fbpx

6 Alasan Mengapa Anda Harus Beralih ke Software Akuntansi Online

Keberadaan software akuntansi sudah sangat membantu pekerjaan para akuntan di dunia, dan juga para pemilik bisnis. Jika bisnis Anda masih kecil, maka software akuntansi merupakan ‘pegawai’ terbaik untuk membantu keuangan usaha Anda, dibandingkan harus memakai jasa seorang akuntan. Namun, seiring perkembangan zaman, para pengusaha kembali bingung dalam memilih software akuntansi. Apakah tetap menggunakan software akuntansi tradisional (offline) atau beralih ke software akuntansi online.

Dilema ini tak perlu membuat Anda bingung. Ikutilah perkembangan zaman, mungkin memang sudah seharusnya Anda beralih ke software akuntansi online, dibandingkan tetap menggunakan software akuntansi offline. Ada beberapa alasan utama Anda harus pindah ke software akuntansi online agar data keuangan Anda bisa tersimpan secara lebih rapih dan bisa digunakan secara fleksibel.

Beberapa alasan ini akan menguatkan niat Anda untuk beralih ke software akuntansi online

Tidak Perlu Melakukan Instalasi

Proses intalasi bagi sebagian orang merupakan proses yang menyulitkan. Bahkan banyak pengguna komputer yang enggan melakukan instalasi, sebagian dari mereka lebih memilih untuk meminta bantuan orang lain. Begitupun dalam software untuk bisnis, seperti software pembukuan. Jika Anda menggunakan software online, maka Anda harus melakukan instalasi di setiap komputer. Tentunya ini merepotkan Anda.

Berbeda jika Anda menggunakan software akuntansi online. Anda tidak perlu melakukan instalasi. Anda hanya cukup masuk ke akses yang disediakan oleh penyedia jasa tersebut. Seperti pada Accurate Online (AOL). Untuk menggunakannya Anda hanya cukup masuk ke Accurate.id. Sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi yang menyulitkan itu.

Tidak Perlu Storage yang Besar

Menggunakan software akuntansi online tidak mengharuskan Anda menyediakan tempat penyimpanan data yang lebih besar. Berbeda jika Anda menggunakan software akuntansi offline, Anda harus menyimpan pada hard disk komputer atau laptop Anda.

Ketika Anda menggunakan software akuntansi, Anda tidak perlu menyediakan ruang penyimpanan pada komputer Anda. Karena pada umumnya software akuntansi online telah menggunakan sistem cloud, bahkan ada software akuntansi online yang bisa menggunakan server tersendiri, seperti Accurate Online.

Lebih Fleksibel

Keuntungan yang tidak bisa diperoleh dari software akuntansi offline, fleksibilitas dalam penggunaannya. Jika Anda memilih untuk memakai software akuntansi online, Anda bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja, dan tidak hanya terikat dengan satu komputer saja.

Ketika Anda sedang berada di luar kota, dengan menggunakan software akuntansi online maka Anda bisa tetap mengakses data keuangan usaha Anda. Berapa jumlah transaksi harian pun bisa Anda pantau, meskipun Anda sedang tidak berada di tempat usaha Anda. Karena dengan software akuntansi online, Anda bisa mengakses dimana saja dan dengan perangkat apa saja.

Tidak Hanya Bisa Dipakai pada Komputer

Mengapa Anda harus beralih ke software akuntansi online, karena menggunakan software akuntansi online tidak mengharuskan Anda hanya mengaksesnya melalui komputer atau laptop saja. Namun, Anda bisa mengakses pada gadget lain, seperti pada tablet ataupun smartphone.

Realtime Stock

Usaha Anda memiliki beberapa cabang? Tentunya memerlukan data stock yang bisa diakses secara realtime. Realtime stock merupakan salah satu fitur yang cukup membantu Anda dalam memantau stock yang terdapat di gudang. Fitur ini tentunya bisa dipantau hanya dengan software akuntansi online, tak mungkin Anda memantaunya melalui software akuntansi offline. Inilah alasan mengapa Anda harus beralih ke software akuntansi online.

Keamanan Data

Masalah keamanan data menjadi pertanyaan bagi para pengusaha yang ingin beralih menggunakan software akuntansi online. Hal semacam ini sangat lumrah Anda tanyakan, karena data yang tersimpan pada software akuntansi adalah sebuah rahasia bisnis, sehingga tak boleh sembarang orang yang mengaksesnya.

Jika Anda menggunakan software akuntansi online, maka keamanan data Anda akan lebih aman. Karena penyimpanan diletakan pada cloud. Berbeda dengan software akuntansi offline, data-data tersimpan hanya pada hard disk komputer.

Ketika komputer Anda terserang virus atau rusak, maka data tersebut tentunya akan hilang. Namun jika Anda menyimpannya di cloud, data tersebut akan lebih aman. Meskipun komputer atau laptop Anda rusak, Anda tetap bisa mengakses data tersebut menggunakan komputer atau laptop lainnya.

Itulah enam alasan mengapa Anda harus beralih ke software akuntansi online. Mulai saat ini Anda harus memakai software akuntansi online. Terlebih software akuntansi online sangat mudah di akses. Seperti halnya Accurate Online (AOL) yang memiliki sistem penyimpanan private cloud, sehingga data keuangan bisnis Anda tersimpan di tempat yang aman.

harbolnas 12 2017-slide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *