29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

8 Bisnis Digital yang Wajib Anda Coba Sekarang Juga

Mendirikan bisnis di era digital seperti saat ini memang memiliki tantangan sendiri. Tapi, jika Anda bisa memulai bisnis dengan benar, berbagai proses selanjutnya tentu akan menjadi lebih mudah. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Semuanya akan berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang memiliki peluang bagus dan mendirikannya dengan cara yang baik, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa mencapai hasil sempur

Lantas, bisnis digital apa saja yang sekiranya menjanjikan di tahun ini? sebenarnya ada banyak sekali pilihannya, tapi Anda harus melakukan riset pasar sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rangkumannya untuk Anda.

Tapi, sebelum kita membahasnya jauh lebih dalam, kita harus mempelajari terlebih dahulu tentang apa itu bisnis digital yang sebenarnya.

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah salah satu jenis bisnis jasa yang menggunakan kecanggihan teknologi saat membuat suatu produk ataupun dalam proses pemasarannya. Bisnis digital tidak hanya berkaitan dengan penjualan suatu produk tanpa wujudnya saja seperti software. Selain itu, bisnis digital juga tidak melulu tentang produk fisik yang diproduksi dalam bentuk digital seperti ebook.

Jadi, bisnis digital merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website ataupun aplikasi, salah satu contohnya adalah ecommerce.

Bisnis digital juga bisa berupa barang maupun jasa, contohnya Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi dalam mengembangkan diri, maka Anda bisa menjadi salah satu motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa Anda jadikan inti dari bisnis digital yang Anda jalani.

Dalam prosesnya, terdapat banyak sekali contoh bisnis digital yang telah terbukti memiliki omset yang sangat menggiurkan. Berikut ini akan kami bagikan 8 ide bisnis digital yang bisa Anda coba.

8 Ide Bisnis Digital

1. Bisnis Digital Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu bentuk aktivitas memasarkan produk atau jasa milik orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Cara kerja dari afiliasi digital ini terbagi menjadi tiga. Pertama, Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada suatu program afiliasi, lalu Anda akan mendapatkan suatu kode referral atau link tertentu. Kedua, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran produk dengan memanfaatkan website ataupun sosial media. Ketiga, jika ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan ataupun mengikuti link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan.

2. Menjadi Seorang Youtuber

Perlu Anda ketahui bahwa penghasilan untuk menjadi seorang Youtuber sangatlah besar, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga milyaran rupiah pertahun.

Salah satu youtuber sukses di Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak adalah, Ria Ricis. Dia bisa mendapatkan penghasilan sebanyak itu dengan ketekunannya dalam menyuguhkan konten yang menarik di akun Youtubenya.

Mengelola akun YouTube dengan varian konten yang unik sudah terbukti mampu dijadikan suatu bisnis digital yang sangat menggiurkan.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menjadi youtuber adalah Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan yang sama. Anda hanya harus memikirkan apa yang menjadi kemampuan dan keahlian Anda lalu keahlian tersebut Anda tuangkan dengan menyajikan konten yang menarik.

Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari menjadi seorang youtuber adalah bisa dari iklan ataupun dari review berbayar yang Anda lakukan.

3. Mencoba Bisnis Dropship

Dropship adalah salah satu bisnis digital yang memungkinkan Anda dalam menjual suatu produk tanpa harus repot-repot memikirkan gudang serta pengiriman produk. Jadi, Anda hanya harus mengandalkan kemampuan Anda saja dalam menjual suatu barang.

Hal inilah yang membedakan bisnis dropship dengan bisnis reseller. Selain itu, bisnis dropship juga sangat berbeda dengan bisnis affiliasi. Pada bisnis affiliasi, Anda adalah seorang pemasar yang menjual produk tertentu. Sedangkan pada bisnis dropship, Anda hanya akan menjual produk tersebut dan menerima uang dari pembeli secara langsung.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis dropship ini bisa Anda dapatkan dari selisih uang yang Anda dapatkan dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan pada produsen barang. Hal terunik lain yang bisa Anda dapatkan dari memulai bisnis dropship adalah pihak produsen lah yang memiliki tugas dalam mengirimkan barang pada konsumen.

Sederhananya, dropshipper atau orang yang melakukan dropship berfungsi sebagai penghubung antara pihak pembeli dan pihak penjual.

Alasan utama kenapa bisnis dropshipping ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis digital yang menarik adalah bahwa Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal dan Anda hanya harus menentukan sendiri produk apa yang ingin Anda jual.

