25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Perbedaan Manajemen Persediaan dan Manajemen Gudang

Banyak orang yang masih salah mengartikan manajemen persediaan dan manajemen gudang. Masih banyak yang beranggapan bahwa kedua hal ini adalah sesuatu yang sama. Meskipun kedua-duanya sering digunakan oleh banyak perusahaan industri manufaktur dan distribusi secara bersamaan dan memiliki banyak kesamaan, namun tetap saja, ada banyak perbedaan mencolok antara manajemen gudang dan sistem manajemen persediaan.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, Anda harus menyadari dan memahami perbedaan antara kedua hal ini. Menggunakan jenis sistem manajemen yang tepat untuk digunakan dalam memantau persediaan dapat meningkatkan profitabilitas dan efisiensi perusahaan Anda. Dan disni kita akan membahas perbedaan dari dua hal berikut.

Apa itu Manajemen Persediaan?

Manajemen persediaan adalah kumpulan proses yang berhubungan dengan manajemen rantai pasok, perkiraan permintaan (Demand forecasting), mengontrol inventaris, dan reverse logistics. Manajemen persediaan adalah bagian atau tahap pertama yang diambil sebelum menjalankan manajemen gudang.

Hal yang termasuk dalam manajemen persediaan adalah seperti persediaan pengaman (safety stok), Economic Order Quantity (EQQ), biaya produksi barang, perputaran persediaan, inventaris yang dikelola pelanggan, dan juga inventaris yang dikelola vendor. Tingkat manajemen persediaan yang diperlukan tergantung pada jenis dan besaran industri, tetapi sebagian besar konsepnya tetap sama. Untuk usaha kecil, manajemen persediaan akan berjalan efektif ketika perusahaan memahami semuanya secara mendetail.

Apa itu Manajemen Gudang?

Disisi lain, manajemen gudang bertujuan untuk mengontrol penyimpanan, stok, dan perputaran produk juga bahan baku di dalam gudang. Atau bisa diartikan manajemen gudang sendiri yaitu suatu tatanan untuk mengelola pergudangan dan pendistribusian barang-barang agar barang yang tersimpan tetap dalam keadaan baik dan didistribusikan kepada para konsumen atau vendor pada waktu, spesifikasi, dan jumlah yang tepat.

Adapun yang termasuk pada ruang lingkup pergudangan yaitu:

  1. Manajemen pergudangan sebagai fungsi penerimaan barang
  2. Manajemen pergudangan sebagai fungsi penyimpanan barang
  3. Manajemen pergudangan sebagai fungsi pengeluaran barang

Kesamaan Antara Manajemen Persediaan dan Manajemen Gudang

Kedua sistem manajemen ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan aplikasi pencatatan untuk melacak bagian dan produk di dalam gudang, memantau tingkat produk, memilih, mengemas, dan mengirimkan barang, menempatkannya ke lokasi yang sesuai, menerima pesanan, dan melakukan stok opname. Perusahaan juga dapat  mengintegrasikan manajemen persediaan dengan manajemen gudang melalui software yang tepat untuk mendapatkan manfaat karena mengetahui bahwa seluruh gudang mereka sudah dikelola dengan baik.

Perbedaan Manajemen Persediaan dan Manajemen Gudang

Ada banyak perbedaan penting dalam hal manajemen persediaan dan manajemen gudang . Perbedaan yang paling mencolok antara manajemen persediaan dan sistem manajemen gudang adalah kompleksitasnya. Sistem manajemen persediaan mengambil pendekatan yang lebih sederhana dengan memberikan Anda jumlah total persediaan di satu lokasi tertentu sedangkan sistem manajemen gudang cenderung lebih rumit dan membagi gudang menjadi beberapa kompartemen dan bagian. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki banyak gudang?

Di bawah ini adalah beberapa poin yang membedakan kedua sistem tersebut:

Kompleksitas

Sistem manajemen persediaan biasanya lebih sederhana karena menunjukkan jumlah total stok produk atau bahan untuk setiap lokasi penyimpanan tertentu. Sistem manajemen gudang sedikit lebih kompleks, sistem ini memungkinkan perusahaan mengelola seluruh sistem penyimpanan di dalam seluruh gudang. Jika sebuah gudang memiliki beberapa bagian penyimpanan dari produk yang sama, sistem manajemen gudang membantu mengelola semuanya, disisi lain sistem manajemen inventaris hanya akan dapat memberikan informasi tentang berapa banyak produk tertentu yang ada.

Integrasi

Manajemen persediaan biasanya merupakan langkah pertama dalam semua proses yang terjadi di dalam gudang. Namun, manajemen gudang lebih terkait dengan aspek lain dari keseluruhan sistem manajemen yang berhubungan dengan pasokan produksi, penjualan dan distribusi, dan manajemen kualitas. Ini merupakan bagian integral dari operasi yang sedang berlangsung.

Kontrol

Dengan manajemen persediaan, perusahaan dapat mengetahui bahwa mereka memiliki produk tertentu dalam stok dan kuantitasnya. Sedangkan untuk manajemen gudang, sistem ini memungkinkan perusahaan untuk menemukan lokasi tertentu di mana persediaan ditempatkan. Sistem manajemen gudang memberikan  lebih banyak kontrol atas operasi yang terjadi. Dikarenakan sistem ini berisikan lebih banyak informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya.

Pada dasarnya akan lebih baik jika Anda memadukan dan mengintegrasikan kedua sistem manajemen ini dalam pemasalahan pemantauan stok dan pergudangan Anda. Seperti yang kami bilang sebelumnya Anda bisa menngunakan software yang tepat untuk meningkatkan profitbilitas dan juga efisiensi usaha yang sedang Anda jalani. Anda bisa menggunakan Accurate online, software pencatatan keuangan yang sekaligus memiliki banyak fitur yang bisa memantau stok Anda dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya pemantauan stok dalam satu gudang, dengan fitur multi warehouse Anda bisa memantau ketersediaan barang Anda hanya dalam genggaman Anda. Jadi tunggu apalagi?

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

15 Tips Terbaik Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi untuk Pembukuan Bisnis Anda

Eri Katsir

Para Pengusaha Ini Dia 5 Alasan Wajib Memahami Ilmu Akuntansi Untuk Bisnis

Miftah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Eri Katsir