25.8 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Terhadap Keuangan Anda

Dalam konsep ekonomi, mungkin Anda sering mendengar istilah kebutuhan dan keinginan. Lalu apakah perbedaanya? Perlu diketahui bahwa kebutuhan dan keinginan merupakan tingkatan terhadap pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Dengan adanya kedua hal tersebut, maka banyak orang melakukan bisnis. Mungkin kita juga mendengar bahwa sebaiknya keinginan itu ditahan, dan selalu mendahulukan kebutuhan. Namun, dalam praktiknya, tidak selalu begitu.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Agar Anda tidak merasa bingung tentang apa yang dimaksud keinginan dan kebutuhan? Mari kita lihat perbedaanya berikut ini:

Keinginan merupakan segala bentuk kebutuhan yang berlebih terhadap barang dan jasa, yang selalu ingin dipenuhi oleh hampir semua manusia. Keinginan ini sifatnya lebih mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera dipenuhi. Biasanya, keinginan juga bersifat tambahan, yang bisa dipenuhi saat kebutuhan pokok sudah terpenuhi.

Kebutuhan merupakan semua bentuk barang dan jasa yang memang dibutuhkan manusia, untuk menunjang segala aktifitas di kehidupan sehari-seharinya. Sebab itu, kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan harian kita.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Waktu sangat berpengaruh terhadap kebutuhan yang muncul saat ini. Kebutuhan merupakan salah satu yang tidak bisa ditunda. Beberapa contoh nyatanya seperti menjalani operasi untuk kesehatan dan terbebas dari penyakit dan pengobatan setelah terjadi kecelakaan.

Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan terbagi menjadi jasmani dan rohani. Jasmani merupakan kebutuhan untuk menjaga fisik dengan melakukan olahraga dan istirahat. Sedangkan rohani adalah keperluan untuk pemenuhan jiwa seperti hiburan, rekreasi dan beribadah.

Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Ada dua poin yaitu kebutuhan kelompok dan individu. Kebutuhan individu hanya untuk perseorangan, seperti seorang direktur yang butuh seorang sekretaris dalam pekerjaanya. Sedangkan kebutuhan kelompok lebih mengarah pada kepentingan masyrakat seperti adanya angkutan umum, rumah sakit, pasar dan lain sebagainya.

Apa Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Setelah mengetahui beberapa definisi dari keduanya, berikut ini akan dijelaskan apa perbedaan Antara kebutuhan dan keinginan:

 

 

 

Perbedaan Kebutuhan Keinginan
Sifat Objektif / mengikat Subjektif / tidak harus
 Dampak yang diinginkan Manfaat Kepuasan
Yang dijadikan tolak ukur Fungsi Selera

 

Dengan melihat tabel di atas, kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dimiliki manusia, sebab manusia memang memerlukanya dan sangat urgensi. Kita bisa melihat bahwa keinginan biasanya bersifat subjektif, dimana tidak terlalu berpengaruh bagi seseorang. Meski begitu, keinginan sifatnya kepuasan dan hanya untuk menyesuaikan selera individu masing-masing.

Lalu bagaimana perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam dunia bisnis? Perananya tentu sangat penting. Seperti seseorang yang memperluas bisnisnya merupakan keinginan dari pebisnis itu sendiri. Namun, untuk mewujudkanya, harus didukung oleh pemenuhan kebutuhan terlebih dulu seperti peningkatan mutu, hingga tambahan karyawan.

 

Sumber : Sugi Priharto

 

 

Related posts

8 Tips dan Cara Mengurangi Biaya Overhead di Bisnis Manufaktur Anda

Wida

Cara Memecahkan 6 Masalah Umum pada Arus Kas Bisnis

Miftah

Cara Membuat Email Bisnis yang Baik dan Benar

Wida