25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Event Marketing, Strategi Ampuh Tingkatkan Brand Awareness

Strategi event marketing yang akan kita bahas kali ini sangat erat kaitannya dengan branding dan juga brand awareness.

Saat Anda mendengar ataupun membaca kata event, sebagian besar dari Anda pasti memikirkan tentang suatu acara ataupun pergelaran. Hal ini memang benar, karena sejatinya hal tersebut adalah salah satu bagian dari event. Tujuan dari event inilah yang membedakan antara suatu event dengan event yang lainnya.

Hakikatnya, event adalah suatu pergelaran ataupun kegiatan yang dipertunjukkan. Itu artinya, tujuannya adalah menyelenggarakan acara. Tapi untuk suatu perusahaan, acara adalah suatu cara yang baik untuk mencapai tujuan, yakni keuntungan.

Nah, kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang strategi event marketing dan hubungannya dengan  

Apa itu Strategi Event Marketing?

Strategi event marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan menyelenggarakan acara dengan tujuan untuk mempromosikan brand, produk atau jasa.

Biasanya, suatu perusahaan yang menyelenggarakan event memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk baru mereka ke publik. Jadi, publik harus diberikan informasi terkait suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. bentuk produknya pun tergantung dari jenis industri perusahaan yang menyelenggarakan event.

Strategi event marketing ini mencakup seluruh hal terkait perlengkapan, peralatan, teknis dan juga berbagai saluran promosi. Saluran promosi tersebut dilakukan untuk mempromosikan acara agar bisa diketahui oleh masyarakat. Tentu tujuannya adalah agar mereka bisa datang ke acara tersebut.

Dengan diadakannya event marketing, maka suatu komoditas bisa diperkenalkan dengan baik ke publik. Selain itu, nantinya juga bisa tercipta kedekatan emosional dan juga rasional antara konsumen dengan produk yang ada.

Hal tersebut dikarenakan konsumen bisa merasakan, menyentuh, mendengar, dan juga melihat langsung produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini tentunya berbeda dari hanya melihat produk tersebut di iklan televisi atau media lainnya.

Pada akhirnya, kegiatan ini harus mampu meninggalkan kesan yang mendalam dipikiran para pengunjung. Saat suatu produk sudah melekat kuat di pikiran para konsumen, maka peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.

 

Fungsi dan Tujuan Strategi Event Marketing

Jadi, bisa kita artikan bahwa event marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling unik. Kenapa? karena mampu menghadirkan pengalaman tersendiri di benak para konsumen.

Dengan adanya event marketing, maka konsumen berkesempatan langsung untuk melakukan interaksi dengan produk. Tentunya hal tersebut tidak bisa mereka temui pada strategi pemasaran lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuan dari event marketing.

1. Meningkatkan Permintaan Terhadap Produk atau Jasa

Tujuan paling utama dari dilakukannya event marketing adalah untuk meningkatkan permintaan produk atau jasa. Seluruh strategi pemasaran akan bertumpu pada tujuan akhir tersebut. Tapi, event marketing mampu membuat tujuan akhir ini menjadi lebih membekas dan intim pada para konsumen.

Untuk itu, beberapa perusahaan besar sangat banyak yang mengedepankan event marketing saat merilis produk barunya.

2. Membuat Produk atau Jasa Diterima oleh Konsumen

Agar suatu produk bisa diterima oleh masyarakat, maka perlu diadakan pendekatan secara emosional dan juga personal. Inilah fungsi paling utama dari event marketing. Berbagai strategi yang ada pada event marketing akan mengatur setiap hal yang mendukung jalannya acara, agar pesan produk bisa diterima dengan baik oleh mereka yang hadir.

3. Memperluas Jaringan

Dalam suatu event marketing, akan ada banyak sekali pihak yang terlibat. Selain tim event itu sendiri, akan ada juga pihak luar yang mungkin akan menjadi mitra kerjasama di masa depan. Para investor dan pesaing pun akan menjadi satu kesatuan di dalam jaringan bisnis.

Dengan suksesnya suatu event yang dibuat, bukan tidak mungkin akan ada banyak investor yang tertarik untuk melakukan pendanaan di perusahaan Anda.

4. Menarik Keuntungan

Keuntungan lain bagi pihak penyelenggara tentunya berasal dari tiket yang terjual dan juga sponsor. Selain itu, keuntungan lainnya adalah peningkatan penjualan produk atau jasa. Event marketing yang berjalan dengan sukses akan mampu mendatangkan kemampuan tersebut setelah event marketing berlangsung.

Tahapan Penerapan Strategi Event Marketing

Umumnya, strategi event marketing ini bisa dibagi menjadi empat bagian besar, yakni sebelum pre-event, launching, day-to-day marketing, dan juga last call. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing tahapan event marketing tersebut:

1. Pre-event

Dalam tahapan ini, seorang event manager dan timnya akan menciptakan suatu perkenalan atau pengumuman terkait kapan acara tersebut akan berlangsung. Seluruh hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai saluran promosi yang ada, seperti media sosial, blog, ataupun partner lainnya.

2. Launching

Launching adalah tahap diumumkannya acara secara resmi melalui press release atau media partnership. Setelah resmi diumumkan, harapannya adalah penjualan tiket bisa meningkat dan bahkan habis.

