuntungan yang tidak dimiliki oleh pebisnis pemula lain. Pertama, ia punya pengalaman dalam bidang usaha yang digeluti. Kedua, Soo-ah punya modal usaha yang ia kumpulkan selama menjadi karyawan. 

Pentingnya Ilmu Manajemen Dalam Bisnis

Membangun bisnis pada akhirnya adalah soal bagaimana seseorang mengelola sumber daya yang dimiliki. Park Sae-roy belajar itu seiring dengan semakin membesarnya bisnis franchise warung makannya. 

Ia belajar bagaimana mengelola keuangan, memimpin para karyawan dan menciptakan SOP perusahaan untuk bisnis franchise. Kemampuan manajerial diperlukan oleh pelaku usaha agar bisnisnya semakin berkembang. 

Itulah beberapa pelajaran bisnis  yang bisa kita petik dari serial drama Korea Itaewon Class. Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu mengupgrade manajemen usaha dengan berbagai cara, misalnya mengatur keuangan. 

Kamu bisa mulai menggunakan aplikasi seperti Accurate Online untuk membuat laporan keuangan bisnis yang sesuai standar akuntansi. Accurate Online yang dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari ini membantu kamu menciptakan sistem keuangan bisnis yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Webinar GRATIS untuk Pebisnis di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak!

ademuthia

Pentingkah Sertifikasi Halal untuk Bisnis Kuliner? (Part I)

ademuthia

Mengenal Apa Itu Ritel, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

admin

Leave a Comment