28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

4 Cara Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Kita

Tanggapan Pelanggan –  Mendengarkan pelanggan Anda adalah satu-satunya cara untuk menjamin Anda membuat produk atau jasa yang mereka butuhkan sehingga terciptanya sebuah transaksi. Tanggapan konsumen umumnya digunakan selama proses pengembangan produk untuk memastikan bahwa produk yang akan Anda tawarkan dapat diterima dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Tanggapan konsumen menyediakan Anda dengan pemahaman yang berharga tentang apa yang pelanggan Anda pikir tentang produk atau layanan Anda. Wawasan ini dapat membantu Anda menciptakan produk yang pelanggan ingin beli dan menciptakan sebuah pengalaman yang melebihi harapan dan membuat para pelanggan Anda datang kembali kepada Anda.

Maka dari itu penting bagi para pebisnis untuk meminta tanggapan dari pelanggan mereka. Berikut kami berikan 4 langkah mudah untuk meminta tanggapan dari pelanggan setia bisnis Anda.

Sistem keluhan dan saran

Perusahaan yang fokus kepada pelanggan mempermudah pelanggannya untuk memberikan saran dan keluhan terhadap perusahaan. Setiap organisasi yang berorientasi pada pelanggan (customer oriented) perlu memberikan kesempatan yang luas kepada para pelanggannya untuk menyampaikan saran, pendapat, dan keluhan mereka.

Ghost shopping atau Mystery shooper

Salah satu cara untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan pelanggan adalah dengan mempekerjakan beberapa orang untuk berperan atau bersikap sebagai pelanggan/pembeli potensial produk perusahaan dan pesaing. Kemudian mereka melaporkan temuan-temuannya mengenai kekuatan dan kelemahan produk perusahaan dan pesaing berdasarkan pengalaman mereka dalam pembelian produk-produk tersebut.

Analisa Pelanggan yang Hilang (Lost customer analysis)

Perusahaan-perusahaan harus menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli produk perusahaan ataupun telah berpindah pada pemasok lain untuk mempelajari sebabnya.

Survei kepuasan pelanggan

Perusahaan harus menghubungi para pelanggan yang berhenti membeli atau yang telah beralih ke pemasok lain guna mempelajari alasan kejadian itu. Ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, melakukan wawancara terhadap pelanggan yang keluar setelah berhenti membeli. Yang ke dua adalah memantau tingkat kehilangan pelanggan.

 

Setelah berhasil mengumpulkan tanggapan dari pelanggan-pelanggan bisnis, Anda dapat langsung melakukan evaluasi performa bisnis Anda dari kacamata pelanggan Anda. Aspek-aspek apa sajakah yang perlu ditingkatkan untuk tetap menjaga kenyamanan pelanggan saat membeli serta menggunakan produk bisnis Anda.

Selain melakukan evaluasi kepuasan pelanggan terhadap produk bisnis Anda, ada beberapa evaluasi lainnya yang harus dilakukan oleh Anda untuk dapat mengetahui performa bisnis Anda selama ini.

 

Cari tahu evaluasi bisnis apa sajakah yang harus Anda lakukan,

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Perlukah Menggunakan Konsultan Keuangan untuk Bisnis Kita?

ademuthia

Jangan Tertipu Website Palsu. Beli Accurate di Website Resmi Accurate Semanggi

admin

Jangan Anggap Sepele! 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Sumber Keborosan

admin

Leave a Comment