33.4 C
Jakarta
June 21, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
AkuntansiBisnis

Mengoptimalkan Persediaan Barang dengan Konsep Par Level: Panduan Lengkap

Par level, sebuah konsep penting dalam manajemen persediaan, merupakan jumlah minimum barang yang harus ada dalam gudang sebelum persediaan baru tiba. Dalam perbandingan dengan konsep lain seperti minimum order quantity atau safety stock, par level difokuskan pada kebutuhan pelanggan tanpa mempertimbangkan antisipasi kejadian tak terduga.

Baca juga : Alasan Menargetkan Niche Market Bisa Membuat Online Store Anda Berkembang

Pentingnya Menerapkan Par Level

1. Mencegah Kekurangan atau Kelebihan Persediaan Barang

Par level yang akurat mencegah overstocking atau kekurangan persediaan. Dengan mengetahui jumlah persediaan yang dibutuhkan sebelum persediaan baru tiba, usaha dapat memastikan ketersediaan barang untuk pelanggan.

2. Memudahkan Proses Operasional

Menetapkan par level mempermudah proses operasional, memberikan patokan kapan harus melakukan restock atau reorder barang. Dengan demikian, operasional tidak akan terhenti karena persediaan barang tetap terpenuhi.

3. Kendali Penuh Atas Persediaan Barang

Menghitung dan memiliki par level meningkatkan kendali atas setiap persediaan di gudang. Dengan mengetahui persediaan minimum yang diperlukan, usaha dapat lebih efisien mengelola stok dan safety stock.

Langkah-langkah Menghitung Par Level

1. Periksa Data Historis

Mulailah dengan memeriksa data penjualan dari periode tertentu, misalnya, 3 bulan terakhir. Contohnya, jika menjual sepatu kets, catat bahwa 75 pasang terjual selama periode tersebut.

2. Hitung Rata-ratanya

Hitung rata-rata penjualan per bulan. Misalnya, jika 75 pasang terjual dalam 3 bulan, rata-rata penjualan per bulan adalah 25 pasang.

3. Pertimbangkan Safety Stock

Tentukan safety stock, misalnya, 20% dari rata-rata penjualan. Dalam contoh ini, safety stock adalah 15 pasang sepatu.

4. Hitung Jumlah Pengiriman Persediaan Baru

Tentukan jumlah pengiriman persediaan baru dalam periode tertentu. Misalnya, jika ada 2 pengiriman per bulan, totalnya adalah 2.

5. Hitung Par Level

Gunakan rumus:

Baca juga : Vertical Market: Keuntungan dan Kekurangan dalam Strategi Bisnis

Dengan menerapkan konsep par level secara cermat, usaha dapat mengoptimalkan persediaan barangnya, mencegah kekurangan atau kelebihan stok, memudahkan operasional, dan meningkatkan kendali atas persediaan barang.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Strategi Efektif Nudge Marketing: Meningkatkan Pengambilan Keputusan Pelanggan

Agung

Tertarik Memasang Iklan? Kenali Jenis Iklan yang Cocok untuk Bisnis Anda

Miftah

Pengertian Cross Selling

Agung