Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

12+ Ide Promo Kemerdekaan Kreatif yang Harus Anda Coba

Untuk Anda para pebisnis dan para marketing, apakah Anda sudah menyiapkan ide promo kemerdekaan yang kreatif? Bila memang belum, maka Anda harus menyiapkan ide promosi tersebut. Kenapa? karena momentum hari kemerdekaan harus Anda jadikan sebagai peluang emas untuk mendapatkan untung yang banyak.

Dalam hari tersebut, tingkat euforia masyarakat Indonesia sedang tinggi dan hal ini harus dimanfaatkan oleh pebisnis. Lantas apa saja sih ide promo kemerdekaan yang kreatif tersebut? Tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan 12 lebih ide promo kemerdekaan kreatif yang bisa Anda coba.

Berbagai Ide Promo Kemerdekaan Kreatif dan Unik

1. Diskon Spesial 17 Agustus

Ide promo kemerdekaan pertama yang yang bisa Anda aplikasikan adalah diskon spesial di hari kemerdekaan. Diskon itu sendiri adalah salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan untuk promosi produk barang atau jasa.

Cara ini dikenal sangat efektif. Strategi ini mampu mendatangkan banyak pelanggan baru dan juga membuat customer loyalty. Nah, karena promo ini diterapkan pada tanggal 17 Agustus, Anda bisa menerapkan harga yang berhubungan dengan hari kemerdekaan.

Contohnya, Anda bisa memberlakukan potongan harga sebanyak 17% ataupun 45%. Contoh lainnya adalah Anda bisa memberikan potongan harga untuk produk yang berwarna merah ataupun putih.

2. Merilis Kode Voucher Khusus

Dilansir dari laman resmi Sendible, salah satu praktik pemasaran standar yang paling ampuh untuk hari libur atau hari perayaan besar adalah dengan cara membuat kode voucher. Bila bisnis Anda bergerak secara digital, pasti Anda sudah sangat akrab dengan istilah ini.

Umumnya, kode voucher diterapkan oleh situs ecommerce atau website marketplace. Ketika memperoleh kode voucher, maka setiap konsumen bisa menerima suatu diskon khusus ataupun gratis ongkir. Tentunya ide kreatif ini bisa Anda modifikasi lagi sebagai promo kemerdekaan.

Contohnya, Anda bisa membuat kode voucher promo kemerdekaan “merahputih”, “17agustus45”, dll.

3. Produk Spesial Kemerdekaan

Ide promo kemerdekaan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeluarkan produk spesial kemerdekaan. Berdasarkan laman Printful, tujuan diterapkannya strategi ini adalah agar bisa menyaring euforia para pelanggan yang sedang meningkat.

Dengan adanya semangat kemerdekaan yang sedang memuncak, produk dengan tema yang sama pasti akan ludes dibeli oleh para pelanggan.

Salah satu contoh produk yang bisa Anda keluarkan adalah baju dengan tema batik atau 17 Agustus jika bisnis Anda bergerak dalam bidang fashion. Contoh lainnya, bila Anda bergerak dalam bidang kuliner, maka Anda bisa menyajikan tema spesial Indonesia.

4. Promo Ulang Tahun

Memberikan potongan harga ataupun apresiasi tertentu pada pelanggan yang sedang berulang tahun bisa menjadi ide promo kemerdekaan yang sangat kreatif.

Kenapa? karena pasti ada banyak juga orang yang sedang berulang tahun tepat pada tanggal tersebut. Mereka bisa Anda jadikan prospek atau klien tetap khusus. Strategi ini adalah cara yang paling cerdik untuk mendapatkan emosi sekaligus kesetian pelanggan sebagai pelanggan setia Anda.

Dalam penerapannya, Anda bisa memberikan diskon sebanyak 45% atau 76% untuk mereka yang sedang berulang tahun di tanggal 17 Agustus.

5. Lomba Foto di Media Sosial

Ide promo kemerdekaan selanjutnya adalah dengan menyelenggarakan lomba foto di media sosial. Dilansir dari laman Directorist, ide dalam bentuk kontes foto di hari kemerdekaan sangatlah efektif.

Anda hanya perlu meminta followers Anda untuk mengupload foto bertema kemerdekaan di sosial medianya dengan caption yang kreatif dan tag akun media sosial perusahaan Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengumumkan 3 hingga 5 orang pemenang dan berikan penawaran diskon ataupun giveaway.

6. Promo Ongkos Kirim

Ide promo kemerdekaan yang keenam yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan promo gratis ongkos kirim. Inisiatif semacam ini bisa Anda berikan, terutama untuk Anda yang bergerak dalam bidang marketplace ataupun e-commerce.

Jadi, Anda bisa memberikan promo ongkos kirim dengan jumlah pembelian tertentu. Contohnya, untuk pembelian minimal 76 ribu, maka setiap konsumen bisa mendapatkan promo ongkos kirim gratis.

Contoh lainnya adalah dengan memberikan potongan ongkos kirim sebanyak 76% untuk mereka yang berhasil membeli beberapa produk tertentu. Cara ini dijamin mampu menarik minat para pelanggan untuk berbelanja lebih banyak agar nilai transaksinya meningkat.

7. Paket Bundling Spesial Hari Kemerdekaan

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan paket promo bundling dengan tema kemerdekaan. Jenis promo kemerdekaan khusus ini mampu memberikan peluang bisnis Anda dan juga meningkatkan omset penjualan.

Anda bisa membuat suatu produk bundling yang baik dari sisi tampilan ataupun kemasan, hingga harga khusus kemerdekaan, seperti 17 ribu, 45 ribu, atau 76 ribu. Namun, strategi ini harus Anda sesuaikan lagi dengan harga produk Anda.

8. Memberikan Free Gift dengan Minimal Pembelian Tertentu

Untuk meningkatkan penjualan yang lebih banyak, Anda bisa membuat promo kemerdekaan yang memungkinkan setiap pelanggan Anda berbelanja lebih banyak, contohnya dengan memberikan hadiah gratis dengan nominal pembelian khusus.

Anda bisa memberikan suatu hadiah ataupun merchandise unik spesial hari kemerdekaan dengan menentukan jumlah pembelian tertentu.

9. Diskon dengan Menggunakan Angka

Sama seperti di tahun 2021 ini, Indonesia sudah mencapai umur yang sangat matang, yaitu 76 tahun. Angka yang cukup besar dan menarik bisa digunakan sebagai jumlah nominal diskon untuk para konsumen.

Untuk itu, Anda bisa membuat penawaran diskon dengan bentuk nominal harga ataupun persen, yaitu 7.600. 76.000 atau 76%. Bila Anda merasa angkat tersebut terlampau besar dan berdampak pada arus kas bisnis Anda, maka Anda bisa menerapkannya dengan suatu syarat.

Contohnya, mereka hanya bisa mendapatkan diskon bila membeli dua barang, dan kedua barang itu akan dikenakan potongan harga sebanyak 76%. Diskon seperti ini sudah terbukti sangat efektif untuk menarik minat konsumen.

10. Potongan Harga Sesuai dengan Tanggal Kemerdekaan

Angka lainnya yang melekat erat di hari kemerdekaan adalah tanggal, bulan dan juga tahun kemerdekaan. Angka 17, 9 dan 45 adalah beberapa nominal angka yang sering digunakan sebagai diskon kemerdekaan.

Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memberikan potongan harga atau diskon dengan nominal 8 ribu, 17 ribu ataupun 45 ribu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan persentase, yaitu 8%, 17% atau 45%. Diskon seperti ini bisa Anda terapkan untuk nominal pembelian tertentu agar Anda tidak rugi.

11. Cashback

Kita tahu bahwa saat ini sudah banyak jenis promo yang digunakan oleh para pebisnis, termasuk promo cashback. Promo ini dilakukan dengan mengembalikan uang belanja dari pembeli dengan jumlah tertentu.

Cashback ini bisa dalam bentuk diskon ataupun potongan harga. Dalam dunia bisnis online, biasanya cashback akan diberikan dalam bentuk uang digital yang nantinya bisa dibelanjakan kembali pada tempat yang sama.

12. Buy 3 Get 3

Promo buy 1 get 1 tentunya sudah sangat mainstream. Di hari kemerdekaan kali ini, Anda bisa memberikan promo kemerdekaan buy 3 get 3 untuk konsumen Anda. jadi, mereka yang melakukan pembelian 3 produk atau 3 jasa yang ANda jual, maka mereka berhak memperoleh 3 produk lagi secara Cuma-Cuma dari Anda.

13. Menjadi Sponsor Event di 17 Agustus

Di tanggal 17 Agustus ini, tentu akan ada banyak sekali jenis lomba yang diselenggarakan, baik itu dalam bentuk online ataupun offline. Perlombaan seperti turnamen game cenderung mampu memberikan keuntungan yang sangat besar daripada perlombaan offline.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjadi sponsor di event 17 Agustus adalah mampu meningkatkan brand awareness, meningkatkan brand exposure, menciptakan citra brand yang positif, dan lebih hemat biaya daripada beriklan di media televisi.

Namun, usahakanlah agar turnamen ataupun event yang Anda sponsori ini masih mempunyai relevansi dengan produk ataupun jasa layanan yang Anda jual.

14. Loyalty Points

Selain dengan memberikan voucher, Anda juga bisa memberikan poin untuk setiap pelanggan Anda. Nantinya, poin yang sudah mereka dapatkan bisa dikumpulkan dan juga dikumpulkan dengan berbagai hadiah menarik. Contohnya seperti voucher belanja, merchandise, dan barang elektronik lain.

Penutup

Itulah berbagai ide promo kemerdekaan yang kreatif dan ampuh untuk bisa Anda terapkan dalam menyemarakkan kemerdekaan RI tahun ini. Anda bisa memilih beberapa ide di atas atau memodifikasinya sesuai dengan kemauan ataupun kondisi perusahaan Anda saat ini agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Namun, jangan lupa untuk mencatat keuntungan tersebut dalam laporan laba rugi perusahan Anda. Nantinya, laporan ini sangat penting untuk mengetahui kondisi keuangan Anda dan membantu Anda dalam membuat kebijakan bisnis yang tepat di masa depan.

Namun, bila Anda kesulitan dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat laporan laba rugi, maka Anda bisa menggunakan  dari Accurate Online. Software akuntansi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate Online lebih dari sekedar software akuntansi biasa. Accurate Online adalah software bisnis yang memiliki segudang fitur bermanfaat untuk mempermudah Anda dalam mengelola bisnis. Beberapa fitur yang ada di dalamnya adalah fitur persediaan, penjualan, perpajakan, pembelian, kas dan bank, aset tetap, manufaktur dan masih banyak lagi.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik melalui

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

accurate1

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Apa Itu Business Analyst dalam Software Development?

Agung

Kenali Rincian Job Desc dan Contoh KPI Staff Gudang

Faqih Jafar

Menggali Lebih Dalam tentang IFRS: Keuntungan dan Regulasi yang Diatur

Faqih Jafar