25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda

Media promosi dan periklanan telah berkembang menjadi bentuk komunikasi yang sangat kompleks, dengan ribuan cara berbeda bagi bisnis untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Pengiklan saat ini memiliki beragam pilihan yang mereka miliki.

Internet sendiri menyediakan banyak di antaranya, dengan munculnya video viral bermerek, spanduk, advertorial, situs web bersponsor, ruang obrolan bermerek, dan banyak lagi.

Berikut adalah media promosi dan beberapa contoh metode periklanan yang bisa Anda gunakan untuk keberhasilan promosi merek dan bisnis Anda:

1. Media Promosi Online atau Periklanan Digital

Jika Anda melihat iklan melalui internet, maka itu termasuk iklan online. Faktanya, sebagian besar situs web yang Anda kunjungi terdapat iklan, karena mereka adalah penggerak pendapatan utama internet.

Jalan lain dari iklan online adalah natve ads, yang merupakan variasi digital dari advertorial cetak lama dan konten bersponsor. Ada banyak strategi pemasaran digital termasuk menempatkan iklan di situs populer dan situs media sosial, diantaranya seperti:

Google Ads memungkinkan perusahaan untuk mengajukan tawaran atas penempatan iklan di halaman hasil mesin pencari Google. Dengan menggunakan kata kunci atau istilah pencarian umum, pencarian yang terkait dengan bisnis dan produk serta layanan mereka muncul di hasil pencarian.

Misalnya, perusahaan yang mengiklankan asuransi akan muncul di kueri penelusuran apa pun untuk produk asuransi. Bisnis tersebut membayar Google jika iklan diklik, itulah sebabnya ini disebut dasar biaya per klik

Google AdSense disisi lain memungkinkan perusahaan untuk menghosting iklan di situs mereka dari Google untuk menghasilkan pendapatan bagi situs tersebut.

Untuk bisnis yang ingin beriklan, mereka dapat mendaftar di Adsense dan Google, melalui algoritmanya, akan mencocokkan iklan tersebut ke berbagai situs web dengan konten atau parameter pencarian terkait.

Hasilnya, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih besar melalui penempatan iklan Google. Google menempatkan iklan di situs web lain untuk menghasilkan klik dan lalu lintas situs web

Iklan LinkedIn

Perusahaan dapat membuat halaman bisnis dan memposting konten, video, penawaran produk di halaman mereka sebagai cara untuk menjangkau jutaan pengguna LinkedIn.

Halaman LinkedIn dapat menjadi ekstensi dari situs web perusahaan dan mengarahkan lalu lintas ke situs melalui tautan di konten. Selain itu, karyawan perusahaan dapat membuat halaman LinkedIn dengan konten serupa yang berisi tautan ke situs web perusahaan dan penawaran produk.

Perusahaan juga dapat menempatkan iklan di LinkedIn yang dapat ditargetkan untuk sifat atau demografi tertentu dari pengguna LinkedIn.

Misalnya, jika sebuah bisnis ingin beriklan kepada orang-orang yang bekerja di bidang akuntansi, dapat dipasang iklan yang hanya menargetkan pengguna LinkedIn yang bekerja di industri akuntansi atau memiliki gelar akuntansi.

Dengan LinkedIn, banyak anggota yang termasuk dalam grup. Iklan dapat ditargetkan ke grup tertentu seperti grup cryptocurrency atau grup teknologi

Situs media sosial lain, seperti Facebook dan Twitter, menawarkan program serupa seperti yang diuraikan dari Google dan LinkedIn. Dengan media promosi dan periklanan digital, penting untuk meneliti dan menargetkan audiens tertentu yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan perusahaan sebelum memasang iklan.

2. Periklanan Ponsel & Seluler

Kekuatan yang mendominasi dalam periklanan digital adalah melalui perangkat seluler seperti ponsel, iPad, Kindles, dan perangkat elektronik portabel lainnya dengan konektivitas internet.

Tren terkini dalam periklanan seluler melibatkan penggunaan utama media sosial seperti Twitter, Instagram, Snapchat, LinkedIn, dan Facebook. Periklanan seluler mirip dengan periklanan online dan semakin menjadi penting sebagai metode untuk menjangkau pelanggan baru.

3. Iklan cetak

Setelah menjadi pendorong penjualan yang besar, media cetak menjadi pilihan terakhir dari banyak bentuk periklanan digital yang sekarang tersedia untuk pemasar.

Namun, ada satu hal yang pasti tentang periklanan, perbedaan itu baik. Dan ketika konsumen bosan dengan iklan digital, kembali ke media cetak merupakan pilihan yang baik di tengah hingar bingar media promosi online. Biasanya, iklan cetakan dapat dibagi menjadi tiga subkategori:

Iklan Berkala

Jika ada di majalah, surat kabar, atau hal lain yang keluar secara berkala, maka itu adalah iklan berkala (alias iklan cetak). Selama beberapa dekade, iklan cetak adalah standar emas bagi pengiklan dan klien mereka. Mengambil bagian tengah majalah besar atau sampul belakang surat kabar berarti jutaan orang melihat pesan itu.

Brosur, Leaflet, Flyer, Handout, dan Iklan Point-of-Sale

Meskipun beberapa dari media ini dapat ditempatkan di halaman surat kabar dan majalah, mereka diperlakukan sebagai entitas yang terpisah, biasanya karena mereka memiliki lebih sedikit kesempatan untuk dilihat.

Dari sesuatu yang ada di meja layanan pelanggan hingga brosur mobil yang mengilap, media cetak kecil menawarkan cara yang lebih intim dan bentuk panjang untuk melibatkan konsumen. Gunakan pendekatan ini jika Anda memiliki lebih banyak informasi daripada yang dapat Anda jejalkan ke dalam iklan cetak.

Iklan Surat Langsung

Salah satu teknik yang disebutkan di atas dapat digabungkan ke dalam surat langsung. Ini berarti bahwa barang cetakan Anda dikirimkan langsung ke konsumen.

Ini adalah teknik yang telah dan terus dilakukan. Jika metode ini kreatif dan dipahami serta dijalankan dengan cerdas, surat langsung atau direct mail bisa menjadi cara yang luar biasa untuk melibatkan pelanggan.

4. Guerrilla Advertising

Juga dikenal sebagai media ambien, periklanan gerilya (atau pemasaran) telah menjadi menonjol selama 20 tahun terakhir. Ini adalah istilah yang digunakan secara luas untuk sesuatu yang tidak konvensional dan biasanya mengundang konsumen untuk berpartisipasi atau berinteraksi dengan karya tersebut dengan cara tertentu.

Lokasi itu penting, begitu juga dengan waktu. Kekuatan pendorong di balik periklanan atau pemasaran gerilya adalah ide-ide kreatif dan inovasi, bukan anggaran yang besar.

Cukup sering, Anda akan meminta maaf daripada izin dengan kampanye ini, dan mereka akan menyebar dari mulut ke mulut dan media sosial.

5. Broadcast Advertising

Bentuk komunikasi pasar massal termasuk televisi dan radio, iklan siaran, hingga saat ini, menjadi cara paling dominan untuk menjangkau sejumlah besar konsumen.

Iklan siaran menderita karena popularitas DVR dan teknologi “lompati iklan”. Namun, ini masih merupakan cara yang efektif untuk menjangkau jutaan orang.

6. Iklan luar ruangan

Juga dikenal sebagai Outdoor Advertising, ini adalah istilah luas yang menggambarkan semua jenis iklan yang menjangkau konsumen saat mereka jauh dari rumah. Pikirkan papan reklame, poster halte bus, poster fly, dan bahkan papan digital besar di Times Square.

7. Iklan Layanan Masyarakat

Tidak seperti iklan tradisional, Iklan Layanan Masyarakat atau Public Service Advertisements (PSA) terutama dirancang untuk menginformasikan dan mendidik daripada menjual produk atau layanan. Iklan ini biasanya muncul di media promosi TV dan radio, tetapi juga dipromosikan secara besar-besaran secara online.

8. Product Placement Advertising

Penempatan produk atau Product Placement Advertising adalah promosi barang dan layanan bermerek dalam konteks pertunjukan atau film, bukan sebagai iklan eksplisit.

Jika Anda pernah menonton film dan bertanya-tanya, “Wow, mereka pasti mengendarai banyak Ford dalam adegan ini,” atau “Apakah semua orang di acara TV ini minum Pepsi?” maka Anda memperhatikan penempatan produk.

Ini adalah cara agar film dan acara tersebut mendapatkan pendanaan, dan merupakan cara yang bagus bagi pengiklan untuk menjangkau demografis yang ditargetkan.

Kesimpulan

Dengan banyaknya media promosi dan metode periklanan untuk mengenalkan produk atau layanan Anda pada dunia, hal ini tentu akan memudahkan Anda membuat kampanye yang tepat unduk bisnis Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan, mungkin tidak semua metode periklanan cocok untuk bisnis Anda, namun selalu ada kolaborasi media promosi yang tepat untuk kesuksesan usaha Anda.

Anda bisa mencoba semua metode tersebut dan mengukur tingkat keberhasilan berdasarkan biaya marketing yang telah Anda keluarkan.

Untuk memudahkan Anda dalam mencatat semua pengeluaran dan anggaran yang akan Anda buat nantinya, pastikan Anda menggunakan sistem pencatatan keuangan terbaik untuk membantu Anda melakukan pemantauan dan pengelompokan pos pengeluaran secara terperinci. Salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti fitur pembukuan, anggaran, manajemen stok dan inventori, payroll, otomasi laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Jika ada pertanyaan silakan hubungi ke no wa di 087865356777 ( Handry Liem )

Related posts

Cara Menulis Deskripsi Produk di E-Commerce Yang Tepat

admin

Mengapa Akuntan Sering Lembur di Akhir Bulan?

ademuthia

5 Pelajaran Bisnis Dari Drama Korea Start-Up

admin