32.1 C
Jakarta
November 28, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Daftar dan Jenis Produk Konsumen Beserta Contohnya

Produk konsumen merupakan komponen penting dari bisnis yang memproduksi atau mendistribusikan produk kepada pelanggan. Ada beberapa jenis produk konsumen yang berbeda, dan memahami masing-masing akan membantu Anda memasarkannya dengan lebih baik ke audiens target ideal Anda. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi definisi produk konsumen, jenis utama produk konsumen, mengapa penting untuk memahami setiap jenis, dan contoh produk tersebut.

Apa itu produk konsumen?

Produk konsumen atau consumer product, kadang-kadang disebut barang jadi, adalah produk yang dibeli oleh konsumen untuk penggunaan pribadi. Misalnya, pasta gigi akan dianggap sebagai produk konsumen karena dibeli dan digunakan langsung oleh konsumen.

Produk-produk ini dijual kepada konsumen untuk digunakan sendiri dan tidak digunakan untuk produksi lanjutan atau tujuan penjualan kembali. Sebagian besar barang konsumen adalah barang yang terlihat di rak di toko atau yang tersedia secara online untuk pembelian konsumen langsung di situs web perusahaan.

Jenis produk konsumen

Berikut ini adalah jenis consumer product yang paling umum ditawarkan oleh bisnis:

Produk kenyamanan

Produk kenyamanan adalah produk yang membutuhkan sedikit pemikiran dari pihak pelanggan. Jenis produk ini biasanya sering dibeli dan menarik basis pasar yang besar. Konsumen secara teratur membeli produk kenyamanan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan seringkali memiliki sedikit keleluasaan mengenai di mana mereka membeli produk tersebut.

Misalnya, permen akan dianggap sebagai produk kenyamanan. Produk ini tersedia di beberapa toko yang berbeda, termasuk minimarket dan toko kelontong. Konsumen kemungkinan besar tidak terlalu pilih-pilih tentang di mana mereka membeli produk dan mungkin tidak akan mengembangkan loyalitas ke toko tertentu ketika harus membeli permen. Selain itu, pelanggan jarang menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan satu permen dengan yang lain, tetapi membeli permen dengan sedikit pemikiran.

Produk kenyaman atau convenience product merupakan jenis produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen dan didistribusikan secara luas serta memerlukan produksi massal. Mereka biasanya membutuhkan lebih sedikit promosi dan pemasaran dibandingkan dengan jenis produk lainnya.

 

Produk khusus

Produk khusus adalah produk yang memiliki karakter unik atau terkait dengan merek tertentu. Orang yang membeli produk khusus sering kali dengan hati-hati mencari produk ini dan mengembangkan loyalitas kepada perusahaan tempat mereka membelinya.

Produk khusus seringkali memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan produk kenyamanan, dan banyak konsumen yang berusaha lebih keras untuk membeli jenis produk ini karena nilai dan harganya.

Misalnya, Tesla adalah contoh produk khusus. Produk ini hanya dapat dibeli melalui dealer Tesla dan dikenal dengan karakteristiknya yang unik. Kendaraan Tesla juga secara khusus dikenali melalui merek Tesla. Konsumen menghabiskan banyak waktu untuk membeli Tesla dan bersedia membayar biaya yang lebih tinggi untuk mobil ini daripada merek kendaraan lain.

Sebagian besar produk khusus hanya dapat dibeli di toko tertentu dan dibeli jauh lebih jarang daripada produk kenyamanan. Mereka membutuhkan iklan dan promosi untuk menyebarkan kesadaran akan ketersediaan produk.

Produk belanja

Produk belanja adalah produk yang dibeli lebih jarang daripada produk kenyamanan tetapi lebih sering daripada produk khusus. Produk-produk ini dapat berkisar dalam harga, gaya dan kualitas dan konsumen sering menghabiskan lebih banyak waktu membandingkan produk belanja sebelum membelinya. Produk belanja juga tersedia di lokasi yang lebih sedikit daripada produk convenience dan didistribusikan secara selektif.

Misalnya, tiket pesawat adalah produk belanja yang umum dibeli oleh konsumen. Tiket pesawat hanya tersedia melalui perusahaan penerbangan dan harganya bisa sangat bervariasi. Sebagian besar konsumen akan menghabiskan waktu membandingkan tiket pesawat untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan sesuai dengan anggaran mereka.

