fbpx

Kamu Pengusaha Kecil Yang Butuh Modal ? Tenang Ada UMi !

Accurate Online – Buat kamu yang sedang merintis usaha kecil , seperti berdagang kuliner, buka toko kelontong dan atau jualan online yang membutuhkan modal tidak lebih dari 10 juta, nih kamu bisa manfaatin UMi (Kredit Usaha Ultra Mikro).

UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaan berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pada tahun 2018 yang lalu, telah terdapat 608 ribu pengusaha mikro di seluruh Indonesia yang mendapatkan pembiayaan UMi. Pembiayaan tersebut bersumber dari APBN dan diberikan kepada pelaku usaha kecil yang tidak memiliki akses kepada perbankan.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono mengungkapkan, alokasi anggaran dari APBN untuk program pembiayaan UMI terus meningkat setiap tahunnya.

Pada 2017 pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 triliun, kemudian pada 2018 naik menjadi Rp 2,5 triliun dan tahun 2019 kembali naik menjadi Rp 3 triliun.

Perbedaan UMi dan KUR

KRITERIA KUR UMi
Lembaga Penyalur Perbankan dan Lembaga Keuangan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)
Plafon sd. Rp25 juta (Mikro) Rp25juta s.d. Rp500 juta (ritel) Maksimal 10 juta
Penerima Usaha Mikro dan Kecil Pelaku Usaha Ultra mikro
Tenor Pinjaman Jangka Panjang (>1 tahun) Jangka pendek (<52 minggu)
Agunan Usaha Kecil diperlukan agunan sebagaimana ketentuan Perbankan Untuk pembiayaan kelompok tidak ada agunan
Pendampingan dan Pelatihan Tidak wajib Wajib
Konsep Dukungan pemerintah Subsidi bunga PIP memberikan pinjaman ke LKBB dengan bunga 2%-4%
Prosedur Pinjaman Mekanisme perbankan Mekanisme LKBB

 

Syarat Mendapatkan UMi

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP elektronik
  • Surat keterangan izin usaha atau sejenisnya
  • Sedang tidak memiliki utang kepada lembaga keuangan, koperasi, dan lainnya.

Setelah semua persyaratan terpenuhi dan proses verifikasi berlangsung lancar, LKBB akan membantu menyalurkan pinjaman modal tersebut. Saat ini Pemerintah sudah memaksimalkan transaksi cashless ketika menyalurkan pinjaman kepada pebisnis. Pemerintah sudah mulai bekerja sama dengan Gopay, T-Cash, T-Money, dan BukaLapak. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa pencairan dana tersebut bisa dilakukan dalam bentuk tunai.

 

Ada UMi dan Accurate Lite Yang Bantu Usaha Ultra Mikro

Kehadiran UMi yang sudah membantu 608 ribu pengusaha ultra mikro di tahun 2018 menjadi jawaban terhadap kebutuhan para pengusaha kecil yang saat mengajukan pinjaman tidak tercover oleh pinjaman seperti KUR yang mengharuskan peminjam memberikan anggunan terhadap lembaga peminjam modal.

Bukan hanya UMi yang hadir memfasilitas pengusaha mikro. Accurate Lite yang merupakan aplikasi pembukuan dalam bentuk apps mobile juga hadir untuk membantu para pengusaha mikro seperti anda.

Accurate Lite adalah aplikasi pembukuan yang merupakan produk sub brand dibawah brand besar Accurate yang merupakan perusahaan pembuat software akuntansi yang sudah dipercaya selama lebih dari 17tahun di Indonesia.

(Baca juga : Software akuntansi Accurate telah dipercaya 4x berturut-turut sebagai software yang paling banyak digunaan di Indonesia)

Anda bisa mengunduh Accurate Lite di Play Store dan menggunakannya secara gratis selama 30 hari. Aplikasi canggih tersebut juga terintegrasi langsung dengan tiga marketplace besar. Sehingga Anda dengan mudah me-rekap setiap transaksi jualan online anda.

Biar makin maknyus, yuk kita tonton videonya disini :

Dengan Accurate Lite, pembukuan  keuangan bisnis anda jadi semakin praktis dan transparan. Mengurus segala hal tentang keuangan bisnis pasti tak lagi menyulitkan Anda. Sehingga Anda bisa fokus dalam menjalankan bisnis.

Accurate bikin #BisnisJadiMudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *