27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Apakah Anda Dapat Berhemat Dalam Bisnis? Tentu Saja, Simak 4 Tips HEMAT dalam Berbisnis!

Hemat dalam bisnis – Saat akan membuat bisnis yang cukup besar biasanya akan diikuti dengan pengeluaran modal awal yang tak kalah besarnya juga. Modal awal para pebisnis biasanya diperoleh dari berbagai macam sumber, ada yang full dari modal pribadi, pinjam ke bank, atau bahkan dapat modal awal dari investor.

Darimanapun sumber modalnya, tetap saja harus ada pengelolaan modal bisnis dengan baik. Jangan sampai modal bisnis terbuang untuk mendanai hal yang sia-sia dalam pembangunan awal bisnis kita.

Maka dari itu kali ini kami akan membagikan tips hemat dalam bisnis. Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh para pebisnis agar dapat tetap mengelola modal bisnis dengan optimal dan tetap hemat?

 

Survei dan Tawar Harga dari Supplier

Bisnis yang bergerak di bidang produksi wajib untuk melakukan survei harga sekaligus menawar untuk mendapat harga terbaik. Biaya produksi yang lebih murah tentu sangat berguna untuk menghemat pengeluaran.

Perlu dipastikan juga, dengan biaya murah tersebut tetap dapat menghasilkan kualitas barang yang cukup baik. Jangan malah sebaliknya ya.

Soal tawar-menawar, jangan cuma berpatok pada daftar harga yang diberikan vendor saja.

Apabila vendor yang kamu kunjungi berbaik hati untuk memberikan diskon spesial, ya kenapa tidak? Yang penting dicoba dulu.

Sewa Tempat Usaha yang Murah

Jika tidak layak untuk bekerja dari rumah, misalnya, ketika ingin bertemu klien atau butuh sinyal wifi yang lebih baik untuk internet, biasanya keberadaan kantor juga bisa mempengaruhi kredibilitas bisnis atau pemilik perusahaan.

Demi menyiasatinya, Anda bisa tetap menyewa kantor di tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya penuh. Anda bisa berbagi ruang sewa dengan kantor atau orang lain, dan ini tentu saja lebih hemat karena memotong setengah dari biaya sewa yang harus dibayar.

Anda hanya perlu menyewa meja dan mungkin satu ruangaan yang bisa dilakukan untuk pertemuan bisnis seperti menyewa ruangan di Virtual Office (Kantor Virtual). Keuntungan lainnya, Anda juga bisa menuliskan alamat di kop surat, jadi bisnis Anda pun tidak dipandang sebelah mata. Ada banyak pilihan sewa ruang kantor bagi mereka yang ingin berhemat ketika memulai bisnis baru.

 

Rekrut Seorang Akuntan yang Bijaksana

Seorang akuntan yang baik dan bijaksana biasanya akan bisa menghemat uang untuk pajak perusahaan yang Anda miliki. Jika ini terjadi, jangan heran bisnis yang Anda mulai akan bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan, hanya karena Anda memilih seorang akuntan yang sepemikiran dan memahami bisnis yang Anda jalani.

 

Baca Juga: Pentingnya Software Akuntansi dalam Bisnis

 

Gunakan Software Akuntansi

Jika modal awal bisnis cukup terbatas dan tidak ada budget untuk merekrut seorang akuntan, software akuntansi dapat menjadi alternative terbaik. Karena pada dasarnya seorang akuntanpun pasti menggunakan software akuntansi saat mengelola data keuangan bisnis.

Jika sebagai seorang pemilik bisnis Anda tidak terlalu memahami dasar penggunaan softaware akuntansi, jangan khawatir! Karena saat ini ada software akuntansi yang memiliki tampilan yang dapat digunakan oleh semua orang, bahkan jika Anda tidak mengerti akuntansi sekalipun, Accurate Online. Dengan tampilan yang mudah serta simple sehingga dapat dimengerti oleh semua orang.

Tunggu Apa Lagi?

Related posts

Peluang Usaha Akhir Tahun, Bisnis Parcel Natal dan Tahun Baru

ademuthia

Millenial Wajib Tahu! Ini 5 Tips Lunasi Utang di Masa Resesi

admin

6 Cara Mengembangkan Bisnis Franchise yang Harus Diketahui Sebelum Memulai

ademuthia

Leave a Comment