28.5 C
Jakarta
April 17, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Prive Adalah: Berikut Pengertian Lengkap dan Karakteristik Akun Prive dalam Akuntansi

Mencatat setiap pengeluaran tunai, seperti prive dalam bisnis kecil Anda adalah suatu keharusan karena alasan yang jelas. Jika Anda tidak melacak dan mencatat setiap pengeluaran dan menerapkan pedoman ketat terkait penggunaannya, bisnis Anda dapat kehilangan keuntungan dalam nilai besar dalam waktu singkat, hal ini juga berlaku jika Anda mengambil prive dalam bisnis.

Namun apa itu arti prive dan bagaimana cara mencatatnya? Pada artikel ini kita akan membahas mengenai prive secara lengkap dan cara mencatatnya pada proses pembukuan Anda.

Apa itu Prive?

Prive atau Withdrawals adalah penarikan sebagian aset atau modal di sebuah perusahaan dan digunakan untuk keperluan pribadi pemiliknya. Kemitraan dan perseorangan secara tradisional menarik transaksi ini sedangkan perusahaan besar biasanya merujuknya sebagai distribusi.

Ketika seorang pemilik menarik uang dari perusahaan untuk penggunaan pribadi, perusahaan mengambilnya dari bagian modalnya. Ini masuk akal karena pada dasarnya pemilik memiliki sahamnya di perusahaan. Dia menerima uang tunai sebagai gantinya perusahaan membeli kembali sebagian dari modalnya.

Perusahaan akan mencatat entri jurnal untuk penarikan pemilik dengan mendebit penarikan pemilik dan mengkredit uang tunai. Penarikan pemilik atau prive adalah akun modal atau ekuitas sementara yang ditutup untuk akun modal pemilik umum pada akhir tahun.

 

Akun Prive dalam Pencatatan Akuntansi

Akun prive Akunakun keuangan yang pada dasarnya mencatat setiap penarikan modal pemilik, yaitu, aset, terutama termasuk uang, yang ditarik dari bisnis oleh pemiliknya untuk penggunaan pribadi mereka.

Apa yang Merupakan “Penarikan” dari Bisnis?

Pengertian penarikan termasuk aset, dan bukan hanya uang / tunai, karena uang atau kas atau dana adalah salah satu jenis aset. Ini adalah aset perusahaan saat ini dan merupakan salah satu dari banyak aset yang dapat ditarik dari bisnis oleh pemiliknya untuk penggunaan pribadi mereka.

Oleh karena itu, bahkan penarikan bisa berupa aset seperti peralatan atau produk yang tidak terjual dari persediaan penutupan, dan lainnya yang ditarik dari bisnis untuk penggunaan pribadi pemilik merupakan bagian dari prive.

Secara lebih umum, setiap penarikan dari bisnis yang pada akhirnya mengurangi ekuitas pemilik total atau total modal bisnis adalah gambar dan dicatat dalam akun prive.

Penggunaan Akun Prive

Akun prive umumnya terkait dengan organisasi bisnis tidak berbadan hukum, seperti perseorangan dan kemitraan. Itu karena akun penarikan memisahkan penggunaan uang dan aset bisnis dari penggunaan bisnis hingga penggunaan pribadi.

Hal ini pada dasarnya diperlukan dalam beberapa organisasi karena pemilik dan bisnis bukanlah entitas yang terpisah dalam hal organisasi seperti perseorangan dan kemitraan.

Di sisi lain, dengan bisnis berbadan hukum seperti perusahaan terbuka dan perusahaan multinasional, mengharuskan bisnis dan pemiliknya adalah entitas yang terpisah, dan karenanya, akun prive tidak diperlukan untuk memisahkan penggunaan uang dan aset karena perbedaannya sudah tersedia.

 

prive adalah 2

Karakteristik Akun Prive dalam Akuntansi

1. Membantu melacak modal yang digunakan untuk penggunaan pribadi

Akun prive membantu dalam melacak jumlah total modal yang ditarik dari bisnis untuk penggunaan pribadi. Ini membantu dalam mengawasi penarikan pemilik dan membantu menjaga saldo modal total keseluruhan perusahaan.

