31 C
Jakarta
February 21, 2024
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Berita

Riset Pasar: Pengertian, Jenis, Metode dan Cara Melakukannya

Jika Anda adalah pemilik bisnis, pernahkah Anda melakukan riset pasar? Walaupun Anda memiliki firasat yang kuat, namun ini bukanlah alasan yang baik untuk meluncurkan produk di pasar tanpa memvalidasi permintaannya, mengembangkan strategi pemasaran tanpa mengetahui audiens target, atau memulai bisnis ketika Anda bahkan tidak tahu siapa pesaing Anda.

Informasi yang akurat dan menyeluruh adalah prasyarat untuk usaha bisnis yang sukses karena membantu pengusaha untuk menentukan kelayakan bisnisnya sebelum melakukan banyak hal.

Riset pasar adalah hal yang akan memberi data yang relevan untuk membantunya memecahkan tantangan yang akan Anda hadapi selama mengembangkan bisnis.

Apa Itu Riset Pasar?

Riset pasar adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang sistematis tentang pasar untuk lebih memahami kelompok sasaran dan untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang perusahaan dan pelanggannya.

Hasil riset ini nantinya akan digunakan untuk memvalidasi atau membatalkan hipotesis tentang pelanggan potensial, karakteristik dan kebiasaan mereka, lokasi dan kebutuhan pasar, persaingan, dan industri secara keseluruhan.

Tujuan Riset Pasar

Riset pasar membentuk dasar untuk rencana bisnis dan 4 P pemasaran. Tujuan utamanya adalah untuk memvalidasi hipotesis bisnis yang di atasnya strategi yang berhasil dapat dikembangkan.

Mengapa Riset Pasar Penting

Di era persaingan ketat ini, memiliki data untuk diandalkan sangatlah penting. Riset pasar membantu bisnis mendapatkan data untuk –

  • Mendapatkan lebih banyak wawasan tentang pelanggan dan pesaing – Riset pasar membantu bisnis menemukan tren pembelian pelanggan, kebiasaan, proses pengambilan keputusan, dll. Ini juga memberi mereka data tentang bagaimana kinerja pemain yang ada di pasar.
  • Mengurangi risiko kegagalan bisnis / strategi – Informasi yang akurat dan terkini tentang apa yang mendorong pasar membantu bisnis untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan mengurangi risiko kegagalan.
  • Memperkirakan tren masa depan – Riset yang baik dan terukur adalah alat penting tidak hanya untuk mengetahui tren saat ini, tetapi juga untuk mendapatkan data tentang apa yang diharapkan di masa depan.

Riset pasar sangat penting untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan seperti –

  • Siapa sebenarnya pelanggan itu?
  • Faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembeliannya?
  • Seberapa baik penjualan produk perusahaan?
  • Apa yang dilakukan pesaing di pasar
  • Perubahan apa yang saat ini terjadi di pasar dan apa yang bisa diharapkan?

Jenis Riset Pasar

Meskipun definisi riset pasar tetap sama, namun dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis berdasarkan tujuan, jenis informasi yang dibutuhkan, dan cara pengumpulan informasi.

Jenis Riset Pasar Berdasarkan Tujuan Riset

Eksplorasi

Riset eksplorasi mengeksplorasi sifat dari suatu masalah. Ini tidak dimaksudkan untuk memberikan solusi akhir dan konklusif untuk suatu masalah tetapi hanya untuk mengeksplorasi pertanyaan penelitian.

Ini biasanya mencakup pertanyaan terbuka dan digunakan untuk mengeksplorasi opsi pertumbuhan, masalah perusahaan saat ini dan prospektif, dll.

Kasual

Penelitian kasual juga merupakan penelitian terstruktur dan konklusif digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat antar variabel.

Contoh penelitian kasual adalah penelitian untuk mengetahui apakah desain kemasan baru meningkatkan penjualan mainan atau tidak.

Jenis Riset Pasar Berdasarkan Jenis Informasi yang Dibutuhkan

Kualitatif

Ini dimaksudkan untuk penelitian eksplorasi. Artinya, untuk mengeksplorasi dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana menyelesaikan suatu masalah.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif biasanya tidak terstruktur atau semi-terstruktur yang selanjutnya digunakan untuk menetapkan hipotesis untuk penelitian kuantitatif lebih lanjut.

Kuantitatif

Ini adalah penelitian statistik yang mengkuantifikasi data menjadi variabel yang dapat dibandingkan dan dievaluasi. Data terkuantifikasi ini membantu dalam membuat keputusan yang pasti.

Jenis Riset Pasar Berdasarkan Cara Pengumpulan Informasi

Utama

Riset primer adalah ketika bisnis mengumpulkan informasi itu sendiri atau menyewa pihak ketiga untuk melakukan hal yang sama. Ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik dan spesifik dari bisnis yang bersangkutan. Ini biasanya mencakup kelompok fokus, kuesioner, survei, wawancara, dan observasi.

