28.7 C
Jakarta
January 16, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Memahami Akuntansi Keuangan Melalui Komponen, Fungsi dan Manfaat

Akuntansi keuangan merupakan aktivitas yang berhubungan dengan pencatatan, perhitungan dan pengikhtisaran transaksi keuangan secara terstruktur dan komprehensif pada suatu bisnis selama periode tertentu. 

Akuntansi keuangan juga bisa dikatakan sebagai kegiatan untuk merangkum setiap jenis laporan keuangan, membuktikan keabsahan didalamnya serta melaporkan hasil tersebut untuk jenis transaksi keuangan bisnis. 

Memahami akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis sangat penting bagi pelaku usaha karena bisa menjadi alat untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. 

Komponen dalam Akuntansi Keuangan

Pada pencatatan akuntansi, kamu perlu mengetahui jika terdapat beberapa komponen berdasarkan kategori tertentu. Berikut lima kategori utama dalam pencatatan untuk akuntansi keuangan ini.

  • Harta, adalah aset yang memiliki nilai untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang suatu perusahaan. 
  • Utang, adalah kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang dengan jumlah tertentu kepada pihak internal dan pihak-pihak tertentu yang tercatat memiliki keterkaitan ataupun kerja sama dengan perusahaan tersebut.
  • Ekuitas, adalah kewajiban perusahaan kepada investor yang telah menambahkan sejumlah modal untuk kemudian dikelola kembali.
  • Pendapatan, adalah sejumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan atas nilai operasional yang telah dikelolanya, seperti penjualan barang ataupun jasa.
  • Beban, adalah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk biaya operasional perusahaan.

Fungsi Utama Akuntansi Keuangan

Secara umum, akuntansi keuangan ini memiliki dua fungsi yakni utama dan peranan, berikut merupakan beberapa rincian tersebut, pertama ada fungsi utama meliputi,

  • Untuk mengetahui jumlah laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan.
  • Memberikan laporan keuangan terkait pengambilan keputusan pada manajemen perusahaan.
  • Membantu perusahaan untuk mencapai target.
  • Mengawasi setiap aktivitas yang terjadi pada suatu perusahaan.

         Sedangkan fungsi peranan meliputi,

  • Mengetahui informasi keuangan seperti kondisi modal, pembelian, penjualan dan keuntungan yang didapat oleh perusahaan.
  • Laporan untuk pihak eksternal agar bisa menjadi tolak ukur ketika menjalin sebuah kerjasama dengan perusahaan lain ataupun memberikan pinjaman modal.
  • Audit internal perusahaan.

Fungsi yang Meliputi Laporan Keuangan

Selain ketiga fungsi itu, akuntansi keuangan juga memiliki fungsi menurut jenis laporan keuangan yang terdiri dari laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal. 

  • Laporan neraca, berfungsi untuk melihat seberapa jauh posisi keuangan pada periode tertentu, diikuti dengan penyediaan tentang penggunaan dana perusahaan yang merupakan bagian penting dalam hal investasi perusahaan. 
  • Laporan laba rugi yakni memiliki peranan untuk mengetahui tingkat perkembangan perusahaan atas pengelolaan sejumlah pendapatan yang kemudian dikurangi dengan beban-beban operasional perusahaan, hasilnya akan diketahui apakah laba atau rugi.
  • Laporan perubahan modal, berfungsi untuk mengetahui kinerja perusahaan dari sejumlah perubahan aktiva, baik itu aktiva lancar, aktiva tetap ataupun aktiva tetap tak berwujud.

Manfaat Akuntansi Keuangan

Bagi kamu yang sudah menjalankan bisnis dengan jumlah pendapatan yang besar, tentunya penerapan akuntansi keuangan memang sangat diperlukan. Hal ini misalnya, untuk mengetahui apakah pada periode tertentu perusahaan kamu ini mampu mendapatkan nilai penjualan yang maksimal atau tidak. Jadi, kamu dapat memprediksi perkembangan yang bagus untuk periode-periode mendatang.

Meskipun begitu, ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan oleh kamu yang sedang  merintis usaha skala kecil Laporan keuangan akan sangat penting diterapkan untuk mengetahui sejauh apa perkembangan usahanya selama ini. 

Tidak serta merta menggunakan sistem informasi, penggunaan manual pun akan memiliki manfaat yang sangat baik asal dilakukan secara terperinci. Adapun manfaat-manfaat lain yang dapat diambil dari adanya informasi mengenai akuntansi keuangan:

  • Membantu perusahaan untuk melihat keuntungan dan kerugian yang diperoleh selama periode tertentu.
  • Memudahkan perusahaan untuk kembali menghitung pendapatan dan biaya-biaya operasional.
  • Membantu mengelola dan mengawasi aktivitas perusahaan.
  • Membantu perusahaan untuk bekerja sama dengan para investor untuk mendapatkan tambahan modal, kinerja perusahaan yang dianalisis oleh investor ini salah satunya yakni laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Kesimpulan 

Jika kamu sedang merencanakan bisnis jangka panjang atau bahkan sudah memiliki suatu bisnis yang sudah berjalan, maka pemahaman mengenai akuntansi keuangan ini sangatlah diperlukan untuk kelangsungan bisnis kamu. 

Kamu dapat menerapkannya secara manual maupun menggunakan sistem. Nah, untuk kamu yang tidak mau repot mengerjakannya secara manual, manfaatkan aplikasi akuntansi seperti Accurate Online untuk membantu memudahkan pekerjaan. 

Accurate online merupakan software akuntansi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis bisnis, seperti perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Kamu bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Apa Itu Telemarketing? Pengertian, Manfaat dan Strateginya Untuk Mendongkrak Bisnis

admin

Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Selama pandemi Corona

ademuthia

Ayo Ambil Peluang Bisnis di Tempat Pariwisata 2019

ademuthia

Leave a Comment