28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Ini Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Agar Tokomu Eksis di Internet

Jika menemukan artikel ini, kamu mungkin sedang mencari cara menambahkan lokasi di Google Maps untuk restoran, cafe, kantor, atau sekadar toko kelontong milikmu. Google Maps memang telah menjadi peta digital yang paling banyak digunakan saat ini untuk mencari lokasi tertentu. Selain mudah digunakan, Google Maps juga sudah tersedia secara default di ponsel Android. 

Baca Juga: Google My Business, Pebisnis Harus Tau Manfaatnya!

Google Maps diluncurkan sekitar 15 tahun lalu oleh Google sebagai layanan pemetaan bumi berbasis web. Aplikasi ini memberikan citra satelit, jalan, dan tempat-tempat dari seluruh pelosok dunia. Hingga tahun 2019, Google Maps mengklaim telah berhasil memetakan 98% wilayah bumi. 

Keberadaan Google Maps sangat penting bagi pemilik usaha sebagai salah satu direktori untuk menampilkan lokasi bisnis di internet. Proses mendaftarnya pun mudah dan tidak dipungut biaya sama sekali. 

Sebelum membahas mengenai cara menambahkan lokasi di Google Maps sehingga membuat usahamu “go digital”, kita simak dulu yuk mengapa penting mengindeks lokasi bisnis di maps buatan Google ini. 

Manfaat Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Ada sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan jika mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps. Bahkan jika usaha kamu termasuk bisnis offline sekalipun. Berikut beberapa di antaranya. 

Membantu Konsumen Menemukan Lokasi Usaha

Tahukah kamu, sebanyak 35% pencarian di Google adalah pencarian lokal atau jenis pencarian yang secara spesifik berkaitan dengan informasi wilayah atau lokasi tertentu. Beberapa keyword yang dikategorikan sebagai pencarian lokal seperti “restoran bandung”, “hotel murah di jogja”, dan lain sebagainya. Artinya, konsumen berusaha menemukan produk atau layanan yang berada di sekitar mereka. 

Pada pencarian lokal, Google akan memprioritaskan daftar lokasi bisnis yang relevan. Dengan mendaftarkan bisnis kamu di Google Maps, maka ada kemungkinan usahamu ditemukan oleh konsumen. Mereka dapat melihat alamat lengkap, jam buka toko dan foto maupun review dari pelanggan lain. Jika konsumen tertarik, mereka akan mengikuti titik lokasi bisnis kamu di Google Maps.

Mendapatkan Fitur Google My Business

Dengan mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps, itu berarti kamu sudah bergabung dengan Google My Business. Ini merupakan layanan listing Google untuk mendata dan membuat profil bisnis di hasil pencarian. 

Baca Juga: Penting! Cara Mendaftar Google My Business

Jika pengguna mengetikkan nama bisnis kamu di kotak pencarian, maka akan muncul informasi lengkapnya dalam kotak sebelah kanan (Knowledge Panel).

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Mendaftarkan lokasi bisnis dapat dilakukan melalui Google My Business. Caranya adalah sebagai berikut. 

  1. Kunjungi situs resmi Google My Business dan login dengan Gmail.
  2. Kamu akan diarahkan pada halaman pendaftaran bisnis. Pilih Add Your Business to Google
  1. Masukkan nama bisnis kamu misalnya “Rumah Makan Lestari Bandung”. Klik next dan pilih jenis kategori usaha
  1. Selanjutnya muncul pertanyaan Do you want to add a location customers can visit, like a store or office? Pilih Yes
  2. Isi informasi alamat secara lengkap.
  3. Google akan melakukan pengecekan apakah bisnis yang kamu daftarkan sudah tersedia atau belum. Pilih This doesn’t match untuk menambahkan bisnis kamu. 
  4. Pilih titik lokasi bisnis Anda. Ini faktor yang sangat penting dan pastikan titik yang didaftarkan sudah tepat. 
  5. Isi beberapa pertanyaan lain dari Google seperti apakah bisnis kamu melayani pelanggan di luar kantor yang terdaftar atau tidak.
  6. Masukkan pula informasi kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan alamat website jika ada. 
Accurate Online Dimanapun dan Kapapnpun

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Belajar Merintis Usaha Dari Drama Korea Itaewon Class

admin

Kamu di PHK? Pastikan Perusahaan Memenuhi Seluruh Hak Kamu ya!

ademuthia

Mulai Bisnis Modal Smartphone? Yakin Bisa! Ada 6 Bisnis yang Dapat dijalankan Lewat Smartphone

ademuthia

Leave a Comment