33.8 C
Jakarta
May 18, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

Tips dan Trik Menjadi Wirausaha Sukses

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi wirausaha sukses adalah impian banyak orang yang telah memulai bisnis mereka. Namun, sebagian besar dari para pengusaha gagal dalam menjalankan bisnis. Mereka terlalu ambisius hanya mengejar keuntungan saja. Tetapi menjadi pengusaha sukses bukan berarti hanya dengan mendapatkan banyak penjualan.

Pengertian Wirausaha

Dalam bahasa Inggris wirausaha dikenal sebagai kata entrepreneurship. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, wirausaha merupakan penggabungan kata ‘wira’ dan ‘usaha’. Wira memiliki arti pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung dan gagah berani. Sedangkan, usaha artinya adalah suatu amalan atau perbuatan; melakukan sesuatu atau bekerja.

Dengan kata lain, wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dan keberanian untuk menciptakan lapangan usaha dengan menciptakan produk atau usaha sendiri mulai dari proses identifikasi, pengembangan, pengelolaan, sampai pada visi ke depan yang akan dicapai.

Di sisi lain, menurut beberapa ahli, wirausaha didefinisikan sebagai kegiatan yang menciptakan peluang-peluang di dalam sistem ekonomi yang memanfaatkan dari kondisi sekitar. Seperti yang disebutkan oleh Harvey Leibenstein (1968, 1979) yang mendefinisikan bahwa kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas atau komponen fungsi produksinya belum diketahui secara sepenuhnya.

Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata wirausaha sering disamakan dengan kata wiraswasta. Namun, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan dalam aktivitas dan perannya. Seseorang akan dikatakan berwirausaha jika sudah memiliki bisnis atau usaha sendiri.

Sedangkan berwiraswasta, memiliki bisnis atau produk sendiri tidak menjadi suatu keharusan. Bisa dengan cara bekerja dengan orang lain atau membangun perusahaan yang dimiliki oleh orang lain. Selanjutnya, orang yang berwirausaha biasanya akan disebut sebagai pengusaha.

Karakteristik Wirausaha?

Untuk menjadi wirausaha sukses tentu memiliki karakter yang tidak biasa, sehingga seseorang bisa dikatakan sebagai pengusaha. Berikut adalah beberapa karakteristik yang menonjol yang ada pada para pengusaha secara umum:

1. Pandai Melihat Peluang

Setiap orang memiliki lingkungan dan rutinitas masing-masing setiap harinya. Dengan kegiatan yang terus berulang, sebagian besar orang akan merasa jenuh atau stagnan. Tapi tidak dengan seseorang yang memiliki mental pengusaha. Justru dengan kondisi dan keadaan tersebut, seorang pengusaha akan mampu melihat peluang mana yang akan dibidik sebagai ladangnya untuk menghasilkan.

Sebagai contoh, ide ojek online awalnya muncul dari banyaknya keluhan para pengguna jalanan atas kemacetan setiap harinya. Kenyataan ini diperparah dengan kondisi alat transportasi di kota-kota besar yang kurang layak. Bagi kebanyakan orang, kondisi ini merupakan hal yang membosankan bahkan cenderung menjengkelkan. Namun, bagi perusahaan transportasi online saat ini, kondisi tersebut adalah peluang. Dengan target market nya adalah para pengguna jalan yang jumlahnya tidak terbatas.

2. Aktif dan Kreatif

Selain pandai menangkap peluang seorang pengusaha juga harus memiliki jiwa yang aktif dan kreatif. Aktif disini yaitu dengan menggali berbagai informasi dan networking yang dibutuhkan untuk mendukung ide dari peluang yang sudah ada.

Dari informasi yang didapatkan selanjutnya bisa dikembangkan lagi dan diolah menjadi inovasi. Dalam tahap inovasi ini sangat diperlukan kreatifitas dari pengusaha untuk menciptakan peluang usaha ke depannya.

3. Berani Dalam Mengambil Risiko

Menjadi Wirausaha Sukses
Source: Inc.com

Menjadi wirausaha sukses berarti Anda harus berani dalam mengambil risiko atas keputusan ada, meskipun keputusan itu mungkin saja cukup berat. Semua perhitungan dan hasil analisa sebelumnya akan menjadi sia-sia jika peluang yang sudah ada, tidak diambil dan malah cenderung diabaikan.

Inilah salah satu ciri yang paling menonjol antara pengusaha dengan pegawai. Para pengusaha akan berani dalam mengambil keputusan untuk kemajuan usahanya. Akan berbeda dengan orang dengan mental pegawai yang cenderung takut untuk mengambil risiko apalagi yang akan mendatangkan kerugian untuk dirinya.

