29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Ketahui 6 Tips Laris Berjualan di Marketplace

berjualan di marketplace

Tips laris berjualan di marketplace – Cara paling efektif untuk mempertahankan bisnis di era pandemi ini adalah dengan terjun ke dunia bisnis online. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membuat toko online di marketplace ternama dan terpercaya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dsb.

Mengapa harus marketplace? Karena marketplace berani untuk mempromosikan diri mereka diberbagai chanel. Sehingga ada banyak traffic yang masuk kedalamnya. Hal ini menjadi salah satu poin utama yang dapat membantu para penjual online di marketplace tersebut untuk mendapatkan pengunjung (calon pembeli) yang dapat melihat-lihat etalase toko mereka.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Marketplace untuk Berjualan

Tapi dengan segala kelebihan ini, menyebabkan membludaknya para penjual online didalam marketplace. Jika kita tidak pandai bermain didalamnya, maka akan sangat sulit bersaing di sini. Maka dari itu, hari ini kita akan membahas beberapa tips jualan laris di marketplace.

 

Pilihlah Marketplace yang Terpercaya

Menurut Koinworks.com, memilih marketplace ternama dan terpercaya seperti Lazada, OLX, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak merupakan keharusan untuk berjualan laris di marketplace. Hal ini dikarenakan beberapa marketplace tersebut diatas sudah dipercaya oleh para pelanggan. Selain itu, mereka juga sudah mengiklankan diri di berbagai media termasuk TV sehingga toko online kita akan lebih mudah ditemukan oleh banyak pelanggan. Pelanggan juga akan merasa aman berbelanja di marketplace tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Berjualan di Tokopedia

 

Buat Nama Toko yang Unik dan Mudah diingat

Karena di marketplace terdapat banyak sekali toko yang bertebaran, gunakanlah nama toko yang unik dan mudah diingat oleh calon pembeli. Karena ciri khas tersebut akan membuat calon pembeli lebih mudah dalam mengingat toko kita.

 

Sediakan Jasa Kirim yang Variatif

Jika tinggal di kota besar, kita disarankan untuk memilih setting “enable” semua ekspedisi. Karena terkadang ekspedisi yang bervariasi juga mempengaruhi calon pembeli dalam mengambil keputusan untuk membeli. Kita bisa memilih JNE, JNT, SiCepat, GoSend, Wahana, dan lain sebagainya. Semakin banyak ekspedisi yang Anda sediakan, maka akan semakin bagus untuk bisnis kita.

Baca Juga: Cara Mudah berjualan di Shopee

 

Gunakan Foto Produk yang Jelas

Tentu menjual produk dengan memperlihatkan gambar atau foto produk adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik toko online. Salah satu hal yang membuat calon pembeli ragu adalah, foto produk yang nyomot di Google dan bukan foto “real.” Gunakanlah foto asli yang membuat pembeli percaya untuk membeli produk kita.

 

Tentukan Promo Harga yang Menarik

Menjual dengan harga miring dan promo tentu berbeda. Jika kita menjual dengan harga miring tanpa embel-embel promo, bahkan harga yang jauh dari pasaran, walau barang yang kita jual adalah barang asli dan bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan, konsumen tidak akan datang atau datang tapi sedikit. Hal ini dikarenakan konsumen ragu dengan kualitas barang yang dijual lebih murah jauh dibawah toko yang lain.

Karena di marketplace adalah tempat banyak penjual berkumpul dengan berbagai macam produk dan harga. Maka calon pembeli akan lebih mudah untuk memilih produk mana yang akan dibeli dengan membandingkan berbagai unsur, salah satunya dari segi harga.

 

Memberikan Respon yang Cepat dan Ramah

Selain kualitas produk, pelayanan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan mereka dengan ramah. Pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan tersebut atau pelanggan lain merasa aman dan nyaman walau ada juga komentar yang tidak enak dibaca. Namun, kita harus tetap bersikap professional. Dari sikap professional tersebut, tentu konsumen lain juga akan merasa lebih aman dan nyaman berbelanja di toko online kita.

 

Itulah 6 Tips laris berjualan di Marketplace. Jangan lupa untuk selalu melakukan rekap rutin laporan penjualan dari marketplace. Accurate Online memiliki fitur samr link ecommerce yang dapat membantu kita merekap catatan penjualan di marketplace dan langsung menjadikannya laporan keuangan bisnis kita secara utuh.

Related posts

Mengenal Sejarah Perkembangan Mesin Kasir

Eri Katsir

5 Kiat Jitu Menggaet Pelanggan dari Kalangan Generasi Milenial

ademuthia

Belum Tahu Apa Itu Bisnis Franchise? Intip Dulu Penjelasannya di Sini

admin

Leave a Comment