25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Raih Keuntungan Lebih Besar dengan Mark Up Harga Penjualan

Berdasarkan hukum penawaran; semakin banyak permintaan maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.  Maka tak heran ada panyak pebisnis yang melakukan Mark Up harga penjualan produk bisnis mereka.

Apa itu Mark Up?

Di dunia usaha memang tak jarang yang mengenal dengan pengertian mark up. Baik dalam dunia usaha sebagai distributor, produsen, maupun seorang konsumen atau pemakai barang. Selain itu, masalah harga juga sangat akrab dikenal pada dunia usaha tersebut karena dianggap nilai tukar yang sepadan dengan produk.

Baca Juga: 2 Langkah Mudah Menentukan Harga Pokok Penjualan

Mark up mengacu pada perbedaan antara harga jual barang atau jasa dan biayanya. Ini dinyatakan sebagai persentase di atas biaya. Dengan kata lain, itu adalah harga tambahan di atas total biaya barang atau jasa yang memberi penjual keuntungan.

Rumus Persentasi Mark Up

Misalnya, jika sebuah produk berharga 10.000 dan harga jualnya 15.000 persentase markupnya adalah ( 15.000 – 10.000) / 10.000 = 0,50 x 100 = 50%.

Contoh

Rick adalah pemilik perusahaan yang pembuatan komputer kantor dan printer. Dia baru-baru ini menerima pesanan besar dari sebuah perusahaan untuk 30 komputer dan 5 printer. Selain itu, perusahaan tersebut menugaskan John untuk menginstal perangkat lunak ke setiap komputer.

Biaya per komputer adalah 5.000.000 dan biaya per printer adalah 1.000.000. Biaya instal perangkat lunak untuk dijalankan di semua komputer adalah 20.000.000. Jika John ingin mendapatkan keuntungan 20% untuk pesanan tersebut, berapa harga yang harus dia kenakan?

Langkah 1: Hitung total biaya pesanan (komputer + printer + instalasi perangkat lunak).  5.000.000 x 30 + 1.000.000 x 5 + 20.000.000 = 175.000.000 (biaya total).

Langkah 2: Tentukan harga jual dengan menggunakan persentase 20% yang diinginkan. 20% = (Harga Jual – $ 175.000.000) / 175.000.000 maka harga Jual harus: $ 210.000.000 (harga jual).

Oleh karena itu, agar Rick mencapai persentase markup yang diinginkan sebesar 20%, Rick harus menagih perusahaan sebesar 210.000.000.

Tips Sebelum Menerapkan Mark Up Dalam Sebuah Bisnis

Sebelum menentukan harga dalam setiap bisnis harus mempertimbangkan beberapa faktor. Karena banyak yang menganggap mark up sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah keuntungan. Ada beberapa tips untuk para pebisnis yang ingin melakukan MArk Up pada harga produk bisnis mereka.

Perhatikan Target Penjualan dan Target Pengembangan

Tips pertama adalah dengan memperhatikan target penjualan yang merupakan salah satu hal penting dan menjadi sebuah acuan. Karena dapat mengetahui berapa lama barang tersebut berada di toko. Selain itu, target pengembangan juga perlu diperhatikan agar bisnis yang dijalani bisa berjalan dengan baik dan mendapat keuntungan.

Perhatikan Biaya Operasional

Berbagai jenis peritel memang membutuhkan biaya-biaya operasional. Di mana biaya-biaya operasional dapat dilihat pada biaya transportasi, komunikasi, dan juga pengemasan. Hal tersebut memang perlu untuk dipertimbangkan sebelum menentukan harga sebuah barang. Sehingga nantinya tidak mengalami kerugian

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghitung biaya yang dikeluarkan dalam bisnis dan menentukan harga yang tepat untuk layanan atau produk, gunakanlah pembukuan yang benar supaya semua biaya dan pendapatan bisa Anda monitor dengan benar sesuai data sebenarnya.

Tidak bisa melakukan pembukuan atau awam dengan ilmu akuntansi? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terbaik dan harga yang terjangkau, bahkan untuk UMKM sekalipun.

*Psst Hanya 200 ribu setiap bulannya. Plus Anda bisa mendapatkan 30 Hari penggunaan Accurate Online GRATIS dengan melakukan registrasi melalui tombol di bawah.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online 30 Hari GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Stok Buah Kosong, Karena Virus Corona?

ademuthia

Pelajaran Bisnis Yang Bisa Diambil Dari Sosok Jack Ma

admin

UMKM Wajib Tahu! Ini Cara Dapat BLT Rp2,4 Juta Dari Pemerintah

admin

Leave a Comment