fbpx

Pentingnya Laporan Laba Rugi Bagi Perusahaan

Apakah laporan keuanganmu sudah rapi?

Apakah kondisinya lebih baik dari tahun sebelumnya? Apakah justru lebih buruk karena lebih banyak hutangnya? Hasil dari financial check up dapat membantu kamu untuk membuat perencanaan, target dan resolusi apa saja yang bisa dilakukan di tahun mendatang.
Salah satunya adalah laporan Laba/Rugi (L/R) yang merupakan salah satu bentuk laporan keuangan yang paling sering dipakai.
Secara umum, pengertian Laporan laba rugi (Inggris : Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi tertentu yang menyajikan hubungan antara unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.
Setelah mengetahui posisi, L/R perusahaan dapat berguna untuk menjadi bahan evaluasi langkah-langkah manajemen perusahaan.
Laporan L/R memiliki 2 format, yaitu single step dan multiple step. Perbedaan utama dari kedua format ini adalah pada pengelompokkan laporan.

 

  • Laba Rugi Format Single Step¸

Pada Single Step pendapatan dan beban dimasukan dalam satu kelompok, kemudian hasil selisihnya akan menjadi laba bersih atau rugi bersih.

 

  • Laba Rugi Format Multiple Step¸

sementara pada multiple step, pendapatan dan beban dibedakan lagi menjadi pendapatan dan beban lain. Komponen utama yang harus ada dalam laporan L/R adalah total pendapatan, total beban, dan komponen L/R.

 

Fungsi lain Laporan Laba Rugi bagi perusahaan

  1. Mengetahui kinerja keuangan perusahaan
  2. Alat untuk memonitor kemajuan atau kemunduran keuangan perusahaan
  3. Laporan L/R bagi perusahaan adalah sebagai acuan dalam menghitung pajak perusahaan yang akan di tanggung
Jika Anda pengguna Accurate Accounting Software, Anda akan dimudahkan dalam pembuatan laporan Laba/Rugi serta dimanjakan dengan tambahan laporan L/R berbagai tipe, seperti:
  • Laporan laba/rugi Standar
  • Lapotan Laba/Rugi Multiperiode
  • Lapotan Laba/Rugi Perbandingan Periode
  • Lapotan Laba/Rugi Perbandingan Anggaran
  • Lapotan Laba/Rugi Departemen dan Project
  • Lapotan Laba/Rugi Departemen (perbandingan anggaran)
Di penghujung tahun 2018 ini semua perusahaan mulai membuat strategi dan target perusahaan untuk 1 tahun ke depan, jangan sampai Anda sebagai pebisnis masih belum mempunyai strategi bisnis untuk tahun depan. Mulailah benahi pembukuan manual ke pembukuan terkomputerisasi karena dengan pembukuan perusahaan yang rapi dan terkomputerisasi memudahkan Anda mencari data dan laporan yang dibutuhkan sebagai alat ukur kesehatan bisnis untuk membuat strategi dan rencana serta target perushaan ke depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *