Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

10 Komoditas Unggulan Indonesia, Primadona Pasar Internasional

Komoditas Unggulan Indonesia

Indonesia memiliki potensi komoditas unggulan Indonesia dikenal akan kualitas dan mutu terbaik. Sehingga menjadi incaran pasar mancanegara. Indonesia memiliki komoditas unggulan yang sangat diminati di luar negeri maupun dalam negeri. Kali ini kita akan membahas apa saja produk lokal unggulan yang masih menjadi incaran pasar internasional.

Kali ini, Abcsemanggi.com akan membagikan berbagai produk potensial yang sangat diminati oleh berbagai konsumen, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Produk Lokal

Produk Lokal merupakan produk-produk yang di produksi atau bersumber dari dalam negeri. Jenis produk bisa berupa barang mentah maupun barang jadi yang siap diolah kembali untuk dijadikan barang lain.

Umumnya Komoditas asal Indonesia adalah produk-produk hasil pertanian yang bisa diolah kembali dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Beberapa Komoditas asal Indonesia berupa produk-produk tradisional yang di desain khusus dari beberapa daerah tertentu. Jenis produk ini umumnya memiliki identitas kebudayaan dan daya tarik tersendiri yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia.

Deretan Komoditas Unggulan Indonesia

Kelapa Sawit

Kelapa Sawit menjadi salah satu Produk Lokal yang menjadi primadona di luar negeri sebagai produk-produk incaran.

Di 2023 menurut data dari Katadata.co.id, volume ekspor minyak kelapa sawit Indonesia sekitar 27,5 ton. Angka tersebut tentu cukup besar, terlebih Indonesia menjadi negara Produsen kelapa sawit terbesar di dunia.

Kopi

Indonesia juga dikenal memiliki Produk Kopi yang menjadi primadona pasar luar negeri. Bahkan Kopi asal Indonesia telah mendunia dan menjadi incaran penikmat kopi dari seluruh dunia.

Sebagai negara penghasil kopi ke 4 terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai varietas kopi populer yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia juga menjadi negara konsumsi kopi terbesar kelima di dunia dengan jumlah konsumsi mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram pada periode 2020-2021 menurut data International Coffee Organization (ICO).

Cokelat atau Kakao

Cokelat asal Indonesia masih menjadi idaman bagi pasar Internasional, karena memiliki cita rasa yang lezat. Kakao asal Sumatera dan Sulawesi menjadi primadona bagi pasar internasional.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) volume ekspor Kakao Indonesia di 2023 saja mencapai 340.190 ton dengan nilai transaksi US$ 1,2 miliar.

Angka tersebut masih menunjukan bahwa Kakao atau cokelat masih menjadi produk lokal yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadikan salah satu peluang bisnis yang cukup besar.

Karet

Masih dari Perkebunan, Karet menjadi komoditas ekspor bagi Indonesia yang sudah cukup lama menjadi produsen pilihan di dunia. Karet asal Indonesia terkenal akan kualitasnya.

Varietas pohon karet yang di inovasikan membuat karet asal Indonesia menjadi incaran. Bahkan memiliki nilai tambah yang cukup signifikan dalam mendorong nilai ekspor karet asal Indonesia.

Tekstil dan Pakaian

Komoditas tekstil atau pakaian jadi dari Indonesia masih menjadi incaran pasar internasional. Dikenal akan kualitasnya, pakaian asal Indonesia menjadi komoditas ekspor yang cukup diburu.

Selain untuk memenuhi pasar dalam negeri, pasar ekspor tekstil masih cukup besar. Peluang ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk dalam negeri untuk melakukan ekspor dan memproduksi pakaian-pakain berkualitas lainnya.

Komoditas tekstil yang di ekspor bukan hanya dari produk-produk pakaian, tetapi juga tas, dan sprei yang banyak di ekspor ke negara-negara tetangga.

Rempah

Rempah-rempah asal Indonesia masih menjadi produk lokal yang memiliki potensi besar. Selain untuk konsumsi dalam negeri, rempah asal Indonesia menjadi incaran di pasar Internasional.

Komoditas rempah juga masih menjadi produk andalan ekspor. Terbukti dari tingginya perdagangan lada, cengkeh, pala, hingga kayu manis ke Eropa.

Potensi ini masih perlu ditingkatkan dengan memanfaatkannya dengan baik oleh para Pebisnis untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Minyak dan Gas

Selain produk pertanian dan perkebunan, produk lokal Indonesia yang mendunia masih berasal dari minyak dan gas.

Indonesia memiliki cadangan minyak dan gas alam yang melimpah. Minyak dan gas alam saat ini masih digunakan untuk konsumsi nasional dan masih menjadi potensi utama komoditas ekspor oleh Pemerintah.

Indonesia masih memiliki potensi besar dalam menjadi pemain utama industri minyak dan gas dunia.

Alas Kaki

Mungkin sangat sedikit yang menganggap industri alas kaki di Indonesia sangat lesu. Padahal, industri ini masih memiliki peminat yang besar di pasar Internasional seperti Jepang, Amerika, dan negara-negara Asean lainnya.

Produk-produk alas kaki asal Indonesia, terutama sepatu olahraga masih menjadi produk lokal potensial yang disukai oleh masyarakat internasional selain produk-produk pertanian.

Spart-Part Kendaraan

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa Indonesia dikenal sebagai negara pengguna produk-produk otomotif dari luar.

Mungkin sangat sedikit yang percaya bahwa Indonesia menjadi produsen untuk suku cadang kendaraan bermotor yang di ekspor ke negara-negara Asia lain seperti China, India, dan negara Asean.

Komponen kendaraan bermotor ini menjadi komoditas dalam negeri yang menjadi pilihan bagi perusahaan otomotif luar negeri untuk menjual kembali produk-produk spare-part secara satuan di negara-negara mereka.

Furniture

Indonesia dikenal juga sebagai produsen untuk produk-produk furniture yang berkualitas. Furniture menjadi produk industri kreatif yang dikenal hingga berbagai belahan dunia.

Jawa Tengah menjadi pemasok utama produk furniture yang di ekspor keluar negeri. Amerika Serikat masih menjadi negara tujuan pengguna furniture asal Indonesia dengan nilai ekspor tertinggi.

Itulah beberapa potensi produk lokal Indonesia yang telah sukses berkancah di pasar internasional maupun pasar dalam negeri. Produk-produk ini masih menjadi primadona yang bisa terus digali potensinya oleh pengusaha dalam negeri.

Jika Anda ingin menjadi Perusahaan sukses dalam mengelola komoditas produk lokal Indonesia, jangan lupa untuk memanfaatkan Aplikasi akuntansi untuk kemudahan dalam membantu bisnis Anda dalam melakukan aktivitas akuntansi. Anda bisa menggunakan Accurate Online yang memiliki berbagai fitur lengkap untuk seluruh jenis bisnis di Indonesia. Dapatkan produk Accurate Online sekarang.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Menjelajahi Dunia Wirausaha: Jenis, Tujuan, dan Tahapan Sukses dalam Bisnis

Agung

13 Peluang Bisnis di IKN yang Potensial Meraup Cuan

ademuthia

Perbedaan Take Home Pay dan Gaji. Ini Cara Hitungnya!

Faqih Jafar