29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Sebenarnya Ada berapa Jenis Konsultan Bisnis yang Kita Butuhkan?

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan saat kita mulai menjalankan bisnis mulai dari perencanaan, infrastruktur, pemasaran, keuangan bisnis, SDM dan lain sebagainya. Tentunya dalam bisnis hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh kita seorang diri. Biasanya untuk para pebisnis pemula akan menggunakan jasa konsultan untuk memberikan performa terbaik saat menjalankan hal vital dalam bisnis kita.

 

Jenis-Jenis Konsultan Bisnis

Konsultan Strategi dan Perencanaan

Sebelum meluncurkan produk/jasa hingga kemudian dipasarkan. Perusahaan atau pebisnis harus membuat rencana yang mencakup segala aspek, mulai dari ide/gagasan, proses produksi, siapa saja yang menangani, berapa alat yang dibutuhkan, keuangan, bagaimana pemasarannya, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Keuntungan Besar Menggunakan Konsultan Bisnis di Tengah Pandemi Corona

Dalam perencanaan pula perusahaan memikirkan solusi atas risiko-risiko yang nanti mungkin saja dihadapi. Maka, tugas dari konsultan bisnis yang bergerak di bidang ini adalah memberikan strategi bagaimana perusahaan memulai, melaksanakan sampai tetap bertahan di tengah kompetisi ketat. Mereka juga akan mencarikan jalan keluar serta pemikiran matang yang mudah diaplikasikan.

Konsultan Pemasaran

Marketing atau pemasaran merupakan bagian penting dari jalannya usaha. Tanpa promosi, maka produk/jasa tidak akan dikenal luas oleh calon konsumen. Dampaknya pada pendapatan dan keuntungan perusahaan yang tidak memenuhi target, sehingga bisa saja berujung pada kerugian.

Terlebih pula banyaknya kompetitor membuat pelaku bisnis berbondong-bondong mencoba sistem pemasaran baru yang lebih menarik dan mudah diterima oleh masyarakat. Segala kendala yang berhubungan dengan pemasaran bisa diatasi oleh consultant business yang bergerak bidang ini. Biasanya mereka akan memberikan saran berbeda dari perspektif luar, namun juga menurut survey di lapangan.

Konsultan SDM

Human Resource Consulting masuk dalam core bisnis. Ialah konsultan sumber daya manusia yang memfokuskan pada pemaksimalan SDM pada suatu perusahaan.

Pada dasarnya bisnis dijalankan oleh sekelompok orang. Mereka ditugaskan pada masing-masing bidang berbeda sesuai dengan keahliannya. Sukses tidaknya usaha juga tergantung dari bagaimana manusianya mengelola dan saling bekerja sama.

Salah satu upaya bisnis konsultan di bidang ini yakni menempatkan orang-orang tepat pada posisi yang seharusnya. Mereka juga membantu dalam recruitment sebagai upaya untuk menemukan SDM baru sesuai skill demi mendukung kesuksesan suatu perusahaan.

Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan adalah, merupakan orang yang ahli di bidang keuangan dalam mengurus arus kas masuk dan keluar guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tidak hanya itu, ibarat seorang dokter yang memeriksa pasiennya, seorang konsultan keuangan juga harus dapat membantu mendeteksi kesehatan keuangan para kliennya, termasuk memberikan solusi mengenai masalah keuangan yang mereka alami.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Konsultan Keuangan untuk Bisnis Kita?

Karena itu, fungsi dari pekerjaan ini adalah untuk membantu klien mencapai target yang diharapkan, baik berupa saran pembelian aset investasi, memberikan gambaran situasi makro pada klien, mempersiapkan masa tua yang bebas dari hutang, hidup sejahtera, dan mengajari pengelolaan keuangan yang baik.

accurate online psbb

Related posts

5 Cara Mudah Mengelola Stok Barang Usaha Anda

ademuthia

Hati-Hati, 5 Sebab Gagalnya Bisnis Reseller

admin

Accurate Online x iSeller Solusi Cerdas untuk Bisnis di Tengah Pandemi

admin

Leave a Comment