25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Perlukah Menggunakan Konsultan Keuangan untuk Bisnis Kita?

Konsultan keuangan bisnis – Pengelolaan keuangan bisnis menjadi salah satu hal penting saat kita menjalankan sebuah bisnis. Namun sayangnya tidak setiap pebisnis memahami bahwa pengelolaan keuangan bisnis menjadi salah satu jantung kehidupan dalam bisnis mereka. Alhasil banyak bisnis yang terpaksa gulung tikar karena pengelolaan keuangan bisnis mereka berantakan.

Baca Juga: Accurate Online Bantu Keuangan Bisnis Bengkel Sepeda

Konsultan keuangan adalah, merupakan orang yang ahli di bidang keuangan dalam mengurus arus kas masuk dan keluar guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tidak hanya itu, ibarat seorang dokter yang memeriksa pasiennya, seorang konsultan keuangan juga harus dapat membantu mendeteksi kesehatan keuangan para kliennya, termasuk memberikan solusi mengenai masalah keuangan yang mereka alami.

Karena itu, fungsi dari pekerjaan ini adalah untuk membantu klien mencapai target yang diharapkan, baik berupa saran pembelian aset investasi, memberikan gambaran situasi makro pada klien, mempersiapkan masa tua yang bebas dari hutang, hidup sejahtera, dan mengajari pengelolaan keuangan yang baik.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus dikuasai oleh Konsultan Keuangan?

Apa yang Dilakukan oleh Konsultan Keuangan Bisnis?

Menurut Grapadigroup.com, ada beberapa hal yang dikerjakan oleh konsultan keuangan bisnis. Diantaranya: 

  1. Membantu proses pembuatan rencana bisnis dan juga kondisi keuangan perusahaan pada setiap tahunnya. Selain itu, juga memantau dan memberikan evaluasi pada implementasi rencana bisnis dan keuangan perusahaan yang sudah dilakukan sebelumnya.
  2. Membuat laporan analisis studi kelayakan dan juga rencana pengembangan bisnis dengan harapan dapat meningkatkan peluang dan skala bisnis.
  3. Membuat, memantau, membeikan evaluasi dan menganalisis semua penerapan pengelolaan perusahaan, untuk mewujudkan perusahaan bisnis yang sehat. Baik secara finansial, etika bisnis, serta budaya kerja uang produktif dan kondusif.

Bagaimana Cara Memilih Konsultan Keuangan yang Sesuai?

Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Menggunakan jasa konsultan keuangan tidak berarti menyerahkan seluruh pekerjaan keuangan kepada konsultan keuangan. Sebelum menggunakan jasa konsultan keuangan, kita harus mengetahui lebih dulu kebutuhan keuangan dan tentukan tujuan penggunaannya. Sebab dari sini kita dapat memilih konsultan yang memiliki spesifikasi sesuai.

Perhatikan Sertifikat yang Dimiliki

Dalam menjalankan tugasnya, biasanya seorang konsultan keuangan sudah memiliki sertifikat dari suatu lembaga keuangan. Karena itulah, pilihlah konsultan keuangan yang mendapat sertifikat dari lembaga terpercaya.

Lakukan Wawancara Singkat

Sebelum menjalin kerjasama dengan seorang konsultan keuangan, janganlah ragu untuk melakukan wawancara dengannya. Dari hasil wawancara ini, dia akan memberikan jawaban yang mungkin bisa memberikan gambaran apakah dirinya tepat atau tidak dijadikan perencana keuangan bisnis kita.

Lalu, pertanyaan apa yang harus diajukan saat melakukan wawancara singkat dengan calon konsultan keuangan? Simak di sini:

Related posts

3 Tantangan Saat Memulai Bisnis Laundry

ademuthia

Bagaimana Accurate Online Dapat Membantu Operasional Perusahaan

ademuthia

Tahu Bulat, Masihkah Jadi Bisnis dengan Prospek yang Menjanjikan?

ademuthia

Leave a Comment