 

Unsought products

Unsought products adalah produk yang biasanya tidak dibeli oleh konsumen atau tidak akan dipertimbangkan untuk dibeli secara teratur. Kebanyakan orang yang membeli unsought products tidak merencanakan pembelian sebelumnya, melainkan membeli berdasarkan kebutuhan.

Kadang-kadang, konsumen bahkan tidak tahu bahwa produk itu ada sampai muncul kebutuhan konsumen untuk membelinya. Harga unsought products dapat sangat bervariasi dan biasanya tidak ditawarkan oleh berbagai macam penjual.

Misalnya, cincin berlian adalah contoh produk yang tidak dicari. Kebanyakan orang tidak berpikir untuk membeli cincin berlian sampai mereka bertunangan atau mereka ingin membelinya sebagai hadiah.

Banyak inovasi dianggap produk yang tidak dicari sampai konsumen menjadi lebih sadar akan hal itu. Produk yang tidak dicari biasanya memerlukan iklan dan pemasaran yang jauh lebih agresif dibandingkan dengan jenis produk lain untuk memastikan konsumen mengetahui bahwa produk tersebut tersedia.

 

Mengapa penting untuk memahami jenis produk konsumen?

Sangat penting untuk memahami berbagai jenis consumer product dan perbedaannya, karena setiap jenis produk memerlukan taktik pemasaran tertentu. Misalnya, jika Anda menjual produk yang sangat dicari, Anda mungkin tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pemasaran dan periklanannya.

Namun, jika produk Anda dianggap sebagai barang yang tidak dicari, Anda akan ingin mengambil pendekatan pemasaran dan periklanan yang lebih agresif untuk memastikan konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Semakin baik Anda memahami setiap jenis produk yang Anda tawarkan, semakin baik Anda dapat memenuhi upaya pemasaran Anda untuk jenis produk tertentu untuk meningkatkan penjualan.

Contoh produk konsumen

Berikut ini adalah contoh consumer product menurut jenisnya:

Produk kenyamanan

Berikut adalah daftar beberapa produk kenyamanan umum:

  • Majalah
  • Deterjen
  • Minuman berenergi
  • Permen
  • Pasta gigi
  • Vitamin
  • Alat bersih-bersih
  • Minuman
  • DVD dan film
  • Buku

Produk Khusus

Berikut ini adalah beberapa contoh produk khusus yang dibeli oleh konsumen:

  • Jam tangan
  • Pakaian desainer
  • Kendaraan mewah
  • Perhiasan
  • Parfum

Produk belanja

Berikut adalah beberapa contoh produk belanja:

  • Telepon
  • Pakaian
  • Mebel
  • Tiket pesawat
  • Perangkat elektronik
  • Produk kebersihan pribadi
  • Penyedot debu dan peralatan pembersih lainnya

Unsought products

Berikut ini adalah beberapa contoh unsought products yang mungkin dijual oleh perusahaan:

  • Layanan pemakaman
  • Paket asuransi jiwa
  • Buku referensi
  • Pendeteksi asap
  • Pemadam api

 

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai produk konsumen atau consumer product yang mungkin berguna jika Anda berencana membangun bisnis namun bingung memilih menjual produk apa.

Sebelum memulai bisnis, pastikan juga Anda melakukan perencanaan keuangan yang matang agar bisnis Anda berjalan dengan optimal dan seluruh rencana bisnis Anda bisa berjalan sesuai anggaran yang Anda tetapkan. Pastikan Anda menggunakan pembukuan agar bisa memantau kesehatan keuangan usaha Anda dengan lebih baik.

Tidak mengerti pembukuan dan akuntansi? Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan administrasi pengelolaan keuangan yang lebih mudah dan praktis.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dipercaya oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mencatat dan mendapatkan seluruh laporan keuangan yang faktual sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan penting dalam bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 melalui link ini

 

Sumber : Gie

 

 

Related posts

Apa Alasan yang Tepat Untuk Saya Beralih ke Akuntansi Berbasis Cloud?

Wida

Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Wida

Cara Mudah Bisnis Jual Es Krim Dengan Modal Minim

Wida