ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Accurate Online : Solusi Terbaik untuk Kemudahan Bisnis Waralaba Anda

Apa itu Bisnis Waralaba atau Franchise?

Bisnis waralaba adalah bisnis di mana pemilik, atau pemilik waralaba atau disebut “franchisors”, menjual hak atas logo, nama, dan model bisnis mereka ke outlet ritel pihak ketiga, yang dimiliki oleh operator pihak ketiga yang independen, yang disebut “franchisee”.

Waralaba adalah cara yang sangat umum untuk melakukan bisnis. Bahkan, Anda yang tinggal di kota besar, pasti sudah sangat akrab dengan beberapa bisnis waralaba yang sudah mendunia. Contoh-contoh model bisnis waralaba yang terkenal termasuk McDonalds, KFC, Starbucks , dan Pizza Hut.

Accurate Online pada Pembukuan Bisnis Waralaba

Pembukuan pada bisnis waralaba memiliki tantangan tersendiri, karena sistem bisnis ini berlandaskan hukum antara kedua belah pihak yaitu franchisors dan franchisee.

Berdasarkan perjanjian waralaba, pewaralaba membayar biaya kepada pemilik waralaba dengan imbalan hak untuk menggunakan nama perusahaan, logo dan mungkin materi pelatihan.

Biaya waralaba awal harus terdaftar sebagai aset tidak berwujud pada pembukuan waralaba dan sebagai pendapatan ditangguhkan pada pembukuan pemilik waralaba.

Bagian-bagian dari jumlah yang ditangguhkan tersebut diakui sebagai pendapatan atau beban pada saat biaya tersebut diterima. Besar penghasilan mungkin didasarkan pada layanan yang digunakan oleh pemegang waralaba, berapa persen dari penjualan kotor untuk periode tertentu atau biaya tetap yang berulang.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengelola pembukuan pada bisnis franchise atau waralaba dengan lebih efisien. Berikut adalah beberapa fitur yang ada pada Accurate Online yang bisa Anda gunakan pada bisnis franchise Anda :

Catat, Kelola, dan Hitung Aset lebih Mudah dengan Accurate Online

Seperti yang kami bahas diatas, bisnis waralaba adalah bisnis 2 arah, antara franchisors dan franchisee. Itu berarti akan ada perhitungan aset terperinci atas kedua belah pihak.

Jika pemilik waralaba atau franchisors menyediakan barang-barang fisik seperti persediaan, peralatan dapur, perabot atau papan nama untuk membantu pemegang waralaba dalam membuka lokasinya, sebagian dari biaya waralaba dapat langsung diakui sebagai pendapatan.

Namun ada juga sistem waralaba yang mengharusakan pihak franchise melakukan pengadaan barang atau alat-alat penunjang kebutuhan usaha tersebut. Dan jika ini terjadi, maka barang yang sudah Anda beli dan pakai adalah aset Anda.

Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan pencatatan, pengelolaan dan penghitungan aset tetap Anda dengan mudah melalui fitur aset tetap.

Fitur ini akan berfungsi untuk mencatat data-data aset tetap yang Anda miliki. Tujuan dimasukan kedalam fitur ini agar Accurate dapat melakukan penyusutan secara otomatis setiap bulan, membuat kategori aset tetap berdasarkan pengelompokan dan perpajakan, disposisi aset dan lainnya.

Memudahkan Bisnis yang Menggunakan Mata Uang berbeda

Banyak franchisors besar dan terkenal berasal dari luar negeri. Tentu hal ini menjadi pertimbangan bagi para franchisee menentukan untuk melakukan kerja sama dengan mereka. Sistem yang sudah matang dan produk yang sudah terkenal menjadi bekal awal yang cukup baik untuk memulai bisnis.

Berbisnis antar negara berarti anda harus memikirkan persoalan kurs yang berbeda pada saat pembayaran. Namun Anda tidak perlu khawatir, Accurate Online memiliki fitur multi mata uang yang bisa Anda gunakan untuk setiap transaksi dan laporan keuangan bisnis waralaba Anda.

Fitur Rekonsiliasi Bank untuk Pencocokan Laporan Transaksi lebih Efisien

Semakin besar bisnis Anda akan semakin banyak transaksi yang terjadi, tentunya ini juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi usaha waralaba Anda, terutama untuk pencocokan transaksi yang akan menguras waktu jika dilakukan dengan proses manual.

Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan proses rekonsiliasi dengan sangat cepat dan minim kesalahan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki rekening BCA atau Bank DBS, Anda bisa dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis.

Mencatat Pajak dan Gaji Karyawan lebih Cepat dan Mudah

Anda juga akan memiliki banyak karyawan seiring berkembangnya bisnis. Penghitungan gaji dan perhitungan pajak pendapatan bisa menjadi rutinitas setiap bulan.

Untuk bisnis dengan jumlah karyawan sedikit, tentu bisa ditangani dengan akuntnasi manual, namun jika bisnis waralaba Anda sudah memiliki karyawan diatas 10 orang maka pembukuan manual adalah mimpi buruk.

Accurate Online memiliki fitur karyawan dan gaji/tunjangan untuk mempermudah Anda mengelola data setiap karyawan dan juga penggajiannya lengkap dengan PPh 21.

Berkembangnya sebuah Bisnis dimulai dari Pembukuan yang Baik

Dengan menggunakan Accurate Online pada bisnis waralaba Anda, tentunya akan menjadikan setiap detail transaksi bisnis lebih terpantau secara optimal. Tidak hanya itu, penggunaan Accurate Online juga mempermudah kegiatan operasional perusahan seperti pemantauan aset dan hal yang menyangkut data dan upah karyawan.

Accurate Online adalah software berbasis cloud yang telah dikembangkan sejak tahun 1999 dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang untuk kategori software akuntansi, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi buatan anak bangsa yang paling banyak digunakan oleh entitas bisnis.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui Link ini.

Related posts

Pengertian Faktur, Jenis, Komponen dan Fungsinya dalam Bisnis

Miftah

Menjadikan Accurate Online Sebagai Pengingat Hutang Piutang Bisnis Anda

Eri Katsir

Pengertian Akuntabilitas dalam Akuntansi, Tingkatan dan Dimensinya

Erapuji