27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Tips Terbaik  bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi

Bisnis konveksi bisa dibilang bisnis yang tidak ada matinya karena kebutuhan akan pakaian tentu merupakan salah satu kebutuhan primer setiap orang. Setiap orang akan memakai pakaian sesuai gaya pakaian yang kekinian. Sehingga dengan berubahnya gaya pkaian ini akan membuat bisnis konveksi terus memproduksinya.

Selain gaya pakaian yang berubah juga banyak perusahaan yang berkembang sehingga mengharuskan karyawannya menggunakan seragam. Ini juga yang menjadi pemicu bahwa bisnis konveksi ini akan terus berkembang.

Bisnis konveksi ini juga bisa dialkukan dirumah sendiri tanpa harus menyewa tempat. Dilakukan dirumah ini akan membuat pelaku bisnisnya fleksibel kapan pun bisa dikerjakan ketika berada dirumah.

Namun bisnis ini walaupun memiliki pasar yang luas, banyak juga  pembisnis konveksi ini tidak berhasil. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor.

Konsiten itu sangat diperlukan bagi pelaku bisnis apapun termasuk bisnis konveksi. Pada artikel ini kami sajikan beberapa langkah utama untuk menjadi pemilik bisnis konveksi yang suskses.

Langkah-langkah bisnis konveksi agar sukses

Untuk menjadi pembisnis konveksi yang sukses perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Tentukan taget dari bisnis konveksi ini

Menetukan target merupakan langkah awal untuk menjadi seorang pembisnis konveksi yang sukses. Tentu target yang sudah ditentukan harus dicapai pada waktu yang sudah di tentukan diawal. Namun jika tidak tercapai perlu adanya evaluasi diri.

Dalam menentukan target juga perlu mempertimbangkan kemampuan kita. Jika kita membuat target tidak sesuai dengan kemampuan kita kita akan merasa jenuh bahkan cenderung malas untuk melakukannya.

Persiapkan modal yang cukup

Modal dalam bisnis konveksi ini cukup penting, karena untuk pembelian bahan dasar utama itu memerlukan modal. Ketika kita tidak memiliki modal yang cukup maka kemungkinan bisnis kita tidak akan jalan.

Untuk itu bisa mencari modal terlebih dahulu dengan cara melakukan promosi, bisa meminta konsumen untuk membayar separuh harga terelebih dahulu setelah barang jadi barulah konsumen melunasinya.

Persiapakan alat-alat konveksi

Setelah memiliki modal yang cukup tentu kita akan persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan untuk mememulai bisnis konveksi ini. Adapun peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam membuka bisnis konveksi skala kecil, antara lain:

  • Mesin jahit, mesin jahit adalah alat yang paling utama yang harus dimiliki oleh oarang yang mau memmulai bisnis atau usaha konveksi. Tanpa adanya mesin jahit usaha tidak akan jalan.
  • Mesin overdeck, mesin ini digunakan untuk merapikan tepi kain dari dua sisi, sehingga akan mudah untuk di jahit.
  • Mesin obras, mesin yang digunakan untuk merapikan tepi kain agar terlihat rapi dan tidak gampang rusak.
  • Mesin steam, merupakan mesin strika uap untuk merapikan produk konveksi yang sudah jadi.
  • Mesin cutting atau potong, mesin potong ini sama halnya dengan mesin jahit, namun mesin potong ini bisa digantikan dengan manual menggunakan gunting biasa, namun hal akan membuat pekerjaan lama. Peran mesin potong ini adalah memotong kain dalam jumlah yang banyak.
  • Meteran, jarum, kapur, gunting dan alat menjahit. Meteran sangat penting karena digunakan untuk mengukur ukuran baju dan juga celana atau menentukan untuk ukuran model tertentu.
  • Meja potong, digunakan sebagai sarana perlengkapan yang membantu dalam pemotongan bahan kain.

Gunakan tempat yang ada

Tempat pembuatan konveksi ini bagi pemula bisa dilakukan dirumah. Jangan menyewa tempat yang mahal, itu juga akan menghemat modal yang dikeluarkan. Keuntungan yang lain jika tempat usaha konveksi dirumah kita bisa mengerjakan pekerjaan kapan saja selagi berada dirumah.

Lakukan promosi

Untuk promosi bisa dilakukan melalui media sosial, karena sangat banyak sekali pengguna media sosial. Promosi dimedia sosial merupakan tempat promosi yang gratis. Anda tinggal foto dan upload serta berikan hastag yang mendukung dengan gambar yang anda upload. Selain media sosial juga bisa melalui email, marketplace, juga bisa di youtube.

Kerjasama dengan perusahaan besar

Kerjasama ini sangat dibutuhkan karena bisa mendapatkan dana dari perusahaan juga bisa promosi konveksi kita ke perusahaan besar lainnya. Sehingga pontensi untuk memperoleh keuntungan sangatlah besar.

Kesimpulan

Itulah langkah-langlah yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis konveksi. Tetap selalu konsisten pada pekerjaan agar hasilnya menjadi maksimal dan bisnis Anda berkembang. Lakukan juga pembukuan dalam setiap proses operasional pada bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna di Indonesia dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik pilihan konsumen di Indonesia.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

6 Laporan Keuangan yang Harus Dipersiapkan Manajer Bisnis Properti

Eri Katsir

Mempelajari Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis Pertanian Anda

Miftah

Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya

Erapuji