25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

8 Tips dan Cara Mengurangi Biaya Overhead di Bisnis Manufaktur Anda

Ada banyak biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis, seperti biaya operasional dan pajak. Dalam bisnis manufaktur, ini adalah bagian dari biaya overhead pabrik yang perlu dikelola oleh pemilik bisnis dan pemimpin perusahaan. Dalam artikel ini, kami membahas jenis overhead manufaktur apa yang ada dan memberikan langkah-langkah untuk membantu Anda mengurangi biaya biaya overhead untuk memastikan efisiensi pada bisnis Anda.

Apa itu Biaya Overhead pada Manufaktur?

Overhead manufaktur adalah setiap biaya yang tidak terkait langsung dengan produksi fasilitas. Biaya tidak langsung dalam overhead pabrik dapat juga disebut overhead pabrik, overhead produksi atau beban pabrik.

Biaya langsung, seperti harga bahan dan tenaga kerja, berhubungan langsung dengan upaya manufaktur fasilitas, dan oleh karena itu bukan bagian dari overhead manufaktur.

Tiga jenis biaya overhead, itu adalah:

  • Tetap: Biaya ini tidak berubah setiap bulan. Juga, aktivitas bisnis tidak menyebabkan biaya ini berubah. Biaya overhead tetap termasuk sewa, hipotek, biaya pemerintah dan pajak properti.
  • Variabel: Ini adalah biaya yang dapat berubah dengan output produksi. Barang-barang ini mencakup beberapa utilitas operasional seperti listrik, gas dan layanan sampah. Output juga dapat memengaruhi biaya pengiriman, situasi pemeliharaan, biaya hukum, dan iklan.
  • Semi-variabel: Item ini mungkin berubah seiring waktu dengan peningkatan atau penurunan aktivitas bisnis. Aktivitas bisnis dapat menentukan biaya awal tetapi seiring waktu, ketika aktivitas berubah, biaya ini dapat meningkat atau menurun. Beberapa contoh biaya semi-variabel mungkin termasuk utilitas operasional, sewa atau leasing dan asuransi.

 

Contoh biaya overhead pabrik

Berikut adalah beberapa contoh umum overhead manufaktur yang mungkin dimiliki perusahaan:

  • Listrik atau gas yang digunakan di pabrik
  • Utilitas lain, seperti layanan air dan sampah
  • Perbaikan atau pemeliharaan yang tidak terduga
  • Karyawan yang melakukan perbaikan atau pemeliharaan
  • Supervisor atau manajer di pabrik
  • Penyusutan nilai bangunan
  • Sewa dan pajak properti
  • Depresiasi peralatan
  • Perlengkapan operasional umum yang tidak terkait langsung dengan produksi
  • Staf kebersihan dan akuntan

Bagaimana Caranya Mengurangi Biaya Overhead pada Bisnis Manufaktur Anda?

Jika organisasi Anda ingin mengurangi dan mengelola biaya overhead dengan lebih baik, pertimbangkan 8 langkah berikut:

1. Anggarkan untuk perkiraan biaya overhead yang lebih tinggi

Setiap bulan, hitung perkiraan biaya overhead fasilitas Anda. Anda dapat menggunakan tagihan, laporan, dan catatan masa lalu untuk menentukan berapa banyak yang harus Anda alokasikan untuk overhead dalam anggaran Anda.

Pertimbangkan untuk menyisihkan jumlah di atas perkiraan Anda untuk memperhitungkan kemungkinan perbaikan atau biaya tak terduga lainnya. Jika Anda tidak menggunakan uang tambahan itu untuk biaya tersebut, Anda dapat menyimpan dana tersebut untuk penggunaan di masa mendatang jika timbul biaya yang lebih besar.

Mengulangi proses ini setiap bulan dapat membantu Anda mengidentifikasi area peningkatan dan potensi kenaikan atau penurunan biaya. Selain itu, mengetahui perkiraan biaya overhead bisnis Anda dapat memberi tahu Anda berapa banyak uang yang dibutuhkan bisnis Anda untuk menebus biaya tersebut. Langkah ini dapat membantu Anda menetapkan sasaran produksi yang efisien untuk setiap tim.

2. Lakukan perawatan preventif

Menjaga peralatan Anda tetap mutakhir dan memeliharanya dapat memastikannya beroperasi secara efisien dan bertahan lebih lama. Pemeliharaan preventif dapat menghemat uang untuk biaya peralatan, seperti perbaikan dan penggantian.

Menambahkan pelumas dan membersihkan mesin mungkin memerlukan sedikit biaya di muka, tetapi dapat mengurangi kemungkinan harus mengganti peralatan karena kelalaian dan penggunaan yang berlebihan.

 

3. Gunakan kembali suku cadang peralatan lama

Periksa ruang penyimpanan Anda untuk suku cadang yang dapat diselamatkan yang dapat digunakan dalam perbaikan kecil—jika Anda memastikan bahwa suku cadang tersebut kompatibel dan dalam kondisi kerja yang baik.