4. Berjiwa Pemimpin

Menjadi pengusaha berarti juga akan menjadi pemimpin atas usaha dan bisnisnya. Memiliki sebuah perusahaan, nantinya akan melibatkan beberapa proses yang berhubungan dengan banyak orang. Disini, jiwa kepemimpinan akan berperan. Dari bagaimana cara berurusan dengan berbagai individu atau kelompok yang berbeda, sampai dengan pengambilan keputusan.

5. Memiliki Visi Jangka Panjang

Biasanya seorang pengusaha dengan jiwa kepemimpinan yang bagus akan memiliki visi yang lebih mulia disamping untuk menghasilkan pendapatan yang besar. Salah satunya dengan membantu dan mendorong orang lain untuk terus maju dan berkembang.

Dengan menularkan jiwa wirausaha dan kepemimpinan yang ia miliki akan memunculkan rasa senang dan kepuasan tersendiri jika ikut terlibat dalam kemajuan pribadi orang lain. Di samping itu, sedikit banyak hal tersebut bisa membantu kelancaran usahanya di masa yang mendatang. Misalnya, seseorang yang sudah dibantu menemukan jiwa wirausahanya ternyata bisa menjadi partner vendor atau mitra perusahaan di masa mendatang.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha berarti juga harus siap dengan segala kemungkinan dan risiko di kemudian hari. Hal tersebut dikarenakan akan banyak faktor yang terlibat dalam berlangsungnya sebuah usaha, seperti pengaturan produksi, manajemen internal bisnis pemasaran, sampai pada pengelolaan keuangan.

Untuk itu perlu cara atau strategi untuk bisa meminimalisir risiko dalam bisnisnya. Berikut tips dan trik yang akan berguna untuk menjadi pengusaha sukses:

1. Memiliki Karakteristik Pengusaha

Hal utama yang perlu dimiliki untuk menjadi pengusaha adalah dengan memiliki karekteristiknya. Setiap karakteristik dari seorang pengusaha memiliki peran tersendiri. Satu dengan yang lainnya antara masing-masing karakter saling berkaitan. Oleh karenanya, untuk menjadi seorang pengusaha, hal pertama yang harus dimiliki adalah memiliki karakteristik itu sendiri.

2. Memiliki Kemauan yang Tinggi

Kebanyakan orang berpikir untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah harus memiliki modal uang yang besar. Padahal, modal tidak harus dinilai dengan seberapa besar uang yang dimiliki. Kemauan dan tekad yang kuat, justru adalah modal lain untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Hal tersebut yang nantinya akan membuka jalan lain untuk keberhasilan usaha. Ketika kemauan sudah besar, maka satu per satu rintangan dan masalah pun akan menemukan solusinya.

3. Membangun Networking

Membangun Networking
Source: Uschamber.com

Modal lain yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha adalah dengan menjalin networking dengan siapa pun terutama yang bisa membantu berkembangnya usaha. Dari jejaring teman maupun mitra diharapkan akan memunculkan ide atau gagasan lain sebagai solusi atas hambatan dalam merintis usaha. Dengan terus memperbanyak networking akan menambah lagi ilmu baru dan memperbesar kemungkinan usahanya untuk terus tumbuh dan berkembang.

4. Menambah Wawasan dan Skill

Hal lain yang perlu dipersiapkan untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan memantaskan diri melalui skill dan wawasan. Memperbanyak skill disini bisa melalui mengikuti beberapa training terkait wirausaha seperti pelatihan manajemen usaha yang baik, pengelolaan sumber daya yang benar, cara melatih leadership, dll. Intinya, setiap pelatihan yang diikuti nantinya bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sebagai seorang pengusaha untuk lebih baik. Dengan begitu, kesuksesan menjadi seorang pengusaha pun bisa mengikuti seiring dengan usaha dan upaya yang kita lakukan.

Nah, itulah tips dan trik untuk menjadi wirausaha sukses. Dengan kata lain, menjadi wirausaha memerlukan tekad yang kuat dari dalam diri sendiri. Namun, selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kesuksesan menjadi pengusaha.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Memastikan Kesuksesan Bisnis: Strategi Marketing Jangka Panjang

Agung

Faktor Pendorong UMKM Sebagai Pembuka Lapangan Kerja

Agung

Tertarik Berbisnis Baju Bekas Preloved? Perhatikan 10 Tips Ini

Miftah