2. Bukan akun berkelanjutan / permanen

Akun penarikan bukan merupakan catatan yang berkelanjutan atau permanen dalam arti bahwa, pada akhir tahun keuangan, itu diseimbangkan dalam buku besar dengan kredit, dan sisanya ditransfer ke total modal atau sisi ekuitas pemilik dari neraca dengan debit.

Akun ini hanya digunakan lagi di tahun depan untuk melacak penarikan dari bisnis tahun itu, jika ada. Oleh karena itu, ini bukan akun berkelanjutan atau permanen, melainkan akun sementara.

3. Bukan akun pengeluaran

Meskipun akun prive adalah akun debit dan menunjukkan pengurangan total uang yang tersedia dalam bisnis, ini bukan akun pengeluaran – ini bukan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis. Sebaliknya, ini hanyalah pengurangan total ekuitas bisnis untuk penggunaan pribadi.

Jika akun penarikan menjadi akun pengeluaran, itu akan dicatat dalam laporan laba rugi bisnis, bukan di neraca.

 

Entri Akuntansi untuk Prive

Entri akuntansi khas untuk akun prive adalah debit ke akun prive dan kredit ke akun tunai (atau aset apa pun yang sedang ditarik). Ini adalah cerminan dari pengurangan modal dari total ekuitas dalam bisnis.

Representasi di Neraca

Akun prive direpresentasikan di neraca sebagai akun kontra ekuitas, dan ditampilkan sebagai pengurangan pada sisi ekuitas di neraca untuk mewakili pengurangan total ekuitas / total modal dari bisnis.

Contoh Kasus Akun Prive

Misalkan Budi memiliki 50% saham Blue Guitar. Dia memutuskan bahwa dia ingin membeli mobil baru, jadi dia menarik 10.000.000 dari bagiannya dalam kemitraan tersebut. Blue Guitar, LLC akan mencatat debit akun penarikan modal Budi dan kredit tunai sebesar 10.000.000 .

Jurnalnya yaitu:
[D] Prive                                      Rp10.000.000
[K] Kas                                                         Rp10.000.000

Setelah penutupan buku akhir tahun, akun modal Mike akan berkurang 10.000.000 karena penarikan ini.

 

Kesimpulan

  • Prive adalah adalah penarikan sebagian aset atau modal di sebuah perusahaan dan digunakan untuk keperluan pribadi pemiliknya. Kemitraan dan perseorangan secara tradisional menarik transaksi ini sedangkan perusahaan besar biasanya merujuknya sebagai distribusi.
  • Akun prive adalah akun keuangan yang pada dasarnya mencatat gambar pemilik, yaitu, aset, terutama termasuk uang, yang ditarik dari bisnis oleh pemiliknya untuk penggunaan pribadi mereka.
  • Akun prive umumnya terkait dengan organisasi bisnis tidak berbadan hukum, seperti perseorangan dan kemitraan.
  • Penarikan aset apa pun dari bisnis yang pada akhirnya mengurangi ekuitas pemilik total atau total modal bisnis adalah penarikan dan dicatat dalam akun penarikan.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, mencatat setiap penarikan uang yang Anda ambil untuk keperluan pribadi adalah suatu keharusan untuk memastikan bahwa Anda memiliki informasi yang jelas untuk setiap transaksi dan alur keuangan dalam bisnis Anda.

Setiap data keuangan dalam bisnis itu penting, dan jika Anda tidak mencatat jumlah prive yang Anda tarik pada pembukuan Anda, maka besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan data keuangan yang akurat dan akan menyulitkan Anda dalam membuat keputusan bisnis yang benar.

Untuk kemudahan pencatatan seluruh transaksi dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi pada bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Kini ucapkan selamat tinggal pada proses pencatatan keuangan yang sulit dan pembuatan laporan keuangan yang memakan waktu dengan Accurate Online.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari disini http://bit.ly/aolgratis30hari

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Di Tahun 2021, Saatnya Menghindari Rasa Takut Tentang Money Talk

Miftah

5 Teknik Meningkatkan Engagement di Sosial Media

Miftah

Mildly gibbered thus the one save

ademuthia