25.8 C
Jakarta
August 1, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Berita

Esensi Merek: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Contohnya

Merek menawarkan produk mereka bersama dengan serangkaian perasaan. Pelanggan mengalami perasaan ini ketika mereka berinteraksi dengan merek dan membentuk persepsi yang hampir sama. Serangkaian persepsi tentang merek yang sebenarnya dikenal di industri ini adalah esensi merek.

Baca terus artikel ini sampai selesasi untuk mengetahui apa itu esensi merek secara lebih mendalam.

Esensi Merek?

Esensi merek adalah perasaan yang diharapkan pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan merek. Atribut tidak berwujud yang dirasakan pelanggan itulah yang membedakan merek dari pemain pasar lainnya.

Esensi merek mendefinisikan alasan perusahaan – anggaplah itu sebagai jiwa atau DNA dari sebuah merek yang dapat dirasakan di mana pun merek itu hadir. Ini menyatukan konsep tujuan perusahaan, proposisi nilai, serta nilai dan prinsip merek.

Esensi merek = Apa yang dilakukan perusahaan + proposisi nilainya + nilai dan prinsip merek

Biasanya, perusahaan mendefinisikan esensi merek mereka dengan menggunakan beberapa kata – seperti merek Nike yaitu ‘Inovasi dan Inspirasi’. Yang perlu direnungkan di sini adalah kami melihat inovasi dan inspirasi dalam segala hal yang dilakukan dan dijual Nike – baik itu sepatu, iklan TV, atau acara bersponsor.

Brand Essence Adalah Emosional

Esensi merek tidak berwujud. Ini bukan komoditas atau layanan yang ditawarkan merek, ini adalah perasaan yang ditimbulkan pada pelanggan ketika mereka mendengar tentang nama merek, berinteraksi dengannya, dan mengonsumsi penawarannya.

Perspektif pelanggan terhadap merek itulah yang membedakannya dari yang lain. Ambil contoh Pepsi dan Coca-Cola. Meskipun perusahaan-perusahaan ini menawarkan produk serupa dan memiliki target audiens yang sama, esensi mereka berbeda. Orang-orang memikirkan kebahagiaan dan pengalaman yang baik setiap kali mereka memikirkan Coca-Cola. Tapi Pepsi mengusung semangat awet muda dengan namanya.

Brand Essence Holistik

Inti dari merek adalah jiwanya. Ini menyertai merek setiap kali berinteraksi dengan kelompok sasaran – baik itu periklanan, promosi, penjualan, pengemasan, atau pemasaran.

Manfaat Esensi Merek

Brand Essence adalah manfaat emosional yang didapat pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan merek atau membeli produknya. Ini tidak terkait dengan inovasi atau produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, itu tetap ada bahkan ketika merek berkinerja buruk.

Brand Essence ini  membentuk kepribadian merek. Ini membantu pelanggan menetapkan sifat seperti manusia pada merek, yang membantu mereka mengidentifikasinya hanya dengan menggunakan emosi. Selain itu, ini juga penting untuk –

Pemasaran yang Lebih Baik

Brand Essence mendorong permintaan akan produk merek melebihi dan di atas kegunaan sebenarnya. Ini membantu merek membangun cerita seputar penawarannya. Lebih mudah menjual produk kepada pelanggan jika mereka sudah mengetahui merek terkenal.

Memeberikan Ekspektasi yang Lebih Tinggi

Esensi brand yang baik membantu membangun ikatan dengan pelanggan berdasarkan emosi. Perang merek, hari ini, lebih dari sekadar perang harga. Ini lebih terkait dengan ekspektasi emosional pelanggan dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan merek. Esensi brand membantu pemasar memenuhi ekspektasi emosional pelanggan dan membangun ikatan dengan mereka.

Mempertahankan Konsistensi

Esensi brand jika dipadukan dengan pernyataan visi, pernyataan misi, tujuan bisnis, dan janji merek, akan membantu merek mempertahankan konsistensi dalam apa yang ditawarkan, bagaimana ia menawarkan, dan apa yang dirasakan pelanggan saat mengonsumsi penawarannya.

