28.5 C
Jakarta
April 17, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Ketahui Perbedaan Software Akuntansi Online dan Offline

Dalam menjalankan bisnis di zaman modern seperti ini, kita dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan lebih cepat dan cepat. Dalam hal mengatur keuangan, software akuntansi bisa menjadi alat bantu yang paling jitu, untuk mengatur dan mengelola laporan keuangan bisnis maupun perusahaan kita.

Software akuntansi untuk bisnis, yang banyak tersedia saat ini umumnya terdiri dari 2 jenis, yaitu software akuntansi online dan offline. Kali ini, kita akan membahas mengenai keduanya.

Perbedaan Software Akuntansi Online dan Offline untuk Bisnis

Sebelum Anda mengetahui apa perbedaan dari kedua software akuntansi untuk bisnis tersebut, mari kita terlebih dulu mengetahui apa pentingnya software akuntansi untuk bisnis:

  • Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat
  • Dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan baik dari segi waktu maupun tenaga. Akuntan yang menggunakan software ini hanya tinggal menginput data melalui software akuntansi tersebut
  • Terhindar dari kesalahan perhitungan, jika salah hanya tinggal mengeditnya saja
  • Dapat membantu kita mengetahui kondisi keuangan bisnis secara realtime
  • Dapat memasukan data secara online kapan saja dan dimana saja, juga dapat berkolaborasi dengan tim admin lainya dalam rangka mengoreksi agar data keuangan semakin tepat

Lalu apa perbedaan software akuntansi online dan offline? Berikut ulasanya:

Software Akuntansi Online

Software akuntansi saat ini sudah menggunakan teknologi berbasis cloud system. Teknologi ini dapat memudahkan kita mengakses data akuntansi kapan saja dan dimana secara realtime. Kelebihan software ini tentunya mudah digunakan dan mudah diakses dengan menggunakan browser, tanpa harus melakukan instalasi software pada computer yang digunakan dalam bisnis. Software ini juga ukuranya ringan dan tidak memerlukan spesifikasi tinggi.

Anda bisa mencoba Accurate Online.

Software Akuntansi Offline

Software akuntansi offline untuk bisnis merupakan software yang terpasang secara permanen di computer Anda. Kelebihan dari menggunakan software akuntansi offline ini adalah  performanya yang baik sebab bisa dijalakan tanpa menggunakan koneksi internet sekalipun. Namun, pastikan spesifikasi computer yang digunakan, harus cocok dengan versi dari software akuntansi offline ini. Adapun kelemahan dari software ini adalah saat berada dalam jarak jauh tidak jauh dapat diakses, sehingga agak terhambat saat ada keperluan pengambilan database.  Software ini, efektif digunakan oleh para akuntan dan pengusaha yang jarang melakukan perjalanan bisnis.

Anda bisa mencoba Accurate Desktop

Dengan adanya teknologi baru dalam dunia akuntansi berupa software akuntansi ini, maka pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan mudah, sehingga pemilik bisnis akan lebih focus untuk mengembangkan bisnisnya. Pastikan Anda memilih software akuntansi online atau offline untuk bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

 

 

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Begini Cara Tepat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

Erapuji

Punya Bisnis Online? Simak Tips Mengatur Akuntansinya

Miftah

10 Bidang Akuntansi yang Wajib Anda Ketahui

ademuthia