31.3 C
Jakarta
May 18, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

5 Resiko Yang Dihadapi Seorang Pebisnis

Resiko Usaha adalah hal yang perlu diantisipasi dan dikelola saat menjalankan suatu bisnis. Langkah paling awal adalah mengidentifikasi resiko bisnis yang mungkin datang menghadang, lalu menyiapkan langkah antisipasi atas resiko usaha yang mungkin terjadi sebagai pengusaha. Ada 4 resiko usaha yang perlu diwaspadai.

Salah satu kegiatan yang memiliki banyak resiko ialah berbisnis dan usaha, karena kegiatan bisnis bertujuan memperoleh keuntungan yang mana awalnya membutuhkan suatu modal berupa uang.

Tentu saja resiko terbesar dari berbisnis adalah kerugian berupa uang.

 

Kerugian

Kerugian merupakan hal yang paling di takutkan oleh siapa saja terutama oleh pembisnis.

Skala kerugian sendiri cukup bermacam-macam, bisa skala yang kecil dengan kerugian yang tidak begitu berdampak namun ada pula kerugian tingkat menengah sampai skala besar sehingga sangat berdampak terhadap bisnis yang di jalankan.

Bahkan apabila kerugian tersebut tidak bisa di kendalikan akan mengakibatkan kebangkrutan.

 

Persaingan Ketat

Dimana sekarang ini persaingan di dalam dunia usaha sangatlah ketat dan banyak pembisnis yang berebut pasar baik dengan cara yang sehat maupun dengan cara yang tidak sehat.

Maka dari itu sebaiknya persaingan tidak perlu terlalu di pikirkan, yang penting kita harus fokus dalam memproduksi atau memberikan jasa kepada konsumen kita.

Intinya semakin baik kualitas yang kita berikan maka semakin setia juga konsumen kita terhadap produk atau layanan yang kita berikan.

 

Kondisi Pasar Yang Tidak Stabil

Saat ini kondisi pasar sangat sulit stabil, ini di karenakan perekonomian negara kita yang juga tidak stabil. Belum lagi di picu oleh ekonomi global yang mengalami tekanan akhir-akhir ini. Tak heran memang apabila kondisi pasar menjadi tidak stabil, seperti contohnya harga bahan baku, dimana harga bahan baku berubah sewaktu-waktu yang bisa membingungkan kita sebagai pembisnis. Ketika harga bahan baku naik, kita tidak bisa begitu saja menaikkan produk yang kita jual, karena hal tersebut bisa mengakibatkan konsumen kabur. Namun apabila harga tetap kita tentu mengalami kerugian. Maka solusinya bisa dengan cara mengurangi kuota produksi.

 

Bergantung pada Arus Kas

Mengamankan arus kas reguler pada kenyataannya sulit dilakukan. Setiap harinya, Anda harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karenanya, Anda perlu mengatur arus kas, seandainya pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran, atau pengeluaran yang tidak sesuai dengan jumlah pemasukan. Perlu disadari, tagihan bisa datang kapan saja. Jika Anda tidak memiliki cukup pendapatan yang mendukung arus kas keluar, Anda bisa saja kekurangan uang.

Penting bagi pebisnis untuk mengelola arus kas mereka dengan baik. Accurate Online dapat membantu para pebisnis di Indonesia untuk mencatat dan membuat laporan keuangan bisnis Anda

Mengorbankan Waktu Pribadi

Dalam berbisnis, Anda akan meluangkan banyak waktu untuk bekerja. Ada kalanya Anda akan kehilangan waktu-waktu berharga untuk beristirahat, atau sekadar makan malam dengan keluarga.

Anda juga harus mengorbankan waktu personal Anda dan oh ya, jangan heran jika Anda akan merasa lebih tertekan karena beban kerja yang lebih besar dari biasanya.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

SIAP-SIAP SERBU PROMO ACCURATE ONLINE!

ademuthia

Cara Pebisnis Hadapi New Normal di Bulan Juni 2020

ademuthia

Yuk Kenalan dengan Industri Jasa Keuangan di Indonesia

ademuthia

Leave a Comment