25.8 C
Jakarta
August 1, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

4 Alasan Mengapa Perlu Membangun Bisnis Online Sekarang Juga!

bisnis online
bisnis online

Membangun Bisnis Online – Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat semakin membuka peluang usaha di segala industri. Tidak sedikit para pekerja yang sebelumnya nyaman mencari penghasilan di kantor kini banting setir dan mulai membangun bisnis online. 

Namun, masih banyak pelaku usaha yang justru ragu untuk “go digital” karena berbagai alasan. Biasanya, karena merasa “gaptek”, merasa cukup dengan bisnis offline yang ada sekarang atau faktor-faktor lainnya. 

Padahal, bisnis online dapat menciptakan opportunity baru maupun meningkatkan pertumbuhan bisnis offline yang sudah ada. Nah, untuk kamu yang saat ini masih ragu, berikut lima alasan mengapa sebaiknya memulai bisnis online sekarang juga. 

Meraih Pasar Yang Lebih Luas

Data terbaru yang dirilis oleh HootSuite sebagaimana yang dikutip dari Kumparan.com menyebutkan pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang atau 64% dari total penduduk. Artinya, sudah ada lebih banyak orang yang “berada” di internet dibandingkan misalnya, masa sepuluh tahun lalu. 

Jumlah pengguna internet di negara kita yang besar ini harus dipandang sebagai pangsa pasar yang sangat potensial untuk memasarkan produk kamu. Karena tidak adanya masalah geografis seperti lazimnya terjadi pada bisnis online, kamu punya peluang untuk memasarkan produk ke seluruh wilayah Indonesia. 

Di sisi lain, industri jasa pengiriman saat ini sudah semakin berkembang. Banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman dengan cepat dan harga yang kompetitif. Bagi konsumen, ini akan semakin mendorong mereka untuk membeli barang – barang secara online. 

Sementara untuk pelaku usaha, tugasnya saat ini hanya mencari pembeli potensial dari pangsa pasar yang sudah besar tersebut. Jadi, mau mulai kapan lagi kalau tidak sekarang?

Lebih Tahan Banting dan Bagus Untuk Jangka Panjang

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 telah membuka mata banyak pelaku usaha. Kelesuan ekonomi akibat penerapan social distancing ternyata tidak berpengaruh pada bisnis – bisnis yang sudah go digital sebelumnya. Malahan, semakin membuka peluang usaha baru karena lebih banyak orang yang belanja secara digital dibanding tahun-tahun sebelumnya., 

Baca Juga: Bisnis Bibit Tanaman, Bisnis Kebal Corona!

Bisnis online lebih tahan banting saat pandemi karena fleksibilitasnya dalam memasarkan dan bertransaksi dengan pelanggan. Bagi millennial atau para sandwich generation, ini dapat menjadi peluang usaha untuk bertahan di tengah pandemi COVID-19. 

Bisa jadi, pandemi yang terjadi saat ini adalah momentum untuk mulai membangun bisnis jangka panjang kamu sendiri. 

Bisnis Online Biaya Operasionalnya Lebih Terjangkau

Permasalahan orang ketika ingin memulai suatu usaha adalah modal. Jangan khawatir, karena bisnis online dapat menurunkan biaya operasional secara signifikan. 

Bila pada bisnis offline kamu perlu toko fisik untuk memasarkan produk, bisnis online cukup dengan “toko virtual” di media sosial atau situs ecommerce. Ini akan memotong salah satu alokasi modal yang cukup besar saat membangun bisnis yaitu tempat. 

Baca Juga: Cara Mudah Jualan Online dengan Smartlink Ecommerce

Kamu hanya perlu memoles toko virtual tersebut dengan tampilan foto produk yang menarik, penguatan brand dan interaksi dengan pelanggan, dan pelayanan yang cepat serta responsif. 

Biaya operasional dapat ditekan lagi bila kamu menerapkan sistem reseller atau dropship. Sistem bisnis ini memungkinkan kamu untuk memulai bisnis nyaris tanpa modal finansial. Sisanya, tinggal memikirkan bagaimana untuk menyakinkan konsumen agar mau membeli produk kita. 

Perubahan Perilaku Konsumen 

Salah satu hal yang selalu menjadi PR bagi setiap pelaku usaha adalah mempelajari perilaku konsumen. Seperti sudah dijelaskan di atas, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangatlah besar. 

Hal itu, ternyata sebanding juga dengan pertumbuhan e-commerce tanah air yang meningkat pesat. Kajian dari Katadata bahkan menyebut, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia pada tahun 2019. Artinya, memang ada perubahan perilaku dari konsumen yang tadinya masih ragu bertransaksi digital saat ini sudah semakin terbiasa.  

Itulah empat alasan penting mengapa kamu sebaiknya memulai bisnis online sekarang juga. Potensinya sudah besar, teknologinya semakin mudah diakses, dan peluang usahanya terbuka lebar.Pada tahap berikutnya, kamu perlu membangun bisnis tersebut agar lebih efisien sehingga terus bertumbuh. Salah satunya, dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk melakukan pengelolaan bisnis kamu. Accurate Online dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari sehingga kamu punya waktu untuk mempelajari sistemnya terlebih dahulu.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://coba.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP), siapa takut !

ademuthia

Cara Mudah Daftar Merchant Gopay| Mobile Payment

ademuthia

Wahai Pengusaha! Ini 6 Aplikasi Wajib Bagi Pengusaha yang Harus Di Install

ademuthia

Leave a Comment