28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

Menggiurkan! Cara Memulai Bisnis Fashion Muslim

Memulai bisnis Fashion Muslim

Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia menjadikannya sebagai pasar yang menarik untuk produk-produk muslim. Tak heran, banyak brand bernuansa islami yang sukses mengguncang pasar muslim Indonesia. Bagaimana dengan bisnis fashion muslim di Indonesia? Masihkah menjadi daya Tarik untuk para pebisnis pemula?

Permintaan akan brand muslim di Indonesia terus meningkat. Hampir setiap tahun bermunculan merek-merek baru yang memiliki positioning berbeda-beda. Rata-rata  produk-produk muslim akan muncul menjelang bulan Ramadhan. Sekaligus menjadikan sebagai representasi produk muslim, hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Kenapa Produk Muslim Tumbuh

Selain dari produk-produk pakaian, kita bisa melihat bahwa bisnis produk-produk muslim tumbuh secara signifikan. Bahkan banyak masyarakat yang enggan berbelanja, jika produk tersebut tidak menunjukan ke halalan dari setiap produk yang mereka jual.

Produk muslim menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Baik dari kultur budaya, hingga tren hijrah yang terus meningkat di kalangan masyarakat muslim Indonesia. Membuat lebih banyak masyarakat terus ingin menggunakan produk-produk muslim, salah satunya produk-produk fashion muslim.

Baca Juga: 7 Strategi Sukses Memulai Usaha Pakaian

Bagaimana Memulai Bisnis Fashion Muslim?

Kenali Produk Muslim yang ingin Anda jual

Pertama hal yang paling penting adalah mengenali jenis produk yang Anda jual. Ada beragam fashion muslim yang bisa dijalankan oleh Anda. Sekarang Anda perlu melakukan riset dan menentukan jenis produk muslim apa yang ingin Anda jual.

Usahakan diawal hanya dengan memulai pada satu niche produk saja, seperti baju, hijab, tunik, baju koko, dan sejenisnya. Pastikan Anda bisa mendapatkan produk-produk sesuai dan siapa target market yang ingin Anda incar.

Kenali Calon Customer

Jika Anda masih bingung mau memulai bisnis fashion muslim jenis apa, Anda perlu menentukan segmen pasar yang ingin Anda incar. Caranya mudah, Anda hanya perlu menentukan jenis kelamin dari calon customer yang akan Anda sasar.

Apakah perempuan atau laki-laki? Jika sudah ketemu pilihannya, Anda bisa menyesuiakan dengan jenis produk yang ingin Anda pasarkan kepada mereka. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa produk yang dijual sudah sesuai dengan target market potensial.

Tetap Memantau Tren

Meskipun usaha pakaian muslim usaha yang segmented, bukan berarti Anda tidak bisa memantau tren yang ada. Fashion muslim juga selalu berubah mengikuti permintaan pasar yang terus berubah. Pastikan bisnis Anda mampu mengakomodir kebutuhan dari calon-calon customer Anda.

Dengan mengikuti tren, Anda bisa melihat apa yang sedang disukai oleh pasar. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menyiasati permintaan pasar. Tren pakaian muslim pun turut berubah seiring perkembangan zaman yang ada.

Manfaatkan Seluruh Channel Pemasaran

Anda perlu memaksimalkan seluruh channel pemasaran yang Anda miliki, baik itu berjualan secara online, offline, maupun berjualan dengan kedua cara tersebut.

Jika Anda adalah produsen, Anda bisa berjualan dengan cara memanfaatkan affiliate di media social. Mereka bisa menjadi kepanjangan tangan Anda untuk memasarkan produk-produk yang Anda miliki. Selain itu, affiliate juga telah menjadi satu channel pemasaran yang cukup efektif untuk brand.

Apabila Anda hanya penjual eceran, Anda perlu memanfaatkan berbagai channel yang ada, baik itu social media, hingga e-commerce. Pastikan Anda bisa menjual produk-produk tersebut secara efektif dan menjadi tempat dimana memang target pasar Anda berbelanja.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis Pakaian: Memahami Pasar dan Membangun Brand yang Ikonik

Keuntungan Bisnis Pakaian Muslim

Apa keuntungan bisnis pakaian muslim? Pakaian muslim akan menjadi produk yang akan selalu tumbuh. Meskipun terkadang penjualan akan meningkat hanya di momen-momen tertentu saja. Bukan berarti di momen lain akan lesu.

Anda perlu memastikan bahwa setiap waktu dalam promosi pakaian muslim bisa dimanfaatkan. Di momen lebaran perlu lebih gencar lagi dalam memasarkan produk agar lebih terekspose dan lebih dikenali oleh masyarakat Indonesia.

Potensi Pasar yang besar

Keuntungan dari memulai bisnis pakaian muslim di Indonesia tidak terlepas dari jumlah penduduk muslim yang cukup besar, potensi ini bisa diandalkan oleh setiap pengusaha untuk menguasai pasar pada segmen mereka. Anda bisa mengincar baik laki-laki maupun perempuan diberbagai segmen.

Peminat yang Tinggi

Pakaian muslim memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi, hal ini juga didorong dari besarnya jumlah masyarakat muslim di Indonesia. Dimana sekarang banyak masyarakat muslim yang tetap ingin tampil trendi, namun tetap sesuai dengan kaidah agama.

Sudah siapkah Anda memulai bisnis baju muslim? Potensi yang besar membuat bisnis fashion muslim masih menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Sekarang waktunya Anda mencari produk fashion apa yang akan Anda jual.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Apa Itu Takt Time, Satuan Waktu yang Tersedia Untuk Menghasilkan Produk

Ika Maiyastri

7 Strategi Sukses Memulai Usaha Pakaian

ademuthia

Penyebab Usaha Kecil Menengah (UKM) Gulung Tikar

Erapuji