27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

6 Alasan Kamu Tidak Perlu Menggunakan Kartu Kredit

Ada banyak alasan kenapa kamu tidak seharusnya membutuhkan kartu kredit. Meskipun selalu saja menarik hati masyarakat karena ada banyak pilihan program, seperti cashback, bebas biaya tahunan, sampai promo memikat lainnya.

Kartu kredit memang menjadi salah satu produk keuangan revolusioner yang dari dulu sampai sekarang banyak digunakan oleh masyarakat. Sebab, ini dianggap memudahkan para pengguna untuk memenuhi kebutuhan, bahkan gaya hidup sekalipun. Fungsinya yang fleksibel mampu menjadi daya tarik konsumen saat ini tanpa perlu memegang banyak uang tunai. Kepraktisan ini pula yang membuat kamu mudah terpikat hingga masuk ke dalam jurang “mematikan”, yakni utang.

Dibalik penawaran yang cukup membuat kamu terlihat “hidup berkecukupan” ini, justru ada baiknya dipikirkan lebih matang apakah perlu menggunakan kartu kredit atau tidak. Walaupun banyak “iming-iming” aduhai yang memikat hati, tapi kamu juga jangan mengesampingkan akibat dari penggunaan kartu kredit yang sangat mengerikan.

Tapi, siapa sih yang tidak akan tertarik dengan penawaran kartu kredit seperti itu? Kamu yang awalnya tidak ogah punya kartu kredit, malah jadi goyah imannya dan akhirnya memilih untuk mengajukan penggunaan kartu kredit. Yap, begitulah cara bank untuk menggaet nasabah dalam meningkatkan transaksi kartu kredit.

Di zaman sekarang, tidak punya kartu kredit boleh gak sih? Boleh dong. Maka dari itu, ada banyak hal yang melatarbelakangi kenapa kamu tidak harus membutuhkan kartu kredit.

Belum punya banyak pengeluaran

Buat kamu yang baru lulus kuliah atau bahkan belum menikah dan masih memiliki orangtua yang bekerja tentu tidak memiliki banyak pengeluaran, bukan?

Memang sih, pengeluaran setiap orang berbeda-beda. Tapi, kalau kamu sudah menikah atau masih mencari-cari pekerjaan dan orangtua sudah tidak bekerja, jelas akan memiliki banyak pengeluaran. Memiliki kartu kredit memang bisa menjadi kebutuhan yang sangat kamu perlukan.

Kamu pun tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki kartu kredit jika pengeluaranmu hanya itu-itu saja. Namun, bukan berarti kamu yang sudah menikah wajib punya kartu kredit lho. Semua kembali lagi pada setiap kebutuhan, yang terpenting itu disiplin dalam menggunakannya.

Mudah mengatur keuangan

Memiliki kartu kredit, rasanya seperti dikejar-kejar hutang kalau kamu kesulitan dalam membayar tagihan. Makanya, kamu yang tidak bisa membatasi keinginan belanja dengan kartu kredit pasti akan mengalami hal tersebut.

Beda hal jika kamu bisa mengerem keinginan untuk berbelanja, apalagi jika kamu tidak memiliki kartu kredit, uang gajian yang setiap bulan kamu dapat akan dapat diatur dengan baik. Berhemat dan hanya mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan penting akan kamu rasakan dan terlatih untuk memuaskan hasrat keinginan untuk membeli sesuatu.

Mampu menahan nafsu belanja

Kamu yang punya kartu kredit pasti akan merasa aman-aman saja untuk memuaskan nafsu keinginan berbelanja. Tapi kamu pun melupakan apa yang menjadi kewajibanmu, yakni melunasi hutang.

Maka dari itu, jika kamu termasuk orang yang mudah tergoda melihat barang-barang atau produk-produk tertentu, lebih baik menghindari untuk memiliki kartu kredit. Sebab, itu akan menjerumuskanmu ke dalam hal yang mengerikan, yaitu utang.

Bebas dari hutang

Beruntungnya kamu, di era modern seperti sekarang yang masih banyak orang-orang menggunakan kartu kredit dan berurusan dengan bank, kamu malah terbebas dari masalah seperti itu. Jika kamu sudah membuat kartu kredit, itu artinya kamu sudah bersinggungan dengan perbankan.

Baca Juga: Accurate Online sebagai Alat Pengingat Hutang Piutang dalam Bisnis

Bahaya loh jika sudah begitu. Apalagi jika kamu nantinya tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi ke depannya dengan perbankan, debt collector bisa saja datang ke rumah dan menyita barang berharga yang kamu miliki.

Menggunakan kartu kredit sudah pasti berhutang kepada bank. Satu hal yang pasti, utang bank akan ada bunganya. Jadi, lebih baik, hindari penggunaan kartu kredit kalau tidak mau bermasalah nantinya.

Terpacu untuk mencari penghasilan tambahan

Tidak mempunyai kartu kredit, bukan berarti kamu tidak bisa membeli barang yang kamu inginkan. Justru, kamu akan semakin merasa semangat untuk meraih apa yang ingin dibeli dengan mencari uang tambahan. Itulah kenikmatan dari terbebas kartu kredit.

Meskipun kamu sudah bekerja, tapi kamu pasti akan merasa ingin mencari uang tambahan, selain menambah pemasukan, juga terpacu mewujudkan keinginan. Bukan hanya membeli suatu barang, tapi mewujudkan keinginan kalau kamu ingin menjadi pengusaha, seperti berjualan online.

Mindset kamu pun akan berubah, mulai dari melakukan apa-apa dengan hal instan dengan menggesek kartu kredit, menjadi seorang pekerja keras dengan penuh usaha.

Memiliki tabungan yang cukup

Kamu tahu alasan kamu enggan memiliki kartu kredit? Itu karena kamu termasuk orang yang rajin menabung dan pandai mengelola keuangan sendiri. Sehingga kamu mempunyai tabungan yang cukup untuk membeli sesuatu tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Pertahankan hal tersebut agar kamu juga terbebas dari hutang. Hidup yang kamu jalani akan lebih tentram, tanpa perlu melakukan kewajiban dalam membayar cicilan.

Agar Anda bisa melakukan pencatatan keuangan bisnis dengan tepat, mudah, dan sederhana. Anda bisa gunakan software akuntansi, seperti Accurate Online. Software ini akan memudahkan Anda dalam mengurusi segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis, termasuk dalam pembukuan keuangan. Tertarik? Yuk, gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Kerajaan Bisnis Penipuan Terbesar di Awal Tahun 2020

ademuthia

2 PROMO LUDES! Promo CERMAT Terakhir Accurate Online

admin

Keunggulan Accurate Online dibandingkan Software Akuntansi Lain | Promo Accurate Online

ademuthia

Leave a Comment