30.4 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

4 Tips Mengatasi Krisis Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Banyak pengamat ekonomi yang memprediksi krisis eknomi yang disebabkan oleh pandemi corona akan lebih parah dibandingkan krisis keuangan global pada 2008.

Menurut Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri, pemerintah tidak bisa menggunakan kebijakan yang sama untuk mengatasi masalah baru ini.

Pada saat krisis 2008, pemerintah hanya perlu mengobatinya dengan menjaga daya beli masyarakat untuk menjaga ekonomi domestik. Sayangnya virus Corona tak mampu hanya ditangani dengan menjaga daya beli masyarakat. Sebab dari sisi demand (ketersediaan) barang di Indonesia juga terganggu. Itu dikarenakan komponen bahan baku industri yang dipasok dari China tersendat lantaran di negara tersebut turut dihajar COVID-19.

Dilansir dari CnbcIndonesia.com, Direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menyebut pandemi virus corona (COVID-19) menciptakan krisis ekonomi yang parah. Bahkan lebih buruk daripada krisis keuangan global 2008.

Namun begitu, ia meyakini bahwa dunia akan bisa melalui semua ini asalkan ada kerjasama dari berbagai negara.

“Pesan penutup saya adalah kita akan melewati ini, tetapi seberapa cepat dan seberapa efektif akan sangat tergantung pada tindakan yang kita ambil.” – Ujar Kristalina.

 

Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Krisis di Tengah Pandemi Ini?

 

Cek Kondisi Keuangan Bisnis

Dilansir dari Avrist.com, tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah virus corona ini akan berakhir. Selama wabah belum berujung, niscaya kondisi perekonomian belum akan kembali normal. Hal itu jelas akan mempengaruhi kelangsungan bisnis. Lakukan pengecekan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis.

Baca Juga: Cara Cek Kesehatan Keuangan Bisnis Sebelum Terlambat!

Cari tahu berapa jumlah emergency fund bisnis kamu saat ini, berapa hanyak hutang yang harus dibayar, berapa banyak piutang yang belum dibayarkan. Setelah mengetahui itu semua, kamu bisa membuat perkiraan sejauh mana bisnis kamu bisa bertahan saat tidak ada pemasukan sama sekali. Siapkan bisnis untuk menghadapi kondisi terburuk.

Kamu bisa melakukan pengecekan faktur hutang dan piutang bisnis dengan mudah menggunakan Accurate Online. Satu-satunya aplikasi keuangan bisnis yang dapat memberikan laporan hutang dan piutang yang ada pada bisnis kamu.

Penasaran ingin mencoba fitur laporan keuangan bisnis dari Accurate Online?

Atur Kas Bisnis Secara Hemat

Menurut Liputan6.com, pengaturan arus kas menjadi kunci utama perusahaan untuk dapat melewati tantangan berat virus corona di tahun 2020 ini. Perusahaan perlu mengambil langkah-langkah untuk mengamankan persediaan kas termasuk mengambil tindakan yang diperlukan seperti memperpanjang pembayaran kreditor, negosiasi penangguhan pembayaran sewa dan kredit bank.

Kemudian negosiasi dengan pelanggan untuk pembayaran lebih awal hingga mempertimbangkan keringanan pajak maupun program pemerintah yang memberikan kemudahan bagi pengusaha. Cash Management juga meliputi bagaimana perusahaan mampu melakukan forecast keuangan jangka pendek dan menengah dengan baik.

 

Beri Pengertian Pada Karyawan

Krisis pandemi COVID-19 adalah masa penuh keprihatinan. Bila tidak berhati-hati, bisnis bisa gulung tikar dalam sekejab akibat tak kuat diterjang tsunami COVID-19 yang dahsyat. Menurut Avrist.com, kita perlu mengajak bicara karyawan-karyawan untuk turut bahu membahu, saling memperkuat diri di masa yang berat ini.

Sampaikan pada karyawan tentang fokus saat ini adalah mempertahankan kelangsungan usaha supaya jangan sampai bangkrut yang bisa memicu pemutusan hubungan kerja. Supaya itu dapat dicapai, karyawan harus rela melupakan kenaikan gaji ataupun pemberian bonus seperti biasanya. Paling tidak hingga kondisi kembali normal.

 

Membuat Strategi Pemasaran yang Baru

Menurut Investor.id, selama masa pandemi terjadi pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Mereka cenderung akan mengesampingkan hal-hal sekunder, seperti kebutuhan fashion, termasuk sepatu. Memberikan potongan harga untuk semua produk adalah salah satunya.

Perusahaan perlu untuk memaksimalkan aspek emosional pembeli. Pada kondisi saat ini, perusahaan dapat menyentuh aspek emosional pembeli dengan mendonasikan sebagian hasil penjualan untuk penanganan Covid -19 di Indonesia.

 

Itulah 4 Tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi krisis bisnis di tengah pandemi corona. Semoga seluruh pengusaha kuat untuk menghadapi pandemi kali ini.

Stay Safe. Jangan lupa untuk selalu #dirumahaja

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

9 Ucapan Tahun Baru untuk Keluarga, Rekan Bisnis dan Juga Mantan Kekasih!

ademuthia

Bisnis Katering Diet! Bisnis Sehat, Untung Melimpah

ademuthia

Kerajaan Bisnis Penipuan Terbesar di Awal Tahun 2020

ademuthia

Leave a Comment