27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

3 Penyebab Utama Karyawan Melakukan Korupsi

Karyawan melakukan korupsi – Seperti yang kita ketahui, korupsi tidak hanya terjadi di instansi peerintahan saja, tapi tidak menutup kemungkinan korupsi dilakukan oleh karyawan dalam usaha kita sendiri.

Baca Juga: Cara Mendeteksi Korupsi Dalam Bisnis UKM dan UMKM

Menurut QmFinancial.com, kecurangan (korupsi) bisa terjadi di perusahaan mana pun. Meski data menyebutkan, bahwa perusahaan dengan jumlah karyawan di bawah 100 orang lebih berpotensi, tapi fraud juga bisa terjadi di perusahaan besar yang sudah punya sistem dan struktur yang baik.

Dikatakan Wizral Yanuar Deputi Pemberantasan Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi Keuangan (PPATK) dalam news.okezone.com, korupsi dilakukan karena adanya empat unsur, antara lain, niat untuk melakukan, kemampuan untuk melakukan, peluang atau kesempatan dan target yang cocok. PPATK, kata Wizral, tidak tinggal diam untuk mengusut kasus korupsi.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebabnya?

Apakah dari sisi perusahaan, ataukah dari sisi human-nya? Bisa jadi dari keduanya. Kita lihat yuk, hasil penelusuran ke beberapa sumber dan juga wawancara dengan seorang staf HR.

 

Adanya Celah dan Peluang

Fakta bahwa perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 100 orang lebih rentan mengalami fraud ini bisa menjadi bukti, bahwa celah dan peluang itu akan selalu ada. Memang enggak semua perusahaan kecil mengalaminya sih, banyak juga yang berhasil mengelola SDMnya dengan baik sehingga meminimalkan risiko penyebab fraud.

Akan tetapi, dari merunut logika saja sebenarnya sudah masuk di akal. Perusahaan kecil biasanya belum mempunyai sistem dan struktur perusahaan yang paten, yang efektif dan efisien. Mereka biasanya masih fokus pada pengembangan bisnis, sehingga kadang menurunkan prioritas untuk mengembangkan sisi SDM yang berada dalam organisasinya.

Wajar sih. Kan kadang susah juga kalau semua mau diprioritaskan, bukan? Tapi, sebaiknya juga jangan dibiarkan berlarut-larut tanpa sistem yang jelas. Setidaknya peraturan perusahaan itu harus ada dan harus konsisten diterapkan sehari-hari.

 

Adanya Tekanan Yang Harus dihadapi Karyawan

Ada peluang, ditambah dengan “kebutuhan”, bisa menjadi penyebab fraud yang dilakukan oleh karyawan yang paling jujur sekalipun.

Kebutuhan ini bermacam-macam. Ya, siapa sih yang nggak punya kebutuhan hidup? Semua juga punya kebutuhan hidup, semua juga butuh uang. Tapi biasanya karyawan yang sampai hati melakukan fraud ini enggak sekadar butuh saja. Ada tekanan yang menyertai kebutuhan ini. Misalnya, terlilit utang. Karena butuh dana untuk bisa melunasi utang, plus adanya kesempatan, maka ia pun memalsukan laporan keuangan.

Accurate Online dapat Mencegak Pemalsuan Laporan Keuangan dalam Bisnis Anda. Penasaran Bagaimana caranya?

Rotten Apple

Ha? Apel busuk? Iya, well, ini pepatah sih sebenarnya. Yang bilang, bahwa kalau ada satu apel busuk di dalam keranjang, maka akan bisa membuat busuk apel yang lainnya. Kalau pepatah yang lain–yang mungkin lebih populer–adalah karena nila setitik, rusak susu sebelanga, mungkin ya?

Budaya kerja dalam sebuah perusahaan biasanya terbentuk oleh manusia-manusia yang ada di dalamnya. Saat seorang karyawan baru bergabung, dan budaya kerja sudah kental aura kecurangannya, maka si karyawan baru bisa saja lantas melakukan hal yang sama.

Apalagi jika mereka-mereka yang berperan sebagai pemimpin di perusahaan tersebut juga melakukan hal yang sama. Anak buah biasanya akan berperilaku sama dengan atasan.

 

Itulah 3 dari ratusan penyebab karyawan melakukan korupsi di bisnis Anda. Perhatikan karyawan dengan baik dan cegah korupsi sejak dini.

Related posts

Pahami Proses Penjualan Agar Penjualan dapat Naik Berkali-Kali Lipat

admin

Accurate Online sebagai Alat Pengingat Hutang Piutang dalam Bisnis

ademuthia

Software Accurate Online Melayani Palangka Raya dan sekitarnya

ademuthia

Leave a Comment