ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Manajemen Marketing

Unique Selling Proposition, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Nilai Produk

Unique Selling Proposition, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Nilai Produk

 

Unique selling proposition merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dan dimiliki oleh setiap brand agar bisa lebih menonjol di antara para pesaingnya. Dalam dunia bisnis, kita tahu akan selalu ada yang namanya persaingan. Tapi, perlu Anda ingat selalu bahwa hal tersebut bukanlah hal yang harus ditakuti.

Dengan adanya kompetitor, kita bisa mempelajari banyak hal, seperti strategi marketing yang mereka lakukan dan mengetahui kualitas produk atau layanan mereka.

Namun, tetap saja kompetitor adalah lawan berbisnis. Bila produk yang Anda miliki ternyata tidak mampu bersaing dengan produk mereka, tentunya Anda akan kalah dalam merebut konsumen di pasar. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan cara mengidentifikasi unique selling proposition pada produk yang Anda tawarkan.

Lantas, apa itu unique selling proposition ? kenapa elemen ini sangat penting untuk perkembangan suatu bisnis? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang unique selling proposition ini hingga selesai.

Apa Itu Unique Selling Proposition?

Dilansir dari laman Entrepreneur, unique selling proposition adalah faktor ataupun pertimbangan yang berasal dari penjual sebagai alasan bahwasanya produk ataupun layanan yang diberikan mampu lebih baik daripada kompetitor.

Setiap konsumen yang ingin membeli suatu produk tentunya akan melakukan perbandingan pada beberapa produk terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka membelinya. Terdapat beberapa hal yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen sebelum memilih suatu produk, seperti harga, keunggulan, dan juga tingkat popularitas.

Bila produk tersebut ternyata memang tidak populer, tentunya konsumen pun menjadi enggan untuk membelinya karena dirasa kurang pantas dan tidak bisa dipercaya. Tapi, tidak bisa kita pungkiri bahwa harga juga sangat menentukan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Nah, agar konsumen bisa langsung memilih produk yang Anda tawarkan, tentunya harus ada beberapa hal spesifik yang ditawarkan pada konsumen. Hal ini sama persis seperti apa yang dikatakan oleh Neil Patel bahwa, unique selling proposition adalah salah satu tujuan bisnis yang lebih spesifik agar brand bisa dikenal oleh masyarakat.

Alih-alih ingin lebih dikenal karena bisa memberikan harga murah atau kualitas yang bagus, mereka malah mengalami kekalahan di pasar. Karena, mereka tidak mampu lebih spesifik dalam menunjukkan kelebihannya, sehingga akan menjadi sulit untuk mendapatkan konsumen dari kompetitor.

Untuk itu, hal yang harus diperhatikan dalam menentukan unique selling proposition adalah suatu hal spesifik yang mampu ditawarkan oleh suatu brand, sehingga akan terlihat lebih menarik daripada pesaing.

 

Cara Menentukan Unique Selling Proposition 

Setelah kita sudah mempelajari bersama tentang pengertian dari unique selling proposition, maka kini saatnya bagi kita mempelajari cara menentukan unique selling proposition. Berikut ini adalah caranya:

1. Tempatkan Diri Anda Pada Posisi Pelanggan

Salah satu kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh kebanyakan pebisnis adalah melupakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Umumnya, para pebisnis hanya fokus dalam meningkatkan kualitasnya sendiri agar mampu menawarkan sejumlah produk dengan kualitas tingginya kepada konsumen.

Tapi, kebutuhan utama dari konsumen kerap kali dilakukan, sehingga produk tersebut pun pada akhirnya menjadi tidak laku atau kurang laku di pasar.

Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menentukan unique selling proposition adalah dengan memposisikan diri Anda sebagai konsumen.

Contohnya Anda mempunyai suatu kae yang di dalamnya menyediakan berbagai kopi dan roti. Tentunya pelanggan yang datang ke kafe Anda ingin membeli roti dan juga kopi agar bisa mengatasi rasa laparnya. Tapi, apakah kopi dan roti yang Anda sediakan tersebut mampu membuat mereka ingin terus kembali ke kafe Anda?

Misalnya kamu memiliki sebuah kafe yang menyediakan berbagai macam roti dan kopi. Tentunya pelanggan yang datang ke kafe ingin membeli roti dan kopi agar mampu menghilangkan rasa laparnya.

Namun, apakah makanan dan minuman yang kamu sediakan akan mampu membuatnya terus kembali ke kafe Anda?

Produk dan layanan yang Anda berikan mungkin bisa saja Anda jadikan sebagai unique selling proposition dari brand Anda. Contohnya, kualitas makanan yang sangat nikmat, kenyamanan, keramahan, ataupun layanan pada pelanggan bisa Anda jadikan sebagai faktor penting bagi mereka agar bisa kembali ke kafe Anda.

Anda harus bisa mencari tahu sendiri apa yang konsumen inginkan dengan menggunakan survei. Cobalah untuk meminta tolong pada pelanggan Anda untuk mau mengisi survei terkait produk dan juga layanan yang Anda berikan.

Bila dari hasil survei tersebut ternyata mereka lebih menyukai pelayanan yang Anda berikan di kafe, maka Anda bisa menjadikannya sebagai unique selling proposition agar bisa menarik para pelanggan lainnya.

Anda bisa membuat suatu pernyataan atau garansi saat menjalankan kampanye iklan untuk cafe Anda, yang isinya “Uang Anda akan dikembalikan sebanyak 100% bila pelayanan yang kami berikan kurang memuaskan Anda”.

