Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

Perbedaan Customer Experience dan Customer Service

Perbedaan customer experience dan customer service

Customer experience dan customer service merupakan bagian penting dalam perusahaan untuk mengoptimalkan konsumen terhadap bisnis. Kedua istilah tersebut saling berhubungan, namun bukan sesuatu yang sama. Perbedaan customer experience dan customer service cukup signifikan, sering sekali keduanya tertukar.

Baca terus artikel dari Abcsemanggi.com untuk mempelajari perbedaan diantara kedua istilah yang sebenarnya tidak dapat disamakan tersebut.

Customer Experience dan Manfaat

Customer experience adalah kesan atau persepsi yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu produk atau jasa setelah mereka menggunakannya. Mengutip dari Hubspot.com, pengalaman pelanggan adalah suatu yang menyenangkan bagi pelanggan saat mereka berinteraksi dengan brand.

Meliputi bagaimana pelanggan menemukan, meneliti, menggunakan produk hingga memberikan feedback kepada brand. Pada sisi ini, brand harus mampu memberikan konsep hubungan emosional antara pelanggan dengan produk.

Baca Juga: Transformasi Customer Service Menjadi Produk Unggulan: Melayani Lebih dari Sekadar Layanan

Customer experience akan berfokus pada memberikan kepuasan kepada seluruh customer yang sudah melakukan interaksi dengan brand. Membuat customer experience perlu dilakukan dengan lebih proaktif. Pastikan Anda bisa memahami kebutuhan pelanggan saat mereka berinteraksi dengan brand.

Adapun manfaat dari Customer experience:

  • Loyalitas pelanggan
  • Reputasi brand
  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan
  • Mengurangi biaya akuisisi pelanggan
  • Meningkatkan motivasi dan produktivitas
  • Daya saing bisnis
  • Peluang inovasi
  • Kemampuan adaptasi terhadap perubahan

Customer Service dan Manfaatnya

Setelah Anda mengetahui apa itu customer experience, kini Anda perlu mengetahui apa customer service? Customer service merupakan bagian terpenting dalam perusahaan untuk menjalin interaksi dengan konsumen. Peran Customer service adalah sebagai penghubung antara customer dengan brand.

Customer service harus bisa memberikan solusi kepada customer atas masalah yang mereka hadapi saat menggunakan produk atau jasa Anda. Tujuan dari customer service harus mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat customer service

  • Kepuasan pelanggan
  • Mendorong terjadinya penjualan
  • Menciptakan pencitraan bisnis
  • Analisis kebutuhan pelanggan

Perbedaan Customer Experience dan Customer Service

Customer service dan customer experience sering digunakan secara bergantian, namun keduanya memiliki makna yang berbeda. Berikut adalah penjelasan tentang perbedaan utama customer experience dan customer service.

Customer Experience

Fokus pada keseluruhan pengalaman: customer experience berfokus pada keseluruhan pengalaman pelanggan dengan perusahaan, dari awal hingga akhir. Customer experience bersifat proaktif, artinya perusahaan berusaha untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan sebelum mereka muncul.

Tujuan utama customer experience adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Customer experience berfokus pada pengalaman pelanggan secara keseluruhan dan berusaha untuk menciptakan pengalaman yang positif dan berkesan di setiap titik kontak.

Pada umumnya customer experience akan berpengaruh dari strategi marketing dan branding produk atau jasa yang perlu dilakukan.

Customer Service

Fokus pada interaksi individu: Customer service berfokus pada interaksi individual antara perusahaan dan pelanggan untuk menyelesaikan masalah atau pertanyaan spesifik. Customer service biasanya bersifat reaktif, artinya layanan diberikan sebagai respons terhadap inisiatif pelanggan, seperti keluhan, pertanyaan, atau permintaan.

Tujuan utama customer service adalah untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. Service biasanya berfokus pada interaksi saat ini dan tidak mempertimbangkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Sehingga saat itu customer menghubungi customer service, saat itu juga pelanggan ingin mendapatkan jawaban dari keluhan dan pertanyaan mereka.

Baca Juga: 3 Tips Manfaatkan Customer Service untuk Bikin Penjualan Makin Tokcer!

Kesimpulan

Customer service adalah bagian penting dari customer experience, tetapi tidak sama. Customer service berfokus pada interaksi individu dan penyelesaian masalah, sedangkan customer experience berfokus pada keseluruhan pengalaman pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Kedua aspek ini penting untuk menciptakan pelanggan yang puas dan loyal.

Pada hakikatnya, keduanya memiliki peran, tugas, dan manfaatnya masing-masing. Sangat penting untuk dimaksimalkan oleh setiap perusahaan. Pastikan Anda mampu membuat strategi yang mampu memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan Anda.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Memahami Esensi Gudang: 8 Jenis dan Fungsi Gudang untuk Bisnis

Faqih Jafar

Menggiurkan! Cara Memulai Bisnis Fashion Muslim

ademuthia

Strategi Offensive Marketing: Mengambil Alih Posisi Market Leader

Agung