31.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Diskon Bikin Kita Jadi Hemat. Yakin?

Diskon bikin hemat– Diskon, satu kata yang disukai banyak orang. Maka dari itu banyak pihak yang akhirnya memanfaatkan hal ini dengan memberikan diskon lebih sering dibandingkan periode sebelumnya.

Ditambah lagi akhir-akhir ini semakin banyam momentum-momentum yang sengaja dibuat untuk membuat event diskon besar-besaran. Harbolnas yang hampir ada tiap bulannya, black Friday, perayaan hari-hari tertentu, pay day discount, pokoknya hampir di setiap waktu selalu ada diskon.

Saking seringnya frekuensi diskon itu, secara tidak sadar membuat kita sebagai konsumen jadi “kalap” karena melihat harga murah. Setiap ada benda-benda yang harganya jauh di bawah harga normal selalu muncul keinginan untuk ikut membeli meskipun barang-barang tersebut tidak benar-benar dibutuhkan. Sampai akhirnya barang tersebut hanya menumpuk tidak terpakai.

Dilansir dari detik.com, diskon memiliki 2 tipe. Ada diskon yang membuat kita menjadi hemat (irit) ada juga diskon yang mmebuat kita menjadi boros. Lalu seperti apakah kedua jenis diskon itu?

 

Barang Diskon yang Membuat Anda Hemat

Kalau bahasa ekonominya, anda akan hemat jika anda membeli barang diskonan yang sifatnya inelastis. Apa itu? Yaitu barang yang naik turunnya harga hanya mempengaruhi sedikit jumlah barang yang akan anda beli. Barang tipe ini umumnya barang pokok yang sulit tergantikan atau barang yang mudah rusak.

Contohnya jika harga beras Rp 9.000 per liter anda biasanya membutuhkan 3 liter, apakah jika turun dua ribu rupiah anda akan menambah pembelian menjadi 5 liter? Tidak bukan? Jika anda tetap membeli 3 liter maka anda akan hemat Rp 6.000. Nah jika hal yang seperti ini terjadi, maka diskon yang anda terima menguntungkan bagi anda, karena anda mendapatkan kelebihan dari transaksi yang sebenarnya sudah anda anggarkan. Kalau istilah ekonominya adalah surplus konsumen.

 

Barang Diskon yang Membuat Anda Boros

Sebaliknya, anda akan boros jika anda membeli barang diskonan yang sifatnya elastis. Apa itu? Yaitu barang yang naik turunnya harga akan mempengaruhi jumlah barang yang akan anda beli secara signifikan. Barang tipe ini umumnya barang yang terkait dengan lifestyle. Contohnya jika anda membeli pakaian. Jika pakaian seharga Rp 100.000 anda beli sebulan hanya satu potong, lalu jika didiskon setengah harga anda membeli menjadi 3-5 potong sebulan, maka barang diskonan tersebut malah membuat anda menjadi boros. Pengeluaran anda untuk membeli pakaian bisa membengkak menjadi dua kali lipat. Padahal mungkin anda sudah memiliki banyak pakaian dari pembelian bulan sebelumnya.

 

Bagaimana Menghadapinya?

Tentu saja kita kembali ke dasar, bahwa uang yang kita belanjakan haruslah sudah dianggarkan dan batas pembeliannya harus jelas. Untuk barang lifestyle, anggarkanlah dana sewajarnya. Jika anda mendapati barang yang akan anda beli ternyata sedang diskon, janganlah bernafsu untuk membeli lebih banyak karena sedang mumpung. Anda harus menahan nafsu anda.

Simpan kelebihan dari sisa anggaran untuk ditabung atau untuk dianggarkan lagi untuk bulan selanjutnya. Bisa jadi barang keperluan anda harganya naik dan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan oleh anda. Jika hal tersebut terjadi, anda tidak perlu kelimpungan untuk mengurangi jumlah barang yang harus anda beli. Ingatlah bahwa lebih baik anda membeli barang yang anda perlukan dalam jumlah yang konsisten dibanding membelinya dalam jumlah banyak. Bisa jadi jika anda memborong suatu barang diskonan, barang tersebut belum tentu bermanfaat bagi anda jika dibeli dalam jumlah banyak.

 

Pemahaman akan diskon ini dapat pula kita terapkan dalam menjalankan bisnis. Biasanya sebagai seorang pebisnis selalu mencari bahan produksi dari supplier yang paling murah, padahal bisa jadi supplier yang menjual harga barang dengan murah berada di tempat yang cukup jauh sehingga jika ditotal justru harga kotor untuk bahan produksi tersebut jadi jauh lebih mahal sehingga margin yang dihasilkan jadi lebih sedikit.

Maka dari itu, perlu adanya pencatatan setiap transaksi yang detail saat melakukan pembelanjaan bahan untuk produksi. Accurate Online dapat membatu pencatatan setiap transaksi yang ada dalam bisnis Anda.

 

Penasaran dengan Accurate Online?

 

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Software Accurate Online Melayani Banjarmasin dan sekitarnya

ademuthia

Mengenal Twitter Sebagai Sarana Pemasaran Bisnis

admin

Lapor Pajak Lewat Accurate Online, Apakah Bisa? | Fitur Baru Accurate Online

ademuthia

Leave a Comment