27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Jangan Sering-Sering Memberikan Diskon, BAHAYA!

kerugian memberikan diskon – Untuk sebuah bisnis yang baru memasuki pasar, penggunaan strategi kupon atau diskon terbilang cukup umum dan efektif. Pemberian diskon dianggap mampu menarik perhatian dari calon pelanggan, namun hal ini hanya dapat berlangsung efektif sampai pada titik tertentu.

Namun, sebuah penjualan terencana memiliki kemampuan untuk memindahkan persediaan, menarik pelanggan baru, dan mencapai target penjualan, terutama selama musim penjualan yang lambat, seperti pada pandemi corona saat ini.

memberikan diskon adalah strategi yang paling masuk akal jika dilihat dari perspektif pemasaran dan penjualan, terutama saat Anda berada dalam penurunan omset. Anda akan menarik banyak pelanggan baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya.

Kerugian Melakukan Promo Diskon Secara-Terus-terusan

Namun apabila terlalu sering dilakukan maka konsumen akan senantiasa menunda pembelian suatu produk hingga saat produk tersebut dijual murah, saat adanya promo diskon. Selain itu ada beberapa kerugian lain yang akan menghampiri Anda jika diskon dilakukan secara terus-terusan, seperti:

Terjebak dengan Perang Harga

Penawaran diskon dapat mengakibatkan perang harga dengan pesaing Anda, dan perusahaan besar hampir selalu memenangkan perang ini karena mereka memiliki dukungan finansial yang cukup untuk bertahan dalam jangka waktu panjang. Apabila Anda adalah seorang pemain baru di bidang bisnis yang Anda geluti, tentunya hal ini adalah perkelahian yang tidak ingin Anda lakukan- kan?

Terlalu Berfokus Pada Harga

Dengan menawarkan diskon, fokus utama Anda adalah pada harga daripada produk atau layanan Anda. Jika satu-satunya keunggulan kompetitif yang Anda miliki adalah harga, bisnis Anda berada dalam masalah besar.

Baca Juga: Cara Menyesuaikan Harga Diskon Produk pada Accurate Online | Fitur Penyesuaian Harga

Pencocokan harga telah menjadi hal biasa, jadi Anda harus bergantung pada tingkat kualitas dan layanan untuk membuatnya berada dalam ekonomi konsumen-sentris saat ini.

Mengancam Keuntungan Bisnis Kita

Jika pesaing melakukan penyesuaian dengan harga diskon yang Anda tawarkan, maka Anda tidak hanya kehilangan keuntungan, namun konsumen juga akan tetap mengharapkan hasil layanan berkualitas tinggi dengan harga diskon secara terus menerus.

Baca Juga: Raih Keuntungan Lebih Besar dengan Mark Up Harga Penjualan

Ditambah lagi, jika pesaing Anda memang menawarkan harga yang lebih rendah, hal ini akan membuat keuntungan yang didapat berkurang secara permanen.

Banyak Konsumen Melakukan Pembelian Secara Grosir

Bagi perusahaan yang berfokus pada pemberian harga diskon kepada konsumen, maka risikonya adalah konsumen mungkin akan membeli sebanyak mungkin produk di saat harga diskon. Tentunya hal ini berdampak negatif terhadap keuntungan masa depan karena konsumen Anda tidak perlu membeli lagi begitu Anda menaikkan diskon, mereka sudah memiliki stok barang yang cukup.

 

Menerapkan diskon dalam usaha yang kita jalankan, tidak berarti memangkas setengah dari keuntungan kita, jika strategi diskon yang kita gunakan sudah direncanakan terlebih dulu. Jika Anda kesulitan menghitung dan mencatatkan diskonĀ  pada setiap proses penjualan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk efisiensi pembukuan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap seperti penyesuaian diskon yang akan memudahkan strategi pemasaran sekaligus pembukuan usaha. Anda bisa mencoba menggunkan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tombol berikut

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online 30 Hari GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

BI dan Pemerintah Bantu UKM dan UMKM Go Internasional dengan 4 Cara Berikut!

ademuthia

UMKM Harus Tau, 8 Tips Dasar Mengelola Keuangan UMKM

admin

Selamat Tahun Baru Imlek 2020!

ademuthia

Leave a Comment