4. Menjadi Blogger

Sebagian besar dari kita tentu sudah sangat mengenal sosok Raditya Dika, dia adalah seorang penulis buku, stand up comedian, dan pemain film. Perjalanan sukses yang dia lakukan berawal dari menulis laman blog pribadi yang saat itu adalah kambingjantan.com.

Namun, jika saat ini Anda sudah memiliki suatu blog, maka pastikanlah agar konten blog Anda memiliki konten yang menarik dan mampu mendatangkan pengunjung. Jika belum, maka Anda bisa coba membuatnya dengan memanfaatkan blogger.com atau wordpress.com. Saat ini sudah banyak sekali tutorial atau cara membuat blog yang bisa Anda cari di mesin pencarian.

Selanjutnya, jika blog sudah jadi, maka Anda harus menjadikan blog Anda menjadi sumber penghasilan. Caranya adalah dengan menyediakan ruang pada blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh banyak blogger lain.

5. Menjadi Instagram Influencer

Bila Anda memiliki banyak jumlah follower yang banyak pada akun Instagram Anda, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang influencer sebagai suatu peluang yang sangat menjanjikan.

Pada tahap awal, Anda bisa fokus dalam memproduksi konten yang Anda buat. Jika Jumlah follower Anda meningkat, maka tidak menutup kemungkinan akan ada kerjasama dari pihak yang baik dengan cara melakukan posting iklan produk ataupun melakukan review berbayar.

6. Menulis Konten Digital

Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda dengan menghasilkan banyak uang di era digital seperti saat ini. Terlebih lagi, saat ini pun sudah banyak sekali website yang mampu bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang sangat berkualitas.

Untuk level global yang menggunakan bahasa Inggris, pilihan yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan WritersWeekly. Untuk di Indonesia sendiri, Anda bisa memanfaatkan portal berita seperti BaBe yang mampu menawarkan kesempatan yang sama.

Tapi, jika Anda sudah mempunyai blog yang mempunyai pengunjung yang banyak, maka Anda bisa menawarkan kemampuan Anda pada blog yang sudah Anda miliki. Semakin menarik konten yang ada pada blog Anda, maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan tawaran pekerjaan untuk menulis suatu konten.

7. Mengajar Online

Saat ini, dunia pendidikan kita telah mampu dijangkau oleh kecanggihan teknologi. Jika sebelumnya Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Maka di era digital seperti saat ini, kursus online pun telah menjadi tren terbaru, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi suatu peluang yang bagus.

Jadi, untuk Anda yang memiliki keahlian dalam mengajar, maka Anda bisa mencoba bisnis digital ini.

Beragam platform yang bisa coba Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online sudah banyak sekali, seperti Udemy dan RuangGuru. Namun, Anda juga masih berpeluang untuk mendirikan kursus online sendiri.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat website yang sudah didukung dengan suatu sistem bernama Learning Management System (LMS) yang didalamnya sudah mendukung sistem pembelajaran terintegrasi.

8. Menjadi Seorang Podcaster

Podcast adalah suatu konten audio yang bisa diakses secara online dan lebih bersifat on-demand atau sesuai permintaan. Sedangkan podcaster adalah mereka yang membuat atau memproduksi konten audio tersebut.

Beragam platform yang bisa Anda coba gunakan untuk memulai dunia podcasting adalah Spotify dan Anchor. Anda hanya harus menemukan suatu niche yang tepat untuk memulainya. Membuat podcast pun tidak terlalu sulit. Saat ini sudah banyak juga berbagai tulisan atau video yang akan membantu Anda dalam membuat podcast. Anda bisa mencarinya sendiri di mesin pencari atau di YouTube.

Jadi, yang Manakah Bisnis Digital Pilihan Anda?

Saat ini, menjalankan bisnis digital di Indonesia sangatlah berpeluang besar untuk mendapatkan banyak pemasukan. Terdapat pula banyak ide bisnis yang sudah kami sampaikan di atas sebagai bahan pertimbangan. Tentunya, Anda bisa menemukan bisnis digital yang sesuai dengan Anda.

Kunci dalam meraih kesuksesan di dalamnya adalah bagaimana Anda melakukan pemasaran dan mengatur pemasukan atau pendapatan Anda dengan baik, tepat dan akurat. Namun, Anda akan lebih mudah lagi dalam mengatur pemasukan atau pendapatan Anda jika Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online, kenapa?

Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

 

accurate1

 

 

 

 

Sumber : Ibnuismail

Related posts

Ini dia 5 Langkah Mudah Membuat Business Plan

Miftah

Tips Untuk Peternak Ayam Kampung Pemula dan Peluang Bisnis Besar di dalamnya

Eri Katsir

Tips Budidaya Ikan Nila dan Prospek Bisnis Besar di Dalamnya

Eri Katsir