31 C
Jakarta
February 21, 2024
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Memaksimalkan Laporan Arus Kas Perusahaan: Tips untuk UKM

Seperti yang sudah Anda ketahui, arus kas (cash flow) yang berputar di dalam bisnis Anda merupakan bentukan dari keuntungan dan juga jumlah tagihan yang sudah Anda bayarkan. Memaksimalkan arus kas pada usaha kecil menengah bisa membuat perusahaan atau bisnis Anda mendapatkan keuntungan lebih cepat, menyelesaikan proyek dalam waktu yang lebih singkat, dan mengurangi jumlah biaya operasional bisnis.

Baca juga : Manfaat Teknologi Informasi dalam Bisnis

Menganalisis Indikator Bisnis Anda

Ketika Anda ingin mendapatkan laporan arus kas perusahaan yang benar, pastikan Anda sudah menganalisis dengan benar apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. Mulai dari apa yang terjadi dalam bisnis Anda, apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis Anda, dan juga lainnya. Informasi semacam ini bisa membantu Anda untuk mengukur apakah dan kapan Anda harus membuat pengeluaran uang tunai untuk diinvestasikan dalam pertumbuhan bisnis Anda atau untuk mendukung penjualan seperti memperkerjakan staf baru guna mendukung rencana bisnis di masa depan.

Analisis Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama dalam memaksimalkan laporan arus kas adalah menganalisis kebutuhan bisnis Anda. Anda perlu memahami apa yang dibutuhkan bisnis Anda untuk beroperasi dengan lancar. Apakah Anda memerlukan modal tambahan untuk memperluas produksi atau mengembangkan produk baru? Apakah Anda harus membayar gaji pegawai tambahan untuk memenuhi permintaan yang meningkat? Dengan memahami kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat merencanakan pengeluaran yang tepat pada waktu yang tepat.

Pengukuran Kinerja Bisnis

Selain itu, Anda juga perlu mengukur kinerja bisnis Anda secara rutin. Monitor penjualan, biaya operasional, dan pendapatan dengan cermat. Dengan melacak kinerja bisnis Anda, Anda dapat mengidentifikasi tren atau pola yang mungkin mempengaruhi arus kas Anda. Misalnya, jika Anda melihat penjualan meningkat secara signifikan pada bulan-bulan tertentu, Anda dapat merencanakan pengeluaran tambahan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Susun Pengeluaran Anda ke dalam Anggaran

Bagian dari menyusun laporan arus kas adalah untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang biaya yang diantisipasi dan kapan harus dibayarkan. Oleh karena itulah, anggaran Anda harus berisi biaya tetap dan juga variabel. Melalui penyusunan laporan keuangan, Anda bisa melatih diri Anda untuk memahami kewajiban dan juga rencana pengeluaran yang lebih baik lagi.

Pengeluaran Tetap

Pengeluaran tetap adalah biaya-biaya yang Anda harus bayarkan secara berkala, seperti sewa, gaji karyawan, dan tagihan utilitas. Untuk memaksimalkan arus kas, pastikan Anda selalu memiliki dana yang cukup untuk menutup pengeluaran ini tepat waktu. Jangan sampai terlambat membayar sewa atau gaji karyawan, karena hal ini dapat mempengaruhi kredibilitas bisnis Anda.

Pengeluaran Variabel

Pengeluaran variabel adalah biaya-biaya yang dapat bervariasi dari bulan ke bulan, seperti biaya pemasaran atau pembelian bahan baku. Untuk mengelola pengeluaran ini dengan baik, pertimbangkan untuk membuat perkiraan pengeluaran bulanan dan selalu siap dengan rencana cadangan jika pengeluaran melebihi perkiraan.

Perhatikan Ketentuan Pembayaran

Telatnya pendapatan bisnis, bisa menjadi sebuah permasalahan yang berat bagi para penggerak bisnis kecil. Permasalahan satu ini juga yang menjadi permasalahan utama dalam laporan arus kas bisnis Anda. Pastikan Anda memperhatikan dengan bijak permasalahan semacam ini.

Baca juga : Pentingnya Budgeting dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Gunakan Kontrak atau Perjanjian Pembayaran

Salah satu cara untuk menghindari telatnya pendapatan adalah dengan menggunakan kontrak atau perjanjian pembayaran. Dalam kontrak ini, tentukan dengan jelas syarat-syarat pembayaran, termasuk tanggal jatuh tempo dan metode pembayaran yang diterima. Dengan kontrak yang kuat, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda membayar tepat waktu.

Penyederhanaan Metode Pembayaran

Selain itu, pertimbangkan untuk menyederhanakan metode pembayaran. Gunakan platform pembayaran elektronik atau aplikasi pembayaran online yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi. Semakin mudah pelanggan membayar, semakin kecil kemungkinan ada keterlambatan pembayaran.

Transparansi Pembayaran

Jangan lupa untuk menyediakan transparansi dalam proses pembayaran. Berikan kepada pelanggan informasi yang jelas tentang tagihan mereka, termasuk rincian biaya dan batas waktu pembayaran. Dengan transparansi ini, pelanggan akan merasa lebih percaya dan cenderung membayar tepat waktu.

Perhatikan Perkiraan atau Laporan Arus Kas Bisnis Anda

Zaman sekarang memang segala bentuk pembayaran sudah dimudahkan dengan teknologi. Baik menggunakan spreadsheet atau software akuntansi, biasakan untuk selalu memperbarui laporan Anda secara teratur. Bandingkan laporan Anda dengan situasi arus kas sebenarnya. Melalui cara ini pula Anda bisa dengan cepat menemukan sebuah tren atau pola bisnis baru untuk mengurangi atau memperbaiki masalah yang ada.

Penggunaan Software Akuntansi

Dengan bantuan software akuntansi, maka Anda bisa memantau segala bentuk pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan sebelum menjadi laporan arus kas. Untuk itu, sebagai pengusaha UKM wajib bagi Anda untuk membuat sebuah laporan arus kas yang akurat. Agar keakuratan laporan keuangan tersebut tepat, Anda harus menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL).

Jangan Mengabaikan PPN

PPN sering kali dihilangkan pada penjualan yang sudah tercatat dan juga tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, jangan sampai Anda mengabaikan pembayaran PPN Anda. Hal ini bisa menjadi

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Hal yang Harus Anda tahu Tentang Conflict Of Interest pada Bisnis

Handry

Menggali Lebih Dalam: 5 Faktor Kunci Penentu Identitas Brand yang Membuat Usahamu Berkilau

Agung

Mengetahui Tugas Rutin dalam Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Miftah