29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Tips Paling Aman Saat Menggunakan Aplikasi Zoom

zoom meeting

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tips aman menggunakan zoom – Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan issue keamanan pada aplikasi Zoom Meeting. Dilansir dari AyoBandung.com, Aplikasi, yang dimiliki oleh Zoom Video Communications Inc, menghadapi serangan balik dari pengguna yang khawatir tentang kurangnya enkripsi ujung-ke-ujung dari sesi rapat dan zoombombing, di mana para tamu yang tak diundang tiba-tiba masuk dalam rapat.

Bahkan Google melarang aplikasi konferensi video Zoom dari laptop karyawannya, dengan alasan masalah keamanan. “Baru-baru ini, tim keamanan kami memberi tahu karyawan yang menggunakan Zoom bahwa Zoom tidak akan lagi berjalan di komputer perusahaan karena tidak memenuhi standar keamanan kami untuk aplikasi yang digunakan oleh karyawan kami,” kata juru bicara Google Jose Castaneda dikutip dari Reuters, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: Aplikasi yang Harus Digunakan Saat Bekerja Dari Rumah Karena Virus Corona

Padahal Zoom menjadi salah satu alternatif paling mudah untuk melakukan online meeting dikala WFH ini. Namun dengan adanya issue keamanan semacam ini tentunya membuat banyak orang enggan untuk mempertaruhkan informasi pribadi mereka di tangan zoom.

Keamanan menjadi faktor yang sangat penting saat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengolah informasi perusahaan saat WFH ini. Maka dari itu Accurate Online sebagai satu-satunya aplikasi keuangan bisnis yang didukung dengan infrastruktur cloud yang modern dan termutakhir untuk memastikan kecepatan akses dan keamanan database Anda.

Amankan data keuangan bisnis Anda dengan Accurate Online.

Kembali lagi ke Zoom yang memang sudah menjadi tools sehari-hari kita, apakah tidak ad acara agar kita tetap menggunakan Zoom dengan aman?

Tentu ada, simak beberapa tips berikut!

 

Update Aplikasi Zoom dengan Versi Terbaru.

Dengan adanya kasus zoombombing kemarin, pihak Zoom Video Communications Inc segera melakukan upgrade pada sistem keamanan mereka dan diluncurkan pada versi terbaru aplikasi Zoom. Pastikan untuk selalu melakukan upgrade pada aplikasi Zoom. Karena mereka selalu meningkatkan layanan fitur dan keamanan di setiap update version aplikasi mereka.

 

Siapkan ID Rapat dan Kata Sandi yang Unik

Jika Anda mengadakan rapat untuk beberapa orang, sebaiknya gunakan Meeting ID biasa dan gunakan kata sandi terpisah. Untuk melakukannya, buka Zoom versi web, berikut ini caranya:

  • Di halaman utama Zoom, klik ‘My Account’ di sudut kanan atas, lalu pilih ‘Host a Meeting’.
  • Masukkan tanggal, waktu, dan durasi konferensi video (akun gratis hanya memiliki waktu 40 menit).
  • Cari ‘Meeting ID’ dan pilih ‘Generate Automatically’, setelahnya, Anda akan mendapat ID unik. Centang opsi ‘Require a Password’. Sandi bisa ditentukan secara acak ataupun dibuat sendiri.
  • Centang pilihan ‘Enable Waiting Room’ agar pembuat rapat bisa mengontrol peserta yang dapat mengikuti konferensi daring.
  • Pilih ‘Save’. Penyelenggara rapat dapat melihat seluruh opsi yang telah ditentukan.
  • Selanjutnya, sebar undangan kepada para peserta. Lalu, mulai rapat.

 

Aktifkan Ruang Tunggu Virtual (Enable Waiting Room)

Fitur ini memungkinkan penyelenggara rapat memeriksa seluruh peserta sebelum mereka bisa mendapatkan akses. Ibaratnya, penyelenggara rapat berperan sebagai ‘penjaga keamanan’. Fitur tersebut bertujuan memastikan siapapun yang muncul dalam rapat benar-benar peserta yang diundang, bukan peretas atau penyusup.

 

Aktifkan Fitur Lock Meeting

Jika Anda sebagai penyelenggara sudah memastikan tidak ada penyusup dalam rapat, silakan aktifkan fitur ‘Lock Meeting’ lewat menu keamanan di bagian bawah layar. Bila fitur itu diaktifkan, tidak ada lagi orang yang bisa masuk ke dalam rapat, sekalipun dia memiliki ID dan kata sandi rapat tersebut.

 

Itulah beberapa tips aman menggunakan zoom yang dapat diterapkan saat akan menggunakan zoom sebagai aplikasi meeting online bersama tim kantor selama wfh.

Related posts

Memahami Akuntansi Keuangan Melalui Komponen, Fungsi dan Manfaat

admin

Belum Tahu Apa Itu Bisnis Franchise? Intip Dulu Penjelasannya di Sini

admin

BI dan Pemerintah Bantu UKM dan UMKM Go Internasional dengan 4 Cara Berikut!

ademuthia

Leave a Comment