fbpx
skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Kok Susah Banget Sih Cari Kerja?

Kok Susah Banget Sih Cari Kerja?

“Duh cari kerjaan susah ya?”

“Udah coba kirim lamaran sana-sini gak ada yang dipanggil”

“Harus ngelamar kerja kemana lagi ya?”

 

Kurang lebih hal-hal di atas adalah hal yang dirasakan oleh kurang lebih 7,05 Juta orang yang menjadi pengangguran di Indonesia per-Agustus 2019 menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia.

Menurut Kepala BPS, Suhariyanto menjelaskan jumlah tenaga kerja pada sejumlah sektor mengalami penurunan, terutama pada sektor pertanian yang turun 1,12 juta atau 1,46%. Selain itu, menurut dia, terdapat penurunan tenaga kerja pada sektor jasa keuangan dan pertambangan, tetapi jumlahnya tak terlalu signifikan.

 

Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia disebut bisa berpotensi menjadi bom waktu di tengah ancaman resesi ekonomi dunia. Dengan populasi terbesar keempat di dunia dan jumlah penduduk usia produktif tinggi, pengangguran yang tinggi, bisa menjadi penghambat pemanfaatan bonus demografi.

Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Bob Azam, berpendapat pemerintah perlu memperhatikan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi terhadap sektor tenaga kerja di Indonesia.

Kualitas SDM Usia Kerja

Ia berpendapat kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia sebenarnya sudah siap untuk memasuki era digital. Hanya saja, ia berharap jumlah SDM yang ahli atau yang memiliki akademik PhD masih perlu lebih ditingkatkan lagi.

Ia mengapresiasi langkah pemerintah yang menggencarkan program pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Namun, lanjutnya, pemerintah juga perlu memperhatikan sektor yang berkaitan dengan industri teknologi dan inovasi.

 

Namun, Apakah benar karena 2 faktor tersebut jumlah pengagguran tidak kunjung turun? Ternyata tidak. Ada beberapa faktor internal yang harus dievaluasi dari dalam diri pelamar kerja, ingin tahu apa saja?

Kurangnya Network

Dilansir dari Viva.co.id, Selain melalui media sosial atau internet, informasi lowongan kerja biasanya disampaikan dari mulut ke mulut, seperti oleh karyawan, manajer, atau CEO di perusahaan. Jika kamu kekurangan jaringan (networking), informasi lowongan kerja yang didapat semakin minim, sehingga kesempatan berkarier semakin kecil. Untuk itu, perluas networking ksmu, baik dengan orang-orang yang sudah dikenal maupun tidak dikenal.

Sebab, sebuah kesuksesan terkadang malah datang dari orang-orang yang tidak dikenal sebelumnya. Jadi, bertemanlah dengan siapa saja.

CV yang Kurang Menarik

Sementara menurut Ekrut.com, Bisa dibilang CV merupakan pintu masuk untuk lamaran pekerjaan. Bayangkan saja bila CV-mu hanya berisi informasi seadanya dan tak memberikan gambaran jelas mengenai pendidikan serta kemampuanmu, kemungkinan besar perusahaan tidak akan tertarik untuk memanggilmu.

Selalu memperbaiki CV-mu dengan informasi pengalaman kerja atau kemampuan terbaru dapat memperbesar peluang kamu untuk lolos ke tahap wawancara . Pikirkan juga tentang kemampuan apa yang sebaiknya kamu tekankan yang sekiranya sesuai dengan kriteria perusahaan yang kamu tuju. Begitu juga dengan prestasi yang telah kamu capai.

Bentuk CV yang sudah ketinggalan zaman juga bisa menjadi salah satu alasannya. Jika kamu ingin dilirik oleh perusahaan, buatlah CV yang menarik. Jika kamu masih bingung, saat ini sudah  terdapat banyak situs yang menyediakan contoh CV, maupun resume. Kamu bisa mempelajarinya dari sana dan menentukan bentuk CV yang tepat untukmu.

Tidak Mencari Informasi Tentang Perusahaan Saat akan Melamar Kerja

Mamikos.com juga membongkar salah satu hal fatal yang membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan adalah karena mereka tidak mencari informasi tentang perusahan saat wawancara. Saat CV dianggap menarik kemudian kamu dipanggil untuk wawancara, kamu wajib banget untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang seluk-beluk perusahaan yang kamu datangi. Jangan sampai saat ditanya oleh interviewer “Apa yang Anda tahu mengenai perusahaan kami?” , kamu tidak bisa menjawab dan hanya bengong. Ini fatal banget. Dijamin kamu gak bakal lolos wawancara kalau pertanyaan dasar ini gak bisa kamu jawab. Kalau kamu sudah melakukan pencarian informasi tentang perusahaan, meski hanya sedikit, kamu akan terlihat lebih siap dan pewawancara akan melihat bahwa punya ketertarikan yang besar akan perusahaan dan sungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Pilihan Pekerjaan yang Tidak Sesuai dengan Keahlian

Ketidaksesuaian antara keahlian diri dan pekerjaan yang diinginkan kerap terjadi. Perusahaan tidak akan melirik kandidat yang dinilai kurang kompeten atau tidak sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Pihak perusahaan merasa bahwa mereka akan dirugikan. Pasalnya, mereka harus meluangkan waktu untuk mengajarkan keahlian yang dibutuhkan sehingga keefektifan produktivitas kerja akan menurun. Karena itu, kamu perlu mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensimu agar tidak kecewa

Kurang lebih itulah penyebab mengapa kamu selalu merasa kesusahan untuk mencari pekerjaan baru. Segera upgrade dirimu dan cari pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu ya!

 

Accurate Digital Partner, salah satu peluang kerja dan bisnis untuk kamu yang berasal dari background Pendidikan apapun. Dengan menjadi Accurate Digital Partner kamu akan mendapatkan pengalaman kerja yang luar biasa! Waktu kerja yang fleksibel, income yang tak terbatas sesuai dengan kegigihan kamu dalam bekerja. Pokoknya jam kerja dan “gaji” semua kamu yang tentukan.

 

Penasaran? Yuk simak cerita rekan Accurate Digital Partner yang satu ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top