Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

Cuan Besar! Begini Cara Memulai Bisnis Barang Impor

barang impor china

Peluang Bisnis Barang Impor – Memulai usaha dengan mencari peluang bisnis barang impor bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Ada banyak barang dari luar negeri yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak mengatakan kualitas barang impor lebih bagus secara kualitas dengan harga lebih murah.

Saat ini barang impor masih menjadi pilihan bagi beberapa pelaku bisnis untuk berjualan di dalam negeri. Arus keluar masuk barang lebih mudah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jika barang yang Anda jual bukan barang-barang mewah, regulasi dan pajak yang dikeluarkan pun tidak terlalu menekan para pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis ini, Anda bisa segera memulainya. Abcsemanggi.com akan memberikan tips yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis impor.

Sebenarnya peluang bisnis barang impor ini sudah ada sejak dulu namun pelaku bisnis masih terbatas. Mengingat sulitnya jaringan & akses yang tidak memadai. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bermain produk-produk impor, selain dilakukan oleh korporasi besar.

Tips Memulai Bisnis Barang Impor

Meskipun sudah cukup banyak tips yang bisa Anda temui melalui internet, baik itu melalui berbagai artikel, video Youtube, hingga berbagai e-book. Namun Anda tetap perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

Tentukan Produk

Setelah Anda memiliki rencana untuk memulai bisnis barang impor, Anda sudah pernlu menentukan jenis barang impor apa yang ingin Anda jual. Pertimbangkan hal ini secara matang, agar tidak salah memilih supplier.

Karena produk Anda produk impor, Anda akan membelinya dalam jumlah besar, sehingga perlu Anda pikirkan dengan baik, apakah produk tersebut yang cocok dengan pasar dalam negeri atau tidak.

Pastikan juga bahwa produk yang Anda pilih memang memiliki banyak peminat di Indonesia. Serta Anda memiliki cukup modal dari pembelian produk, biaya pengiriman, pajak impor, dan berbagai biaya lain yang tidak terduga.

Kenali Prosedur Pengiriman

Selain menentukan jenis produk yang akan dijual, sebelum mulai Anda juga perlu mencari tahu prosedur pengiriman dari luar negeri. Sebab, Anda akan membeli produk dalam jumlah banyak.

Sebab dari pengiriman akan muncul regulasi serta perizinan yang dibutuhkan akan lebih banyak daripada pengiriman produk secara domestik.

Anda perlu mencari tahu mengenai prosedur dari perdagangan internasional, dokumen yang dibutuhkan, biaya, hingga pajak yang akan dikenakan.

Riset Pasar & Produk

Setelah kedua langkah tersebut dilakukan, Anda mulai melakukan riset pasar dan produk yang ingin Anda jual.

Riset ini mencari tahu, produk apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak semua barang impor disukai oleh masyarakat Indonesia.

Anda juga perlu mengetahui negara asal dari produk yang akan Anda jual. Hal ini disebabkan, beberapa masyarakat Indonesia sensitif akan negara produsen dari barang-barang yang dibeli jika barang tersebut masih memiliki subsititusi yang lain.

Bisnis : Mengenal Lebih Dalam Jenis-Jenis Produk Konsumen dan Pentingnya Memahaminya dalam Bisnis

Cari Supplier

Setelah beberapa hal diatas dilakukan, Anda perlu mencari supplier produk yang ingin Anda jual. Mencari supplier barang impor tidak bisa dikatakan mudah, tetapi ini menjadi hal yang cukup sulit.

Mungkin saja Anda perlu pergi keluar negeri untuk mencari beberapa supplier. Anda tidak bisa hanya bertemu dengan satu dua supplier dan tidak bisa hanya menghabiskan waktu 1-2 hari. Mungkin bisa 5-7 hari hanya untuk bertemu supplier dan negosiasi dengan mereka. Anda juga perlu memfilter-filter beberapa supplier, mungkin dalam 1-2 hari Anda hanya bertemu 1-2 customer saja.

Anda juga perlu melihat sampel produk yang akan Anda jual. Sehingga Anda tidak cukup hanya melihat dari foto maupun video, melainkan perlu terjun langsung ke lapangan. Sehingga inilah perlunya Anda pergi ke Luar negeri untuk melihat produk secara langsung.

Izin dan Dokumen

Setelah mendapatakan supplier, Anda juga perlu mengetahui dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan dalam proses ekspor impor.

Ada beberapa kelengkapan yang perlu Anda dapatkan, seperti Angka Pengenal Importir (API) yang bisa didapatkan untuk mendaftarakan Perusahaan Anda ke Kantor Dirjen Bea Cukai.

Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda lengkapai untuk mendapatkan API ini, seperti:

  • KTP
  • Paspor
  • Pas Foto Salah satu pihak Pemilik
  • NPWP Pemilik
  • Surat Domisili
  • Surat Izin Usaha Perdagangan
  • SK Pendirian Usaha yang dikeluarkan Kemenkumham
  • Akta Notaris Pendirian Perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin menghasilkan cuan besar dari memulai bisnis barang impor.

Jika Anda sudah memulai bisnis barang impor, Anda juga perlu mempertahankannya dengan baik. Bisnis barang impor perlu dilakukan pencatatan dengan tepat dan tools yang efektif.

Anda bisa menggunakan Software Accurate Online untuk bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik. Software Accurate Online adalah software akuntansi yang akan membantu dalam mengelola seluruh aktivitas akuntansi Anda.

Accurate Online menyediakan berbagai fitur menarik yang semakin memudahkan Anda dalam proses keuangan bisnis. Anda juga bisa mendapatkan free trial selama 30 hari untuk menikmati pengalaman menarik menggunakan Accurate Online. Coba sekarang!

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Software Accurate Online Melayani Banda Aceh dan sekitarnya

ademuthia

Pengertian Crowdfunding

Agung

Virtual Office Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Erapuji

Leave a Comment