27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Tips Membangun Bisnis Franchise Makanan yang Menguntungkan

Franchise makanan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, perdagangan model begini tidak ditentukan oleh cuaca, sehingga aktivitasnya bisa dilakukan kapan saja.

Sekalipun begitu, pemasaran untuk franchise model begini lebih berat dibandingkan berdagang produk yang lain. Karena jika strategi marketing gagal, bisa jadi makanan menjadi basi.

Artinya, pedagang akan mendapatkan kerugian yang besar. Atas dasar itu, berikut kami jelaskan tips usaha franchise makanan yang menguntungkan serta meminimalkan kerugian, yaitu:

1. Pilih Waralaba Yang Banyak Outlet

Tips yang pertama ialah pilih waralaba yang sudah populer. Termasuk yang outlet-nya sudah dibangun di berbagai tempat. Karena ini menjadi bukti jika makanan yang disediakan disukai banyak orang. Sehingga, peluang makanan tidak laku dan basi, sangat kecil.

2. Buat Rencana Dagang Yang Detail

Untuk yang selanjutnya, silakan buat rencana dagang yang detail terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Yang patut direncanakan ialah modal dagang lengkap dengan pendapatan atau laba niaga. Pembiayaan juga perlu direncanakan, seperti biaya mendirikan gerai, biaya listrik dan air serta biaya untuk promosi.

Yang tak kalah pentingnya ialah, rencana pengangkatan pegawai atau pekerja. Karena usaha franchise makanan tidak bisa dikerjakan sendiri. Maka dari itu, pemilihan pegawai yang berkualitas perlu direncanakan dengan matang, sebelum memulai usaha.

Di tahap ini, silakan angkat petugas khusus untuk mengelola keuangan usaha. Karena merekalah yang akan mencatat penghasilan maupun kerugian dari franchise.

3. Pelajari Terlebih Dahulu Ketentuan Kerjasama, Pilih yang Menguntungkan

Banyak sekali perusahaan yang ingin bekerjasama dengan pihak franchiser. Karena bagi mereka, ini peluang untuk melebarkan sayap jaringan. Bagi franchiser itu sendiri, seharusnya tidak asal menerima ajakan produsen. Pastikan terlebih dahulu, ketentuannya memang menguntungkan bagi Anda.

Maka dari itu, tips selanjutnya, pelajari terlebih dahulu ketentuan yang ditawarkan oleh pemilik waralaba. Baik dari segi royalti, produk kuliner yang akan dijual, termasuk juga masa waktu kerjasama.

Jika dirasa ada keuntungan yang besar dari balik ketentuan kerjasama tersebut, produk kuliner yang dijual juga disukai orang, silakan lakukan kesepakatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan survey terlebih dahulu.

4. Pilih Waralaba Sesuai Modal Awal

Siapa pun ingin berbisnis franchise makanan dengan bekerjasama bersama perusahaan kuliner terkemuka. Menurut kami, itu hal yang wajar. Karena, nama besar bisa mengangkat produk. Sehingga merek makanan lebih dikenal oleh konsumen.

Namun terkadang, perusahaan waralaba kelas tinggi, mematok harga produknya juga cukup tinggi. Sehingga, pihak franchiser harus berpikir ulang ketika modal tidak cukup untuk memesannya.

Maka dari itu, untuk tips yang ke empat ini, pilih waralaba yang memang sesuai dengan budget atau modal usaha. Sesungguhnya, franchiser bisa mendapatkan dana talang dari Bank. Tetapi jika kerugian yang datang, tentu efeknya berlipat ganda. Karena akibat rugi usaha menyisakan hutang yang besar.

5. Pilih Produk Kuliner Yang Memang Bagus

Tips yang terakhir ialah pilih jenis kuliner yang memang bagus. Salah satu cirinya ialah, yang sudah memiliki pelanggan tetap dan mereknya dikenal banyak orang.

Ada banyak sekali produk kuliner untuk franchise makanan terlaris. Modal untuk mendapatkannya juga tidak terlalu besar. Diantaranya ialah ayam goreng sabana, minuman haus, dunkin donuts, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika ingin usaha franchise makanan, silakan ikuti tips di atas terlebih dahulu. Kalau perlu lakukan survey mendalam sebelum menjatuhkan pilihan, dan yang terpenting selalu lakukan pembukuan secara terstruktur pada usaha Anda.

Untuk memudahkan hal itu, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akutansi yang cocok untuk bisnis waralaba Anda. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi pemenang Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang, telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Barbershop secara Optimal

Handry

Program Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis Rintisan

Eri Katsir

4 Tips Bisnis Online Hoax yang Wajib Diketahui Para Startup Bisnis

Miftah