Sekunder

Setiap data yang diambil dari penelitian atau studi yang telah dilakukan, dianalisis, dan diterbitkan oleh orang lain berada dalam penelitian sekunder. Jenis penelitian ini melibatkan perolehan data dari penelitian yang dilakukan oleh organisasi pemerintah, perusahaan penelitian, dan bisnis lain di industri Anda.

riset pasar 2

Metode Riset Pasar

Jenis penelitian yang berbeda menggunakan metode pengumpulan data yang berbeda. Metode riset ini selanjutnya dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis –

Metode Penelitian Utama

  • Wawancara: Diskusi tatap muka untuk mendapatkan data kualitatif dan kuantitatif melalui telepon, konferensi video, atau tatap muka.
  • Survei: Mengumpulkan informasi dari banyak orang baik secara tatap muka atau melalui metode lain menggunakan kuesioner standar. Ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif.
  • Kelompok fokus: Ini termasuk mengajak sekelompok orang ke dalam sebuah ruangan dan menjadikan mereka bagian dari diskusi yang telah direncanakan sebelumnya oleh peneliti dan dipandu oleh fasilitator.

Metode Penelitian Sekunder

  • Data tersedia di internet: Banyak perusahaan internet dan situs web melakukan penelitian sendiri atau berspesialisasi dalam mengonsolidasi data penelitian yang sering kali tersedia secara bebas melalui internet. Data internet dari sumber yang dapat dipercaya adalah salah satu metode penelitian sekunder yang paling populer.
  • Data yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah dan non-pemerintah: Lembaga pemerintah dan lembaga non-pemerintah melakukan penelitian berkala skala besar mereka sendiri dan membuatnya tersedia untuk umum untuk digunakan oleh organisasi lain.
  • Perpustakaan Umum: Perpustakaan umum penuh dengan informasi mengenai penelitian yang dilakukan sebelumnya yang terbukti berguna dalam membandingkan dan mengevaluasi data masa kini dan masa lalu.
  • Sumber informasi komersial: Ini termasuk mencari data dari sumber komersial seperti surat kabar, jurnal, majalah, stasiun radio dan TV.

Bagaimana Melakukan Riset Pasar

Riset pasar, terutama riset primer, adalah proses yang panjang, tetapi ini bukanlah perjuangan yang berat. Jika direncanakan dengan baik, maka dapat menghasilkan data yang produktif yang memberikan arahan yang baik bagi strategi bisnis perusahaan. Berikut cara melakukan riset yang baik dan benar untuk pengembangan bisnis Anda:

1. Tentukan Alasan Untuk Penelitian

Anda harus selalu menetapkan tujuan untuk riset pasar.

Jawaban apa yang Anda cari dari orang-orang? Apakah hanya untuk mengeksplorasi tren, kebiasaan membeli, kebutuhan, keinginan, dll. Atau apakah Anda menginginkan jawaban kuantitatif konkret yang menggambarkan hubungan sebab-akibat di antara beberapa variabel?

Identifikasi masalah dan kembangkan hipotesis untuk divalidasi oleh riset yang baik dan terarah.

2. Identifikasi Kelompok Sampel

Setelah masalah teridentifikasi, cari kelompok sampel yang paling mungkin terpengaruh olehnya dan siapa yang paling mungkin memberikan jawaban yang Anda butuhkan untuk memvalidasi hipotesis Anda.

Mengidentifikasi kelompok sampel yang tepat adalah langkah penting dalam proses riset pasar karena kumpulan sampel yang salah akan membuat penelitian dan datanya tidak berguna.

3. Identifikasi Jenis dan Metode Penelitian Yang Paling Sesuai

Pemilihan jenis dan metode riset pasar bergantung pada banyak faktor seperti –

  • Apakah ada penelitian serupa yang dilakukan sebelumnya yang datanya tersedia untuk digunakan?
  • Apakah merek riset / perusahaan ini khusus?
  • Apa sifat penelitian?

4. Siapkan Pertanyaan Riset

Jika metode penelitian utama dipilih, langkah selanjutnya adalah menyiapkan kuesioner. Memiliki kuesioner standar memudahkan pengumpulan data yang dapat dianalisis dan dibandingkan.

5. Lakukan Riset

Ini mungkin langkah yang paling memakan waktu dalam proses riset pasar primer. Ini melibatkan pengumpulan data dengan melakukan survei tatap muka, wawancara telepon, survei online, atau metode lain yang ditentukan dalam langkah sebelumnya.

6. Meringkas Dan Menganalisis Temuan

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah meringkasnya dan menganalisisnya untuk memvalidasi atau membatalkan hipotesis yang dibuat sebelum penelitian dimulai. Seringkali, data tersebut juga diatur secara rapi untuk menyusun laporan agar bisa digunakan oleh orang lain.

Kesimpulan

Melakukan riset pasar sebagai pemilik bisnis sangat penting. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melakukan penjangkauan konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan Anda.

Melakukan riset yang benar juga akan memudahkan Anda untuk membuat perencanaan strategi bisnis berdasarkan data riset yang faktual. Pada akhirnya, bisnis yang selalu berdasarkan data akan menghasilkan keuntungan yang berlipat dan kesuksesan bisnis secara menyeluruh.

Jika ada yang ingin ditanyakan silakan hubungi ke no wa di 087865356777 ( Handry Liem )

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Esensi Merek: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Contohnya

Handry

Procurement Adalah: Pengertian, proses, dan Perbedaannya dengan E-procurement

Handry

Social Commerce, Cara Baru Menjual Produk Secara Langsung dari Media Sosial

Eri Katsir