fbpx
skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Pentingnya Software Akuntansi Dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya Software Akuntansi dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya Software Akuntansi – Pemahaman akuntansi bagi kebanyakan orang mungkin hanya sekedar aritmatika yang dihubungkan dengan bisnis. Sementara untuk para pemilik bisnis pemula, mereka mengartikan akuntansi hanya sekadar pencatatan serta perhitungan pemasukan dan pengeluaran tiap transaksi yang ada dalam bisnis mereka.

Padahal, Akuntansi Lebih dari Itu.

Akuntansi memiliki peranan penting sebagai setiap pengambilan keputusan yang ada dalam sebuah bisnis. Akuntansi akan merekam semua data-data keuangan bisnis, lalu kemudian dilakukan analisa dan diinterpretasikan sehingga dapat dibuat penilaian mengenai kondisi keuangan dan profitabilitas dari operasional bisnis.

Akuntansi Tidaklah Mudah.

Dikarenakan fungsi yang vital tersebut, akuntansi memiliki proses yang cukup panjang hingga akhirnya menjadi “tidak mudah” bagi mereka yang tidak memiliki dasar akuntansi. Maka dari itu banyak dari pemilik bisnis yang memilih untuk menggunakan jasa akuntan dibandingkan melakukan akuntansi perusahaan mereka secara mandiri.

Namun setiap pemilik bisnis harus benar-benar jeli saat memilih jasa akuntan yang kredibel. Karena tidak jarang banyak pihak yang menawarkan jasa akuntansi bodong. Setiap pebisnis harus hati-hati akan hal tersebut.

Rahasia Para Akuntan

Dalam era industri 4.0 ini ada berbagai macam tools yang dapat digunakan untuk mempermudah kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan utama bisnis, akuntansi. Software akuntansi, salah satu rahasia besar yang digunakan oleh akuntan untuk memudahkan proses analisa suatu bisnis. Software akuntansi memudahkan pekerjaan akuntan dalam membuat laporan kondisi keuangan suatu bisnis yang sedang dianalisa.

Software Akuntansi Mempermudah Proses Akuntansi

Software akuntansi kini dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari akuntan, pebisnis pemula dan bahkan orang awam sekalipun. Karena software akuntansi dapat memperingkas proses akuntansi sehingga akuntansi dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga: 5 Proses Akuntansi untuk Bisnis Retail

Dalam 20 tahun terakhir ini Accurate Accounting Software membantu para pemilik bisnis ataupun akuntan dalam melakukan pembuatan laporan keuangan. Accurate telah dipercaya untuk melakukan pencatatan serta pembuatan laporan keuangan mulai dari bisnis retail kecil sampai dengan bisnis manufaktur besar.

Dalam 20 tahun ini Accurate telah membuktikan bahwa software akuntansi memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis.

Sebenarnya, apa sih yang membuat software akuntansi memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis?

Mempermudah Siklus Akuntansi

Akuntansi memiliki siklus yang sangat panjang dan rumit. Namun kehadiran software akuntansi. Pada umumnya akuntansi memiliki 8 tahapan siklus, namun dengan adanya software akuntansi, siklus tersebut dapat dipangkas hanya menjadi 2 siklus saja.

Baca Juga: 8 Siklus Akuntansi yang Harus Anda Ketahui 

Accurate Online, dapat membantu meringkas proses akuntansi menjadi 2 sklus saja:

  1. Input Transaksi Harian ke Accurate Online
  2. Cek laporan Keuangan Bisnis

Penghematan Biaya dan Waktu

Dengan menggunakan software akuntansi para pemilik bisnis tidak perlu lagi menyewa jasa akuntan yang biasanya tidak murah. Segala pekerjaan akuntansi sudah dapat dipindah alihkan ke software akuntansi. Sehingga dapat dilakukan penghematan biaya dan waktu dalam pengerjaan akuntansi bisnis.

Keamanan Data Terjamin

Penggunaan software akuntansi pada sebuah perusahaan sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan dalam server, namun tidak sedikit pula perusahaan yang memiliki server tersendiri sehingga software hanya digunakan untuk mengatur pembukuan saja.

Laporan Keuangan Menjadi Lebih Jelas

Isi laporan keuangan sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyusunnya secara manual, mulai dari membuat table di Microsoft Excel dan lain sebagainya. Dengan menggunakan software akuntansi, anda hanya tinggal memasukkan data ke dalam system saja kemudian jadilah laporan keuangan seperti yang diinginkan.

 

Setelah mengetahui betapa pentingnya software akuntansi untuk bisnis, sudah siapkah Anda sbegai seorang pemilik bisnis untuk beralih menggunakan software akuntansi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top