Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

13 Peluang Bisnis di IKN yang Potensial Meraup Cuan

Peluang Bisnis di IKN

Pemindahan Ibukota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) telah resmi dilakukan Pemerintah. Proyek tersebut dinilai memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan beberapa sektor di area Kalimantan Timur, tepatnya Penajem Paser Utara sebagai wilayah yang menjadi Ibu Kota Negara. Tentu, ini menciptakan peluang bisnis di IKN yang potensial bagi para pengusaha.

Bagi Anda yang ingin mencari peluang bagus, tampaknya IKN menjadi salah satu wilayah yang cukup bagus untuk memulai bisnis. Terlebih, area tersebut masih dalam perkembangan dan pembangunan yang cukup massif. Tentu peluang yang ada tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar, melainkan bisnis skala kecil atau UMKM.

Apa lagi di 2024 ini Pemerintah telah menetapkan sekitar 33 ribu ASN akan dipindahkan ke Ibukota baru. Selain itu, Pemerintah akan merekrut 200 ribu formasi ASN di 2024 yang akan ditempatkan di IKN. Dengan angka yang besar tersebut membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk segera membuka area bisnis di wilayah IKN.

Baca Juga: 12 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tahan lama

Peluang Bisnis di IKN

Berikut beberapa Peluang Bisnis di IKN yang masih sangat potensial untuk segera di mulai:

Layanan Jasa

Bisnis pertama yang mungkin bisa menjadi peluang bagi Anda adalah layanan jasa. Berbagai layanan jasa ini memiliki kebutuhan sehari-hari yang beragam yang bisa dicoba oleh setiap pebisnis. Dengan modal yang terjangkau, Anda bisa memulai bisnis tersebut. Bisnis jasa seperti :

  • Bisnis laundry
  • Jasa listrik
  • Usaha Jahit Pakaian
  • Jasa servis Laptop & Smartphone
  • Bisnis servis elektronik
  • Salon
  • Bengkel Kendaraan

Selain yang disebutkan, tentu masih banyak peluang lain yang bisa dicoba di IKN.

Bisnis Sayur dan Buah

Bisnis sayur dan buah menjadi peluang yang cukup menjanjikan, terlebih di area IKN bukan wilayah penghasil sayur dan buah. Sehingga mereka perlu memenuhi pasokan sayur dan buah-buahan, baik untuk pekerja yang saat ini sedang bekerja ataupun untuk para ASN yang akan berpindah.

Anda bisa mencoba mencari pemasok dari luar Penajem Paser yang mampu mengirimkan sayur dan buah. Cara ini bisa Anda lakukan diawal, sebelum Anda membuka lahan pertanian disekitar Penajem untuk menanam buah-buahan maupun sayuran. Anda juga bisa memulai dengan sayur dan buah organik.

Hotel dan Penginapan

Mungkin sudah cukup banyak para pemilik hotel-hotel besar yang telah membeli lahan untuk membangun hotel diarea IKN. Bukan berarti perusahaan Hotel dan penginapan skala menengah tidak dapat memulai bukan?

Bisnis hotel dan penginapan di area IKN terbilang cukup potensial, terlebih dengan melihat arsitektur dan rencana pembangunan, IKN akan menjadi wilayah yang cukup berkembang dengan berbagai sistem teknologi mumpuni.

Tentu kedepan, IKN tidak akan hanya menjadi pusat Pemerintahan saja, melainkan juga akan menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia yang ingin berwisata ke IKN.

Catering dan Restoran

Bisnis selanjutnya yang bisa menjadi peluang di IKN adalah catering dan restoran. Bisnis kuliner akan menjadi bisnis yang cukup potensial di IKN, karena banyak kalangan yang akan mencari catering atau restoran ke depan. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan organisasi, sehingga bisnis ini sangat menjanjikan dan potensial.

Mungkin juga akan banyak perusahaan yang memilih jasa catering untuk makan siang mereka. Belum lagi juga, banyak pekerja yang mungkin ingin makan di restoran setelah mereka bekerja, tentu ini menjadi satu tempat yang cukup diinginkan di IKN.

Café

Selain Restoran, tentu Anda bisa membuka Café di wilayah IKN. Café menjadi peluang bisnis menjanjikan di IKN. Mungkin saja para pekerja dan penduduk IKN membutuhkan tempat bersantai setelah mereka bekerja atau tempat yang bisa menjadi area untuk bersosialisasi bersama teman-teman. Café atau Coffee Shop menjadi area yang menjanjikan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan oleh Anda.

Pendidikan

Bisnis pendidikan menjadi salah satu peluang menjanjikan di IKN. Banyak orang tua pekerja yang akan membawa keluarga mereka ke IKN, tentu mereka membutuhkan sekolah maupun tempat kursus untuk anak-anak mereka.

Pendidikan akan menjadi sector yang akan menunjang pembangunan di IKN. Tentu, pihak swasta pun bisa menjadi bagian penting dari pendidikan di Indonesia yang cukup menarik. Sehingga bisnis ini bisa menjadi bisnis yang cukup penting untuk pengusaha yang mau membangun bisnis pendidikan di Indonesia.

Peluang Bisnis Kesehatan

Selain pendidikan, ada banyak peluang bisnis yang bisa dibuka di area IKN. Salah satunya adalah bisnis kesehatan. Bisnis kesehatan bukan saja Rumah Sakit, melainkan juga bagian penunjang dari kehidupan yang perlu dijalankan.

Anda bisa membuka bisnis Apotek, Klinik Kesehatan, Klinik Kecantikan, serta Salon yang mungkin masih menjadi peluang menarik untuk memulai bisnis di area IKN. Peluang bisnis kesehatan mungkin akan menjadi potensi yang besar bagi Anda.

Pusat Olahraga

Demi menunjang kesehatan dan tempat olahraga bagi warga di IKN, pelaung ini perlu dimanfaatkan oleh para pebisnisn untuk membuka bisnis pusat olahraga. Pusat olahraga bisa terdiri dari beberapa tempat olahraga, seperti :

  • Hall Futsal
  • Gor Badminton
  • Tempat Gym
  • Arena sepeda

Serta membuka sarana oalhraga lainnya yang mungkin bisa menunjang para warga IKN untuk berolahraga.

Pusat Grosir Sembako

Meskipun Warung-Warung modern sudah memiliki rencana untuk membuka cabang mereka di area IKN, pusat Grosir sembako bisa menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari peluang bisnis di IKN yang cukup menjanjikan.

Pusat Grosir Sembako menjadi bisnis untuk menunjang pengecer di area IKN maupun menjadi tempat belanja bulanan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingakn dengan minimarket modern. Anda bisa segera mencari tempat dan memulai bisnis grosir sembako yang cukup menjanjikan diarea IKN.

Baca Juga: Menggali Peluang Usaha Rumahan: 5 Ide Kreatif untuk Memulai Bisnis di Rumah Anda

Toko Pakaian

Peluang bisnis berikutnya yang bisa dijalankan di IKN adalah toko pakaian. Semua orang membutuhkan pakaian. Baik itu pakaian formal, pakaian sehari-hari, hingga pakaian untuk acara-acara khusus. Anda bisa membuka peluang ini untuk mendapatkan cuan yang menjanjikan.

IKN akan menjadi pusat Pemerintahan yang akan menunjang juga untuk kebutuhan-kebutuhan tersier seperti pakaian. Sehingga Anda bisa mencari Produsen yang bisa membantu Anda menyiapkan berbagai produk pakaian untuk dijual di IKN.

Konsep bisnis nya pun bisa Anda sesuaikan, Anda bisa berjualan online maupun offline di area IKN tersebut. Tentu agar bisa sukses dengan bisnis pakaian, Anda perlu mengikuti tren pakaian yang sedang berkembang saat ini.

Toko Mainan

Toko mainan bisa menjadi bisnis potensial yang bisa Anda mulai di IKN. Sebab, akan banyak orang tua pekerja yang akan pindah bersama dengan anak-anaknya ke IKN. Kepindahan mereka tentu tidak akan membawa banyak mainan-mainan anak-anak yang mereka miliki. Mungkin mereka akan membeli mainan baru di IKN untuk anak-anak.

Anda bisa mencoba untuk membuka toko mainan, karena akan banyak orang tua yang tentu akan membeli mainan untuk anak-anak mereka di IKN. Apa lagi jika memang mereka belum belanja mainan dalam jumlah yang besar tersebut.

Bisnis Furniture

Penduduk IKN merupakan penduduk Migrasi dari berbagai wilayah di Indonesia, jika mereka berasal dari luar Pulau Kalimantan, mungkin saja mereka pindah tanpa membawa furniture rumah mereka. Tentu, mereka akan membeli furniture di tempat tinggal baru tersebut.

Membuat peluang bisnis furniture menjadi salah satu peluang yang menjanjikan untuk Anda mulai. Apa lagi akan tumbuh banyak rumah-rumah baru hingga kantor-kantor baru yang sangat memerlukan furniture.

Toko Perabot

Terakhir, peluang bisnis yang mungkin bisa Anda jalankan di IKN adalah toko perabot. Perabotan rumah tangga akan menjadi barang-barang yang akan diincar oleh penduduk baru IKN. Toko perabotan menjadi toko pilihan untuk masyarakat berbelanja perabotan.

Terlebih pertumbuhan tempat tinggal secara masif akan mendorong masyarakat untuk membeli berbagai macam perabotan. Peluang bisnis ini tentu sangat menjanjikan bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis.

Sekarang, Anda sudah tahu ingin memulai bisnis apa di IKN ?

Jangan lupa saat bisnis untuk menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk kemudahan pencatatan keuangan. Accurate Online aplikasi akuntansi dengan beragam fitur yang membantu bisnis lebih maksimal mengelola transaksi.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Virtual Office Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Erapuji

Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda dengan Invoice Online

Faqih Jafar

12 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tahan lama

Miftah