Contohnya saat akan diselenggarakan suatu konser musik, umumnya pihak promotor dan juga artis yang terlibat akan turut membuat press release. Selain itu, nantinya juga akan ada press conference terkait konser yang nantinya akan diselenggarakan.

3. Day to day marketing

Day to day marketing harus terus dilakukan agar bisa meningkatkan awareness di benak masyarakat. Caranya adalah dengan melakukan promosi dengan media berbayar, diskon untuk pembelian awal, dan juga menyebarkan berbagai hal yang berhubungan dengan acara secara rutin di media sosial, blog, serta email.

4. Last Call

Dalam tahapan ini, promosi terkait suatu acara akan semakin menjadi gencar. Pihak penyelenggara harus menjemput bola dengan cara melakukan komunikasi pada calon audience. Caranya bisa dengan melakukan email marketing atau menelepon secara langsung.

Pihak penyelenggara juga bisa memanfaatkan influencer untuk memberikan pengumuman terkait urgensi acara yang nantinya akan diselenggarakan.

Strategi event marketing ini bisa berhasil bila setiap elemen mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Setiap hal yang berhubungan dengan teknis dan SDM sangat penting untuk kesuksesan acara. Selain itu, melakukan evaluasi setelah acara selesai juga harus selalu dilakukan agar bisa mengevaluasi kekurangan dan juga keberhasilan acara event marketing.

Contoh Strategi Event Marketing

Berikut ini adalah beberapa contoh event marketing yang sukses dan bisa Anda lakukan untuk perusahaan Anda.

1. Pameran

Acara ini dilakukan untuk memperkenalkan berbagai produk perusahaan. umumnya, pada suatu pameran akan ada banyak perusahaan lain yang bergabung. Contohnya adalah acara GIIAS yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Gaikindo. Di dalamnya, setiap produsen mobil bisa mempromosikan keluaran mobil terbarunya untuk menumbuhkan awareness publik.

2. Event Launching

Suatu perusahaan bisa membuat acara event marketing untuk memperkenalkan varian produk terbarunya. Tujuannya adalah guna memperkenalkan berbagai fitur yang ada varian baru tersebut.

Contohnya adalah seperti perusahaan Samsung yang menyelenggarakan Samsung Unpacked 2020 agar bisa memperkenalkan Samsung S20 dan Samsung Galaxy Z Flip. Umumnya akan ada seorang brand ambassador yang akan memperkenalkan produk tersebut ke publik.

3. Konser

Dalam dunia industri musik, konser merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memperkenalkan album atau single yang dimiliki oleh seorang penyanyi ataupun band. Sebuah album harus bisa dipromosikan ke seluruh dunia dengan menggelar acara konser atau tur. Contohnya seperti Raisa yang melakukan press release untuk live concert nya di bulan Juni tahun 2020.

Keberhasilan akan konser ini bisa diukur dari berapa banyaknya tiket yang dijual dan juga penjualan album tersebut setelah diadakan konser.

4. Webinars

Event marketing ini diselenggarakan secara online. Sama seperti namanya, webinar adalah seminar, talkshow atau diskusi yang dilakukan secara online yang mana para pesertanya hanya harus duduk di depan laptop atau gadgetnya saja.

Selama Anda bisa terhubung dengan jaringan internet, maka Anda bisa turut serta berpartisipasi di dalam event marketing ini.

Untuk brand, webinar sangat efektif dalam menjangkau target konsumen yang memiliki kendala jarak. Acara ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan Facebook Live, Zoom, Google Meet, Instagram Live, dll.

5. Konferensi

Kebanyakan orang pasti akan menghubungkan event marketing ini dengan tujuan pendidikan. Event ini memang sangat identik dengan diskusi masalah ataupun isu tertentu dengan cara menghadirkan para pembicara yang dinilai  profesional. Tujuannya adalah untuk menghimpun berbagai orang dengan goals yang sangat spesifik.

Contohnya adalah tentang bagaimana cara mengurangi pencemaran lingkungan, hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah kekerasan wanita dan anak, dll.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang event marketing. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa event marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan menyelenggarakan acara dengan tujuan untuk mempromosikan brand, produk atau jasa.

Event marketing adalah strategi pemasaran yang paling unik karena mampu menghadirkan pengalaman tersendiri di benak para konsumen. Dengan adanya event marketing, maka konsumen berkesempatan langsung untuk melakukan interaksi dengan produk. Tentunya hal tersebut tidak bisa mereka temui pada strategi pemasaran lainnya.

Jika dilakukan dengan baik, maka strategi ini mampu mendatangkan keuntungan yang sangat melimpah untuk Anda. Namun, Anda  harus bisa mencatat setiap keuntungan tersebut ke dalam catatan laba rugi perusahaan. Walaupun memang memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya, namun catatan keuangan ini akan sangat membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Tapi, saat ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah ada aplikasi akuntansi Accurate Online yang mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang cepat, akurat dan bisa Anda akses di mana saja.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mampu mempermudah Anda dalam melakukan berbagai kegiatan bisnis, seperti fitur persediaan, pembelian, penjualan, perpajakan, dll.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik disini

 

 

Sumber : Ibnuismail

Related posts

Krisis Ekonomi: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menyikapinya

Wida

8 Faktor Penting Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik

Eri Katsir

Jenis Neraca Saldo dan Cara Mudah Dalam Membuatnya

Wida