28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Kupas Tuntas Bisnis Rental Mobil Dengan Keuntungan Menggiurkan

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling sering digunakan di kalangan masyarakat setelah sepeda motor. Ada banyak kelebihan yang disuguhkan oleh kendaraan mobil ini seperti terhindar dari panas dan hujan, kemudian lebih nyaman untuk bepergian jarak jauh serta muat untuk banyak penumpang. 

Hanya saja, tidak semua orang mampu membeli kendaraan tersebut karena harganya yang mahal. Di sisi lain keberadaan mobil untuk kebutuhan cukup tinggi, karena pada saat-saat tertentu keberadaanya sangat diperlukan seperti untuk acara keluarga, liburan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Sering Bikin Pebisnis Pemula Sulit Mengelola Keuangan

Karena itulah banyak pihak kemudian menawarkan jasa rental mobil untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pengguna dapat memesan mobil yang ingin mereka sewa sesuai kapasitas yang diinginkan. 

Dari sudut pandang bisnis, membuka usaha rental mobil ternyata mampu membawa banyak keuntungan yang menggiurkan bagi para pelaku usahanya. Berikut pembahasannya. 

Memaksimalkan Modal Yang Ada

Kamu mungkin menyangka jika membuka usaha rental mobil membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Jangan salah, membuka usaha rental mobil ternyata bisa diawali dengan memaksimalkan modal yang tidak terlalu besar.

Tingginya nilai jual sebuah mobil acapkali sangat memberatkan, tapi kamu bisa membelinya secara kredit, dengan uang muka 5 hingga 10 juta kamu tentu bisa mendapatkan satu unit mobil untuk langsung bisa disewakan. 

Kedepanya, keuntungan dari uang sewa ini bisa kamu pakai untuk membayar cicilan dan biaya perawatan mobil. 

Baca Juga: 4 Langkah Mengelola Hutang Pinjaman Modal Usaha

Selain itu, usaha semacam ini bisa dimulai dengan tanpa mengeluarkan uang untuk modal. Cukup perbanyak relasi, caranya, kamu perlu bekerja sama dengan mitra yang memiliki unit kendaraan tersebut, lalu kamu bisa hubungkan mitra dengan penyewa. Jika kamu memiliki banyak relasi yang sesuai dengan kebutuhan mitra maka bisnis ini akan terus berkembang seiring berjalanya waktu.

Keuntungan Menggiurkan

Kamu mungkin masih penasaran seberapa besar keuntungan yang didapat dalam rental mobil ini, kita asumsikan potensi keuntungan setelah dua tahun, 

Harga mobil Rp 150.000.000, DP 20% x Rp 150.000.000 = Rp 30.000.000 jumlah DP minimum ini sudah ditentukan oleh Pemerintah. Cicilan perbulan Rp 3.500.000 selama 24 bulan, biaya asuransi Rp 3.500.000 dan biaya aksesoris, cover, kaca film dan lain-lain Rp 6.000.000. Maka total investasi Rp 193.000.000.

 

Kemudian biaya pengeluaran berjalan,

Bensin 600.000/bulan x 2 tahun : Rp 14.400.000

Ganti Oli mesin dan transmisi : Rp 5.500.000

Ganti ban dua set : Rp 8.000.000

Servis, ganti aki cuci mobil/bulan : Rp 16.700.000

Pajak : Rp 5.000.000

Total Pengeluaran sebesar : Rp 49.600.000

 

Penerimaan

Total hasil sewa 2 tahun : Rp 292.000.000

Kendaraan dijual setelah angsuran lunas : Rp 120.000.000

Total penerimaan : Rp 412.000.000 

 

Keuntungan selama dua tahun : Rp 412.000.000 – (Rp 193.000.000 + Rp 49.600.000) = Rp 169.400.000

 

Hasil keuntungan diatas terhitung lewat asumsi dengan tarif Rp 400.000/12 jam serta naik 2 kali lipat ketika lebaran. Hasil perhitungan ini hanyalah sebuah perkiraan, selebihnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing.

Jangkauan Pasar Luas

Seperti pada penjelasan di awal jika kebutuhan kendaraan mobil untuk masyarakat cenderung masih tinggi, minat masyarakat terhadap penggunaan mobil ini akan selalu ada, terlebih lagi dengan adanya bisnis rental mobil tersebut tentu memudahkan mereka mencari mobil mana yang sesuai dengan kebutuhannya untuk sementara waktu ini tanpa harus membeli.

Strategi Marketing

Strategi marketing diperlukan agar bisnis rental mobil kamu dapat berkembang dengan pesat. Ini adalah faktor penentu utama dalam sebuah bisnis. Kamu bisa menggunakan metode promosi dengan memaksimalkan media sosial, website serta mendaftarkan bisnis tersebut di google. Kamu harus membuat promosi yang memikat untuk menarik calon pelangganmu nantinya.

Selain itu, saat ini sudah banyak marketplace yang khusus menawarkan jasa rental mobil. Kamu bisa memanfaatkan platform tersebut untuk mencari pelanggan. 

Mudah Dikelola

Rental mobil ini termasuk salah satu jenis usaha di bidang otomotif yang dapat dikelola dengan mudah, kamu bisa mengatur segala sesuatunya dirumah sehingga usaha ini dapat dikontrol dengan sebaik mungkin.

Meskipun begitu, regulasi dalam penyewaan sebuah kendaraan harus selalu kamu terapkan ketika bisnis tersebut sudah mulai berlangsung. 

Hal ini ditujukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kamu dapat meminta bukti KTP, fotokopi SIM A serta beberapa surat perjanjian untuk meyakinkan kedua belah pihak tentang ketentuan penyewaan kendaraan.

Mengelola Keuangan

Jika bisnis kamu sudah mulai berjalan, maka kamu butuh pengelolaan keuangan yang baik demi kelangsungan usaha kamu agar lebih transparan dan mudah untuk melakukan pencatatan keuangan bisnis tersebut.

Accurate Online dapat membantu kamu melakukan pencatatan bisnis dengan mudah dan cepat. Coba GRATIS 30 hari Accurate Online, sekarang.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Adakah yang Tahu, Kapan Pandemi Corona Akan Berakhir?

ademuthia

4 Aplikasi Alternatif Zoom untuk Meeting Online

ademuthia

5 Ide Bisnis Online di 2019, Nomer 3 Paling Mudah Dijalankan dan Cepat Menghasilkan

ademuthia

Leave a Comment