Misalnya, bagian yang dilepas dari peralatan lama mungkin dapat digunakan sebagai pengganti. Langkah ini dapat membantu mengurangi biaya perbaikan terkait pembelian suku cadang.

mengurangi biaya overhead 2

4. Sewa profesional pemeliharaan internal maintenance

Seorang ahli perbaikan internal dapat melakukan pemeriksaan rutin, pemeliharaan preventif, dan perbaikan kecil pada peralatan Anda. Keputusan perekrutan ini dapat menghemat uang untuk biaya perbaikan tak terduga atau biaya kerja untuk vendor perbaikan eksternal.

Memiliki orang di tempat yang juga dapat melakukan perbaikan darurat dapat mencegah Anda membayar lembur atau biaya tambahan kepada orang luar jika peralatan Anda rusak setelah jam operasi.

 

5. Komunikasikan tujuan pengurangan biaya overhead dengan karyawan

Anda dapat menetapkan tujuan pengurangan spesifik yang terkait dengan angka-angka tertentu yang harus ditargetkan oleh anggaran Anda. Ini dapat membantu Anda menetapkan tujuan tim yang berkontribusi pada pengurangan itu.

Pertimbangkan untuk menyampaikan tujuan ini kepada karyawan Anda dan bertukar pikiran tentang beberapa cara lini produksi dapat mengurangi biaya.

Karena karyawan Anda mengoperasikan peralatan dan melakukan pekerjaan manufaktur, mereka mungkin memiliki beberapa ide tentang cara meningkatkan proses.

Misalnya, karyawan Anda dapat memberi tahu Anda tentang kegagalan fungsi atau kesulitan yang sering mereka lihat, seperti material yang rusak setiap kali dimasukkan ke dalam mesin. Bahan pengganti mungkin sedikit lebih mahal, tetapi itu akan menghemat uang Anda karena Anda tidak akan membuang-buang bahan.

Anda juga dapat mengevaluasi karyawan Anda untuk melihat apakah ada proses individu atau tim yang memengaruhi efisiensi produksi, seperti penyalahgunaan peralatan atau proses operasional yang lama.

Anda kemudian dapat berkolaborasi dengan supervisor langsung dan tim produksi untuk mengidentifikasi proses perampingan yang bekerja lebih baik untuk mereka dan dapat menghemat waktu dan uang. Proses ini dapat dilakukan untuk menentukan area perbaikan yang potensial atau untuk memahami efektivitas strategi yang baru diterapkan.

6. Membangun hubungan yang kuat dengan vendor

Vendor terkadang menawarkan diskon atau kontrak khusus kepada pelanggan yang menurutnya baik. Pertimbangkan untuk menjadi pelanggan setia dari beberapa vendor terpilih untuk menunjukkan dukungan dan penghargaan Anda atas bantuan mereka dalam memungkinkan produksi Anda.

Anda juga dapat mengomunikasikan tujuan pengurangan biaya overhead Anda dengan vendor Anda untuk melihat apakah mereka memiliki opsi massal untuk bahan, seperti sarung tangan atau kacamata pengaman. Sering kali, biaya massal dapat menghemat uang Anda.

 

7. Mengurangi kebutuhan akan perlengkapan kantor

Pertimbangkan untuk tidak menggunakan kertas untuk membantu mengurangi biaya yang terkait dengan perlengkapan kantor. Kirim email perusahaan daripada mencetak brosur, pengumuman, dan undangan ke acara perusahaan. Langkah ini dapat mengurangi anggaran kertas dan kebutuhan akan pulpen dan pensil, pita pemasyarakatan dan perlengkapan kantor lainnya.

Misalnya pada proses pembukuan dan pembuatan faktur. Daripada Anda masih menggunakan kertas, ada baiknya Anda menggunakan sistem akuntansi yang mengakomodir kebutuhan Anda secara modern, praktis dan cepat dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud.

Akan lebih baik jika software akuntansi yang Anda pilih juga memiliki fitur manufaktur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang akan menjadikan proses produksi dan pembukuan Anda menjadi lebih efisien dengan fitur terbaik dan harga paling terjangkau. Accurate Online juga memiliki Add on manufaktur terbaik yang cocok digunakan untuk bisnis manufaktur dari semua skala bisnis. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

 

8. Menyewakan ruang ekstra

Jika Anda memiliki ruang ambahan atau tidak terpakai di fasilitas Anda, pertimbangkan untuk menyewakannya ke usaha kecil atau organisasi untuk membantu membayar biaya sewa atau hipotek di gedung Anda.

Anda mungkin memiliki beberapa karyawan yang tidak selalu diharuskan bekerja di kantor, jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk membiarkan mereka bekerja dari rumah untuk mengosongkan ruang sewa yang memungkinkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara dalam mengurangi biaya overhaead pada bisnis manufaktur yang mungkin Anda miliki. Di Indonesia sendiri bisnis manufaktur tergolong usaha yang padat karya sehingga Anda memerlukan perampingan untuk setiap pengeluaran dalam bisnis Anda.

Pastikan semua pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis terpantau dengan baik, agar tidak terjadi pemborosan pada bisnis. Untuk kemudahan dalam pengelolaan hal tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dipercaya oleh lebih 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari disini

Sumber : Gie

 

Related posts

5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat!

Miftah

Pengertian Biaya Peluang, Fungsi, dan Contohnya

Wida

Uang Giral Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Wida