fbpx

Pahami Laporan Neraca Agar Tahu Posisi Keuanganmu

Laporan Posisi Keuangan menjadi dasar perusahaan dalam menghasilkan keputusan bisnis. Jika sebuah perusahaan gagal dalam menyusun neraca, bisa dikatakan juga bahwa seluruh manajemen perusahaan itu turut gagal. Serem juga ya….
Nah apa dari kalian tahu apa itu neraca? Laporan neraca atau balance sheet itu merupakan bentuk laporan yang menggambarkan aset, kewajiban, dan modal dari suatu perusahaan.
Menurut James C. an Horne yang dikutip oleh Kasmir (2010) neraca Pada laporan neraca, berisikan kewajiban, aset, dan modal. Ketiga komponen ini memiliki persamaan:

Modal = Aset – kewajiban

Modal adalah sesuatu yang menyatakan kekayaan pemilik. Aset merupakan benda yang berwujud dan tidak berwujud yang mempunyai nilai uang yang akan mendatangkan manfaat di masa mendatang. Sedangkan kewajiban, seringkali disebut utang, adalah klaim para kreditur atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan (Joel J. Lerner, 2004).

Laporan neraca setidaknya mempunyai 2 bentuk yang sangat umum, yaitu bentuk skontro/horizontal dan bentuk laporan/vertical.

Neraca bentuk Skontro/Horizontal

Pada skontro/horizontal, laporan tersaji dalam dua sisi berupa sisi aktiva dan sisi kewajiban & modal atau pasiva.

Neraca bentuk laporan Vertical

Dalam bentuk vertical, perkiraan aktiva, utang/pasiva, dan modal disusun secara berurutan ke bawah.

Manfaat Laporan Neraca

Laporan neraca bermanfaat sebagai alat ukur untuk menganalisis pengaruh perubahan kondisi keuangan periodik, sebagai alat unuk menganalisis likuiditas suatu bisnis, dan sebagai alat untuk menganalisis solvabilitas suatu bisnis menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melunasi utang jangka pendek sebelum jatuh tempo.
Neraca atau balance sheet merupakan salah satu laporan keuangan yang terpenting bagi perusahaan. Setiap perusahaan diharuskan untuk menyajikan laporan keuangan dalam bentuk neraca. Neraca biasanya disusun pada periode tertentu, misalnya 1 tahun. Namun neraca juga dapat dibuat pada saat tertentu untuk mengetahui kondisi perusahaan saat ini bila diperlukan. Biasanya hal ini sering dilakukan pihak manajemen untuk dalam kondisi perusahaan pada saat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *