29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Peluang Bisnis dari Gaya Hidup Zero Waste

Peluang bisnis – Selama ini, kita hidup di tengah barang-barang sekali pakai, kemasan plastik, dan sampah yang terus menggunung dan tak dapat terurai. Kemudian, gunung sampah tersebut meluap dan mencemari lingkungan. Untuk menjaga masa depan ekosistem, diperlukan perubahan besar, salah satu caranya menerapkan gaya hidup zero waste alias bebas sampah.

Masyarakat perkotaan mulai peduli untuk menjaga lingkungan. Mereka mulai melakukan Zero Waste lifestyle untuk mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungannya.

Seiring gencarnya gaya hidup ramah lingkungan ini, toko berkonsep Zero Waste mulai banyak bermunculan. Toko ini menerapkan konsep ramah lingkungan dengan tidak menggunakan kemasan plastik.

“Program Zero Waste ini program yang sangat bagus. Akan ada banyak peluang usaha, terutama bagi kaum muda kreatif apalabila program ini dilaksanakan dengan maksimal. Tentu kami sangat mendukung,” kata Baiq Diyah, di Mataram, Sabtu, 23 Maret 2019 (Koranntb.com).

Dilansir dari Kontan.co.id, Salah satunya pemain yang mulai memanfaatkan peluang usaha dari trend gaya hidup satu ini adalah Zero Waste Bali. Toko besutan Silvija Rumiha ini mulai beroperasi sejak setahun lalu.

Zero Waste Bali menjual aneka produk pangan dan perawatan tubuh. Total ada lebih dari 400 jenis produk di antaranya sikat gigi dan beras merah organik.

Untuk harga produk Silvija membandrolnya beragam sesuai dengan jenis barang. Misalnya, untuk sikat gigi dijual Rp 38.500 per batang.

Zero Waste Bali menargetkan pelanggan ekspatriat yang tinggal di Bali. Namun sejak tujuh bulan terakhir sebagian besar pelanggannya adalah warga lokal.

“Dari Februari sampai sekarang kunjungan pelanggan lokal naik 88%,” kata Silvija. Fenomena ini menandakan masyarakat mulai peduli dengan lingkungan.

Alhasil, Silvija selalu kehabisan produk saban bulannya. Dia menjalin kerjasama dengan petani dan supplier untuk memasok seluruh produk Zero Waste Bali.

Selain itu ada model bisnis nonlimbah dengan konsep yang ditawarkan adalah bebas sampah, yakni Saruga Package. Saruga Package menjual berbagai bahan makanan tanpa brand, tanpa kemasan. Anda bisa membelinya dengan membawa wadah yang bisa Anda bawa pulang sampai ke rumah. Hal ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengurangi limbah plastik. Saruga adalah toko pangan yang 100 persen tidak menggunakan kemasan pertama di Jakarta.

Tertarik untuk mulai mencoba peluang bisnis dari trend gaya hidup yang satu ini sekaligus berkontribusi pada kelestarian alam? Jika belum, Anda pun dapat tetap berkontribusi terhadap kelestarian alam dengan bisnis yang sedang dijalani saat ini. Bagaimana caranya? Dengan meminimalisir penggunaan plastik dan kertas sekali pakai, dengan cara apa? Mulailah melakukan pembuatan dokumen dengan sistem cloud, sepeti pembuatan dokumen-dokumen keuangan (laporan keuangan) dengan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online.

Related posts

Sebar Kebahagiaan untuk Bisnis Anda, Accurate Online Diskon Hingga 1 Juta Rupiah!

ademuthia

4 Cara Menentukan Produk untuk dijual

ademuthia

Peluang Usaha Akhir Tahun, Bisnis Parcel Natal dan Tahun Baru

ademuthia

Leave a Comment