Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

4 Langkah Mudah Bisnis Cetak Kalender Akhir Tahun!

Peluang usaha akhir tahun – Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di akhir tahun adalah usaha cetak kalender. Cetak kalender bisa menjadi pilihan menarik sebagai usaha sampingan yang dilakukan disela-sela pekerjaan utama. Selain caranya juga mudah, bisnis yang bisa dilakukan tiap akhir tahun ini juga memiliki keuntungan yang menggiurkan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan finansial selain dari gaji pokok yang sudah diterima.

Kalender sudah menjadi suatu hal yang lumrah dan menjadi kebutuhan vital bagi khalayak, karena bagaimanapun keberadaan kalender yang berfungsi sebagai penunjuk waktu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di dunia pendidikan, ekonomi, politik, dan pemerintahan. Menyadari kenyataan seperti itu, menimbulkan kesadaran dari berbagai pihak untuk membuat dan mencetak kalender sebagai pedoman waktu kehidupan sehari-hari.

Tentu saja, percetakan yang memproduksi kalender akan mengalami peningkatan permintaan berkali-kali lipat dari waktu seperti biasanya. Pasalnya di semua tempat baik rumah, kantor, sekolahan dan tempat lain yang terdapat kalender akan mengganti kalendernya dengan yang baru. Belum lagi para perusahaan yang memanfaatkan moment pergantian tahun untuk berpromosi dengan membagi-bagikan kalender ke setiap kliennya, maka permintaan pada produk ini akan sangat meningkat di setiap jelang pergantian tahun.

 

Baca Juga: Ingin Tahu Peluang Usaha di Akhir Tahun 2019?

 

Lalu, langak-langkah apa saja kah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis cetak kalender?

 

Tentukan Target Pasar

Menjalankan usaha sampingan cetak kalender bisa dimulai dengan menentukan target pasar yang akan dituju. Ada banyak sekali calon konsumen potensial yang bisa “ditembak” di setiap wilayah, misalnya lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, SMU dan SMK, lembaga kursus, hingga Sekolah Tinggi dan Universitas.

Selain instansi pendidikan, target konsumen untuk usaha sampingan ini bisa berupa instansi pemerintah, mulai dari pemerintah tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan juga provinsi. Disetiap instansi pemerintah ini juga bisa melakukan penawaran di masing-masing dinas dan lembaga pemerintah yang ada.

 

Cari Desainer Grafis

Setelah target pasar yang dituju telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari desainer grafis yang bisa membantu untuk mengatur layout kalender yang akan dibuat. Desainer grafis ini bisa ditemukan di biro-biro advertising, penyedia jasa percetakan, mereka yang mendirikan usaha desain, biro desain online, mahasiswa desain, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak pilihan desainer, mintalah beberapa contoh karya yang pernah mereka buat sekaligus informasi harga desain yang mereka kerjakan.

Jika sudah menemukan desainer ini, ada baiknya Anda membuat beberapa contoh desain kalender yang bisa diaplikasikan untuk kalender meja, kalender dinding ataupun bentuk lainnya. Dengan memiliki sample kalender, Anda akan lebih mudah untuk melakukan penawaran ke berbagai instansi ataupun perusahaan yang dituju.

 

Cari Mitra Percetakan

Ada banyak jenis mesin cetak yang bisa digunakan untuk mencetak kalender, oleh karena itu carilah percetakan yang dapat dijadikan partner dalam menjalankan usaha sampingan ini. Untuk bisa mencetak kalender pilihlah mesin percetakan yang mampu mencetak kertas ukuran minimal A3, karena kebanyakan kalender dicetak dengan ukuran A3+ bahkan ada yang membuat dengan ukuran A2.

Beberapa informasi yang diperlukan dari masing-masing percetakan diantaranya adalah tentang harga cetakan per 5oo lembar (/rim), contoh kualitas cetaknya, minimal order, minimal ukuran kertas yang bisa dicetak, jenis kertas yang bisa dicetak, lamanya proses cetak, dan juga finishing cetak.

Selain harga cetak, perlu diketahui juga berapa harga untuk membuat film/plat untuk cetak apabila memesan langsung pada percetakan tersebut. Film/plat ini adalah lembaran yang biasanya terbuat dari kertas ataupun alumunium untuk memindahkan cat ke permukaan kertas.

 

Lakukan Pencatatan Tiap Pesanan yang Masuk

Dikarenakan akan ada pesanan yang masuk secara massif di akhir tahun, jangan lupa untuk selalu mencatatat setiap pesanan yang ada. Pencatatan pesanan ini berguna sebagai panduan produksi kalender nantinya. Selain itu dengan adanya pencatatan setiap pesanan yang masuk, akan memudahkan Anda untuk melihat laporan keuangan secara detail. Sehingga dapat memperkirakan total omset dan profit usaha cetak kalender Anda.

Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia akan selalu membantu Anda saat melakukan pencatatan setiap transaksi yang ada dalam usaha Anda.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Tips Jitu untuk Menghilangkan Stress dalam Berbisnis

ademuthia

10 Tips Memilih Cincin Pernikahan Low Budget

admin

5 Kebiasaan Kecil untuk Bantu Manajemen Waktu Seorang Pebisnis

ademuthia

Leave a Comment