Hal ini tentunya akan membuat setiap calon pelanggan menjadi penasaran dan tertarik untuk datang dan mencicipi kafe serta produk terbaik Anda.

2. Ketahui Motivasi Konsumen Ketika Membeli Produk

Langkah selanjutnya dalam menentukan unique selling proposition adalah dengan cara mengetahui perilaku konsumen saat melakukan pembelian pada produk Anda.

Demi mempunyai strategi pemasaran yang tepat, Anda tidak hanya harus mengetahui apa yang pelanggan Anda butuhkan saja, tapi juga harus memahami motivasi mereka ketika membeli produk.

Ketika mempunyai sebuah kafe, tentunya Anda harus mengetahui seperti apa karakteristik dari konsumen Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk membuat produk yang tepat untuk mereka. Cobalah mencari tahu usia rata-rata pelanggan Anda sampai dengan pekerjaannya.

Hal ini sangat Anda perlukan karena Anda bisa menyiapkan produk apa yang tepat untuk disajikan pada mereka, sehingga akan memotivasi mereka untuk terus datang lagi.

Contohnya saja pelanggan Anda memiliki usia rata-rata 18-22 tahun, dan memiliki status pelajar sampai mahasiswa. Dalam hal ini, Anda harus bisa menyediakan produk dengan harga yang terjangkau untuk mereka. Jadi, selain mempunyai pelayanan yang memuaskan, Anda juga harus mampu membuat unique selling proposition dari produk yang ekonomis yang sesuai dengan kantong mereka.

Bila produk Anda sudah sesuai dengan mereka dan pelayanan yang Anda berikan pun mampu memuaskan mereka, tentunya Anda akan memperoleh customer loyalty.

3. Bandingkan Dengan Produk Kompetitor

Seperti apa yang sudah kita singgung di atas, kompetitor adalah faktor yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Nah, menentukan unique selling proposition pun bisa Anda lakukan dengan cara melakukan perbandingan produk dari para kompetitor yang ada di pasaran.

Dikutip dari laman The Balance Careers, melakukan perbandingan produk dengan pesaing bisa dilakukan dengan cara menunjukkan keunggulan dan juga kelemahan dari produk Anda.

Ketika sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan  dari produk, maka akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan unique selling proposition.

Contoh USP dari Brand Populer Dunia

Bersumber dari laman Shopify, cara paling baik untuk bisa memahami bagaimana cara membuat unique selling proposition adalah dengan mengetahui contoh yang ada disekitar kita. Nah, berikut ini kami berikan contoh unique selling proposition dari brand terkenal di dunia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Starbucks

Kebanyakan orang saat ini pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Starbucks. Diawali dengan sebuah kedai kopi kecil dari Washington, saat ini Starbucks sudah berhasil membuka cabangnya hampir di seluruh dunia.

Kenapa mereka bisa sukses sampai membuka cabang di banyak negara? Tentunya karena mereka mempunyai unique selling proposition yang tepat, yakni kopi premium. Jadi, walaupun kopi yang mereka tawarkan dibandrol dengan harga mahal, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Jadi, dengan selalu konsisten dan fokus dalam meningkatkan kualitas kopi premiumnya, Starbucks mempunyai unique selling proposition yang membuatnya terlihat berbeda dan menonjol dari para kompetitornya.

2. Zappos

Zappos adalah toko online yang fokus dalam menyediakan sepatu, pakaian, dan aksesori yang sangat menonjol daripada pesaing. Mereka mempunyai sebuah fitur yang membuatnya sangat disukai oleh konsumen, yakni pengiriman dan juga pengembalian barang secara gratis.

Membeli sepatu di toko online tentunya sangat beresiko, karena bisa saja sepatu tersebut tidak sesuai dengan ukuran kaki. Tapi, para pelanggan Zappos sudah tidak perlu ragu lagi untuk membeli, karena ketika ukuran yang dipilih tidak sesuai, mereka tidak perlu khawatir untuk mengembalikannya lagi.

Pengiriman dan juga pengembalian secara gratis ini menjadi unique selling proposition dan membuat mereka berbeda dari kompetitor.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami terkait pengertian unique selling proposition dan dampaknya untuk kemajuan bisnis. Unique selling proposition adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh suatu brand bila ingin produknya lebih menonjol dari kompetitor.

Untuk itu, bila produk Anda ingin terlihat lebih menonjol, cobalah untuk segera menentukan unique selling proposition dan tetapkan strategi pemasaran yang baik agar bisa menciptakan citra positif untuk para pelanggan.

Selain itu, lakukanlah manajemen keuangan yang baik dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan pada laporan laba rugi di dalam laporan neraca Anda. Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap yang mampu memudahkan Anda dalam berbisnis.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

accurate fokus pengembanganSumber artikel: ibnuismail

Promo PPKM Accurate Online

Periode promo II: 20-26 Juli 2021
Diskon 30% Paket Accurate Online 1 tahun + bonus 1 bulan database + 1 pengguna tambahan,
dari Rp 2,86 juta menjadi Rp 2 juta
*harga belum termasuk PPN
(S&K berlaku)

Info lebih lanjut:

Related posts

7 Tips Manajemen Produksi Untuk Bisnis Yang Lebih Baik

Eri Katsir

Kanban Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Menerapkannya dalam Manajemen Proyek

Erapuji

Panduan Pengembangan Growth Strategy Untuk Bisnis Rintisan

Eri Katsir