Karakteristik Esensi Merek

Pernyataan esensi brand yang kuat memiliki karakteristik sebagai berikut –

  • Unik: Eksklusif dan membantu merek menonjol dari persaingan. Esensi brand membantu merek menciptakan identitasnya sendiri di pasar.
  • Tidak berwujud: Brand essence bukanlah properti berwujud seperti harga dan fitur produk. Itu adalah perasaan yang sulit dipahami.
  • Definisi Pelanggan: Esensi merek ditentukan oleh pelanggan. Tugas perusahaan hanya membuat mereka melihat ke arah tertentu.
  • Berarti: Esensi yang tidak berarti sama baiknya dengan tanpa esensi. Esensi brand mewakili penawaran perusahaan, proposisi nilainya, serta nilai dan prinsipnya.
  • KonsistenBrand essence konsisten dalam setiap interaksi merek dengan pelanggan.
  • Berkelanjutan: Esensi brand tidak terkait dengan hal-hal berwujud seperti nama atau logo yang dapat diubah seiring waktu. Itu konstan, tangguh, dan berkelanjutan. Perasaan itulah yang membawa merek ke depan bahkan jika itu mengubah namanya.
  • Skalabel: Brand essence tidak dapat diubah bukan berarti tidak tumbuh dan berkembang. Itu selalu berkembang dan menambah kedalaman pada dirinya sendiri saat dan ketika bisnis tumbuh.

esensi merek 2

Contoh Esensi Merek

Esensi brand pada dasarnya adalah janji dari perasaan yang diberikan merek setiap kali berinteraksi dengan pelanggan. Hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa perasaan ini tidak bisa dipalsukan. Itu dibangun ketika merek benar-benar memberikan apa yang mereka mau

Berikut adalah beberapa contoh pernyataan brand essencedari beberapa merek terkenal –

BMW – Driving Pleasure

Brand essence BMW inilah yang membedakan perusahaan dengan pemain segmen mobil mewah lainnya. Perusahaan melihat desain sebagai alasan pembelian terpenting bagi pelanggannya.

Oleh karena itu, memastikan bahwa mereka melihat BMW sebagai merek yang berfokus pada desain elegan dan memberikan kenikmatan berkendara sesungguhnya yang harus diberikan oleh sebuah mobil mewah.

Coca-Cola – Sharing And Happiness

Coca-Cola selalu memposisikan dirinya untuk menjadi bagian dari pengalaman yang membahagiakan. Sementara orang lain mencoba memusatkan diri pada penyegaran dan kepuasan, inti dari merek Coca-Cola adalah menjadi bagian dari pengalaman.

Apple – Think Different

Esensi merek Apple adalah kesederhanaan. Perusahaan berpikir secara berbeda untuk membuat hidup pelanggan mereka lebih mudah dengan membuat mereka memiliki akses ke teknologi terkini.

Deskripsi sederhana tentang apa yang dirasakan pelanggan setiap kali berinteraksi dengan Apple adalah – perusahaan ini memastikan bahwa saya mendapatkan akses ke teknologi terbaru dengan membuatnya mudah digunakan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian esensi merek, manfaat, karakteristik hingga contohnya. Bagi Anda pemilik bisnis yang memiliki sebuah produk atau layanan, memperhatikan brand essence pada merek Anda adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga meningkatkan keuntungan pada bisnis.

Dengan membuat brand essence yang sesuai, Anda bisa menyampaikan pesan dari merek Anda kepada pelanggan dan membuat pelanggan merasa dekat dengan merek Anda. Pastikan juga Anda selalui menjaga reputasi merek dengan baik dan memastikan seluruh proses dalam bisnis Anda berjalan sesuai standar agar konsumen terpuaskan.

Sama halnya dalam pembukuan bisnis Anda, pastikan Anda mencatat setiap transaksi baik itu pengeluaran dan pemasukan pada sistem pembukuan yang sesuai standar dan hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan.

Pastikan Anda mengoptimalkan proses pembukuan usaha Anda dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud sehingga memudahkan Anda dalam memantau seluruh data finansial juga memudahkan akuntan Anda mencatat setiap proses transaksi, pengelolaan stok, pelaporan pajak dan pencocokan transaksi yang terjadi dalam usaha Anda.

Sebagai solusi, gunakanlah software akuntansi yang memiliki semua fitur tersebut seperti Accurate Online. Acccurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Anda juga bisa menghubungi ke no wa di 087865356777 ( Handry Liem )

Related posts

Pengertian Rasio Liquiditas, Contoh, dan Macam-macam Rasionya

Handry

Gunakan Accurate Online sebagai Solusi Pembukuan Hotel Anda

Handry

Barang Inferior dan Berbagai Efek yang Mempengaruhinya

Eri Katsir